Cara Mudah Mengecat Mobil Sendiri dirumah Agar Mengkilap


Cara mengecat mobil sendiri dirumah agar mengkilap merupakan salah satu cara yang banyak dicari semua umat manusia baik itu untuk cat mobil mauoun cat motor. Tak heran jika saat ini diberanda google banyak sekali yang share kesana kemari untuk mengetahui bagai mana tips cara cat mobil sendiri dirumah.

Karena tak sedikit harga yang ditawarkan untuk ngecat mobil  baik dibengkel pinggir jalan maupun bengkel karoseri. Biasanya harga yang ditawarkan bervariasi tergantung kondisi body mobil yang akan dicat. Biasanya jika untuk ngecat damper dihargai sekitar Rp 300.000 bila yang dicat panel pintu dihargai Rp 450.000 itupun jika kondisi body mobil tidak penyok, jika body mobil yang akan dicat penyok pasti harganya mungkin bisa 2 kali lipat atau lebih dan Rp 5jt untuk cat mobil full body


Bila mobil anda berasuransi pastinya tidak masalah karena jika mobil yang akan dicat berasuransi kita hanya cukup membayar admin sekitar Rp250.000 meskipun mobil dalam kondisi penyok. Namun jika mobil tidak ikut asuransi pastinya akan berat diongkos dan berfikir dua kali.

Nah agar kita bisa menghemat budget perawatan mobil alangkah baiknya anda bisa mencoba mengecat mobil sendiri dirumah untuk menghemat biaya. Tapi kan saya ngak paham teknik ngecat?  Tenang pada artikel kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara mengecat mobil sendiri yang benar. Berikut penjelasannya

baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Teknik mengecat mobil sendiri ada 2 pilihan yaitu dengan menggunakan spraygun atau dengan menggunakan cat semprot kaleng ata cat pylox.

Teknik ngecat mobil pertama yang kita ulas adalah dengan menggunakan spraygun. Teknik menggunakan spraygun ini merupakan teknik ngecat mobil yang sering digunakan di bengkel-bengkel ternama ataupun dibengkel pinggir jalan. Berikut adah ulasan bagaimana cara mengecat mobil yang benar dengan menggunakan spraygun :

Agar cat tidak mudah mengelupas, amplas terlebih dahulu bagian mobil yang akan kita cat menggunakan amplas halus nomor 360. Ampas hingga semua partikel debu dan jamur yang menempel menghilang dan pastikan tidak ada noda minyak maupun oli yang menempel.

Bila ada bagian  body yang penyok maka anda harus meratakanya dengan cara mendempulnya. Sehingga nantinya hasil pengecatan terlihat bagus.

Jika permukaan yang ingin anda cat cukup luas lakukan proses epoxy terlebih dahulu. Proses pelapisan epoxy juga bisa mencegah terjadinya cat kriting dan mengkerut. Setelah proses epoxy selesai tunggu hingga menegring, biasanya butuh waktu 3 jam poxy mengering keras(tergantung kualitas poxy tersebut). Selain itu proses epoxy berfungsi untuk menutupi atau menghilangkan sambungan dempul.

Setelah epoxy mengering amati permukaanya jika ditemukan lubang-lubang kecil seperti pori-pori anda bisa memplamirnya atau menutupnya dengan mengoleskan dempul tipis saja. Selanjutny anda bisa mengaplasnya menggunakan amplas nomor 240, amplas hingga semua permukaan epoxy halus.

baca juga Cara Gampang Menghilangkan Cat Yang Mengkerut

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan cat dasar, pastikan permukaan epoxy kering dari air bekas amplasan tadi. Anda bisa menyemprotkan cat dasar 2 sampai 3 lapis hingga semua permukaan epoxy tertutup cat dasar secara merata. Pada tahap cat dasar ini buatlah adonan cat sedikit kental agar cepat nutup.

Tunggu cat dasar mengering dan lakukan pengamplasan kembali menggunakan amplas halus nomor 360. Biasanya akan membutuhkan waktu 3 jam cat akan mengering keras. Pada tahap ini pastikan semua permukaan cat sudah teramplas hingga halus agar nantinya saat dicat kembali terlihat mengkilap dan halus.

Keringkan semua permukaan cat menggunakan kain kanebo setalah selesai mengaplasnya. Sebelum mengecatnya kembali tunggu hingga suhu permukaan cat normal kembali(tidak terasa dingin saat dipegang tangan).

Dan tahap terakhir adalah tahap finishing atau cat akhir, pada tahap ini kita harus berhati-hati saat menyemprotkan cat. Jika ada kekeluruan atau kesalahan anda mengulangi kembali proses diatas untuk memperbaikinya.

Pada tahap akhir ini buat lah adonan cat sedikit encer. mengapa demikian? ini bertujuan agar nantinya  hasil cat finishing terlihat halus. Lakukan pengecatan hingga 3 lapis atau sampai cat dasar tertutup. Jika ingin mengecat warna merah anda harus anda harus memberikan cat dasar warna putih. Karena cat merah waranya bening dan bersifat susah nutup.

Agar cat mobil terlihat mengkilap anda bisa melapisinya dengan clear coat, selain mengkilapkan clear coat juga berfungsi sebagai antigores cat. Pada tahap ini anda harus hati-hati saat menyemprotkan clear coat agar nantinya clear coat tidak meleleh. Proses clear coat ini bisa anda aplikasikan sebanyak 2-3 lapis dan beri jeda pada setiap lapisan.

Pada lapisan clear coat terakhir anda harus menekan spraygun agak dalam hingga nantinya hasil clear coat terlihat halus dan mengkilap. Untuk proses mengompon dapat anda lakukan setelah clear coat sudah mengering kuat. Biasanya clear coat akan mengering keras selama 12 jam. Untuk proses mengompon anda bisa baca disini

Selain menggunakan spraygun cara mengecat mobil sendiri agar mengkilap juga bisa anda lakukan dengan mengunakan cat semprot kaleng atau biasa disebut cat pylox.

Namun kelemahan cat pylox ini adalah jika anda aplikasikan pada body mobil nantinya akan terlihat belang. Sehingga gunakan cat kaleng semprot/cat pylox hanya untuk mengecat bagian komponen mobil seperti, mengecat velg, lantai, aksesoris mobil dll.

Sebenarnya mengecat dengan pylox hampir sama dengan proses pengecat mobil dengan spaygun hanya saja yang membedakan adalah matrial cat yang kita gunakan. Namun hasil pengecatan menggunakan spraygun pastinya akan lebih baik dari pada cat semprot.

Yang perlu anda perhatikan saat mengecat mobil adalah pastikan cuaca tidak hujan dan lakukan pengecatan ditempat yang terang, sehingga nantinya kita mudah mengamati apakah ada bagian yang belum terkena cat. Dan jangan lupa untuk menutup kaca mobil dan bagain yang tidak dicat sehingga nantinya bagian tersebut tidak terasa kasar karena terkena debu cat.

Mungkin itu tadi yang bisa kami sampaikan seputar tips cara mengecat mobil sendiri dirumah agar mengkilap. Semoga bermanfaat dan janganlah takun untuk mencoba. Jika ada kebinggungan anda bisa bertanya pada kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel