Urutan Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula


Urutan cara mengecat mobil agar mengkilap untuk pemula - Mengecat ulang mobil merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh para tukang cat profesional yang memang sudah pahan setiap jenis dan karakteristik cat yang akan dipakai. Tak sedikit diluar sana yang ingin mengecat mobilnya sendiri namun gagal akibat minimnya pengetahuan serta kurangnya pengalaman.

Namun jika anda memiliki keinginan untuk belajar mengecat mobil sendiri , maka anda pun dapat melakukan pengecatan dengan baik bahkan hasilnya tidak jauh beda dengan body repaire profesional.

Jika dapat melakukanya sendiri tentu anda akan menghemat biaya untuk mengecat ulang mobil untuk mengilangkan baret atau hanya ingin menganti warna saja. Karena jika dilakukan dibengkel tak sedikit biaya yang anda gelonturkan. Untuk satu panel pintu saja harganya sudah 650 dan 7 juta untuk biaya mengecat mobil full body. Bahkan bila di dealler resmi Honda atau Nasmoco bisa 15 juta untuk cat mobil.


Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula :

 Steep Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk proses mengecat mobil adalah dengan melakukan pengamplasan pada bidang yang akan dicat kemudian cuci dengan air sabun untuk membersihkan minyak bekas kit serta oli yang menempel.

Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Biar lebih maksimal gunakan amplas halus nomor 1500, kenudian keringkan. Jika ada bagian yang penyok ratakan dengan melakukan proses pendempulan. Setelah Denpul kering amplas hingga halus menggunakan amplas nomor 120 kemudian ulangi kembali memakai nomor 240/600 untuk menghilangkan goresan amplas kasar.

 


Steep Kedua

Langkah ke dua adalah dengan mengemprotkan lapisan epoxy primer sampai rata sampai 3x lapisan. Selain membuat cat kuat menempel poxy juga berfungsi untuk menutup pori-pori, menghilangkan baret bekas amplasan serta menghilangkan sambungan dempul agar saat dicat tidak terlihat seperti pulau atau panu.

Baca juga Takaran Pass Antara Epoxy Hardener Dan Thinner Yang Harus Anda Ketahui

Tunggu poxy mengering 3-4 jam tergantung merk yang digunakan. Setelah kering anda dapat mengamplasnya sampai halus pakai amplas nomor 240 lalu bilas dengan nomor 400 untuk menghaluskan nya. Penggunaan amplas yang kasar justru membuat hasil cat anda terlihat kasar, jadi perlu diperhatikan ukuran amplas untuk cat mobil khusus pemula.


Sebelum diamplas cek kembali jika ada dempul yang kurang rata serta masih ada pori-pori yang terlihat pendempulan dapat diulang kembali dengan mengolesknya secara tips atau biasa disebut dengan proses pelamir dempul.

Steep Ketiga

Berikutnya adalah proses pelapisan cat dasar. Mengapa harus ada cat dasar ? Fungsi cat dasar adalah untuk mempertajam warna cat jadi/akhir.


Penggunaan cat dasar ini juga perlu diperhatikan khusus untuk warna pink, orange, merah(ferrary red) seperti mobil agya cat dasarnya wajib warna putih. Untuk warna merah maroon kehitaman cat dasarnya harus hitam doff.

Beda lagi jika mengecat warna gold/emas serta candy gunakan cat dasar warna silver. Begitupun juga  warna stabilo cat dasar nya warna putih.

Baca juga Perbandingan Cat dan Thinner Untuk Cat Mobil 

Jika warna yang saya sebutkan tanpa ada cat dasar, cat akan sulit nutup yang berimbas pemborosan cat. Selain warna diatas misal hitam, biru, putih, abu-abu, silver anda dapat menggunakan cat dasar yang warnanya sama dengan cat jadi.

Setelah cat dasar terlapis rata, anda dapat mengamplasnya dengan amplas 600 bekas atau nomor 2000 untuk menghaluskan serta menghilangkan partikel debu maupun binatang kecil yang ikut menempel. Kemudian keringkan untuk menuju proses berikutnya.

Mengamplas cat dasar dapat dilakukan setelah konidisnya kering sekitar 1-2 jam, namun jika anda menggunakan Cat PU akan lebih cepat kering bahkan 20 menit sudah siap diamplas.
Steep Keempat
Tahap ke empat adalah menyemprotkan cat akhir. Pastikan sebelum dicat permukan cat dasar sudah terbebes dari air serta tidak ada debu yang menempel. Anda bisa menggunakan kain kering dan halus untuk mengelapnya.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu 

Penyemprotan dapat dilakukan secara tips terlebih dahulu diamkan beberapa saat dan semprot cat kembali begitu seterusnya sampai 3x lapisan. Untuk jarak ideal spragyun sekitar 20cm atau satu jengkal tangan dengan kondisi angin kompresor stabil.

Pastikan saat membeli cat warnanya sama dengen cat mobil. Jika tidak bisa membedakan anda bisa membawanya ke tukang oplos cat yang memang memiliki keahlian khusus.



Steep Kelima
Langkah kelima untuk mengecat mobil agar mengkilap proses clear coat. Proses clear ini sangat penting karena akan menentukan hasil cat anda. Untuk hasil maksimal anda dapat menggunakan clear sikkens, autoglow dan blinken, namun jika ingin yang kebih murah anda dapat memakai clear belcote serta clear laba-laba.


Cara menggunakan clear coat sama halnya seperti mengecat diaplikasikan secara tipis dahulu kemudian tindih kembali begitu seterusnya sampai tiga kali lapisan. Dengan melakukanya secara perlahan and akan terhindar dari clear coat memeleh yang nantinya akan sulit dihilangkan.

Steep Keenam

Langkah terkahir untuk mengecat mobil agar mengkilap adalah dengan melakukan proses pemolesan cat baru menggunakan kompon putih dan melapisi cat dengan wax.

Baca juga Cara Wax Mobil Untuk Kilap Yang Lebih Baik


Setelah clear mengering keras dalam jangka waktu 5-8 jam anda dapat mengamplas nya dengan amplas halus nomor 2000 untuk proses pemolesan.Stelah selesai diamplas oleskan kompon putih secara merata untuk mempolesnya hingga mengkilap.

https://www.suryadidik.com/2019/12/bengkel-cat-mobil-body-repair-pati-jawa.html

Agar semua proses diatas berjalan  dengan lancar lakukanlah ditempat yang terbuka dengan sinar matahari yang cukup. Cuaca yang panas juga akan membantu proses pengeringan cat. Nah begitulah sedikit pengetahuan dari saya tentang urutan cara mengecat mobil agar mengkilap untuk pemula. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel