Cara Menimpa Cat Lama Mobil Agar Tidak Kriting


Cara Menimpa Cat Lama Mobil Agar Tidak Kriting - Mengeca ulang atau repair mobil dilakukan karena berbagai alasan. Mulai dari untuk menghilangkan baret, penyok akibat tabrakan, warna cat sudah pudar atausekedar modifikasi. Pengecatan ulang biasanya dilakukan pada bengkel body repair namun ada juga yang mencoba mengecatnya sendiri untuk memangkas biaya.

Untuk mendapatkan hasil cat seperti original dibutuhkan skill khusus agar pekerjaan dapat berjalan mulus.Karena tak sedikit orang kebinggungan melihat cat lama yang ditimpa cat baru justru beraksi keriting atau sering disebut cat retak seribu.

Untuk memuluskan pekerjaan anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari penguunaan serta cara mengecat mobil yang benar. Sebab Cat mobil memiliki peran penting untuk menambah nilai estetika interior mobil.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap 

 

Permasalahan yang sering muncul saat mengecat ulang mobil adalah cat lama bereaksi keriting saat ditimpa cat baru. Cat mengkerut sering muncul pada mobil yang sudah pernah dicat ulang, beda lagi jika masih ori pabrik mau ditimpa jenis cat apapun tidakampang mengkerut.


Cara yang benar menimpa cat lama mobil agar tidak beraksi adalah dengan menyemprotkan cat secara tips-tips terlebih dahulu, diamkan beberapa saat hingga agak mengering barulah ditimpa cat kembali begitu seterusnya.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh

Intinya memberikan jeda disetiap lapisan cat, jika pengecatan langsung tebal bermangsud agar cepat nutup hal justru dapat berpotensi cat menjadi ngangkat seperti retak seribu.

Biar cat baru awet dan tidak cepat mengelupas, sebelumnya cat lama diamplas dengan amplas halus nomor 2000 untuk menghilangkan kotoran serta jamur yang menempel. Biar lebih mantep gunakan sabun colek saat mengamplasnya untuk menyingkirkan minyak maupun bekas oli.


Lalu bagaimana cara bagaimna cara menghilangkan cat yang kriting ??

Untuk mengatasinya cukup mudah hanya dibutuhkan kesabaran menunggu cat mengering keras. Jika sudah kering  hilangkan cat yang ngangkat/mengkerut dengan cara mengamplasnya dengan amplas nomor 1500 atau 400 bekas sampai halus. jika tidak tidak dihilangkan sepenuhnya dapat berpotensi kembali bereaksi saat ditimpa cat kembali.

Baca juga Urutan Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula 

Jika sudah diamplas namun masih muncul, jalan satu-satunya adalah menyemprotkan celar coat pada titik cat yang mengkerut. Pemberian lapisan celar bertujuan untuk mengikat cat yang kriting, setelah clear kering anda dapat mengecatnya kembali.

Kesimpulan cara menimpa cat lama pada mobil dan motor agar tidak keriting adalah dengan memberikan jeda pada setiap lapisan cat dan dilakukan secara tipis sampai rata. Tidak hanya membuat ngangkat mengecat yang dilakukan langsung tebal juga berpotensi cat belang khususnya pada warna silver.

Untuk mendapatkan hasil maksimal kalian bisa mengamati secara teliti pada setiap lapisan cat, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada cat lama yang beraksi atau tidak. Jika ada yang mengkerut hentikan proses pengecatan agar tidak semakin parah.

Diatas merupakan penjelasan sekaligus teknik cara menimpa cat lama mobil agar tidak kriting yang sudah kami aplikasikan sendiri bertahun-tahun. Jika ada kebinggungan anda bisa bertanya langsung kepada saya. Selamat mencoba...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel