Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh - Suryadidik.com


Cara mudah menghilangkan clear meleleh - Hallo sobat otomania.. Masih meneruskan pembahasan tentang info cat nii. Kemarin sudah kami bahas tentang cara menghilangkan cat kriting dan pada kesempatan kali ini akan kami bahs tentang cara menghilangkan pernis yang meleleh. Selamat membacanya...

Yang namanya suatu pekerjaan pastinya ada resiko-resiko yang harus di tanggung baik itu resiko yang tidak disengaja ataupun karena kelalaian. Memang sebenarnya bekerja sebagai tukang cat jika dilihat sekilas tidak ada kendala yang dihadapi. Paling-paling resikonya tukang cat yaa pas musin hujan ngak bisa ngecat.

Siapa bilang resiko menjadi tukang cat cuma itu dong ??

Sebenarnya banyak sekali resiko-resiko menjadi seorang tukang cat. Salah satu resiko yang dihadapi adalah gagal dalam pengerjaan contohnya saja saat kita melakukan fhinishing pengecatan namun kita menemukan ada clear atau pernis yang meleleh.

Bagi para mekanik cat yang sudah berpengalaman tentunya masalah clear coat meleleh akan sangat mudah untuk mengatasinya. Namun bagi  seorang tukang cat pemula pastinya akan binggung dan sharching ke sana kemari untuk mencari info cara mudah menghilangkan clear yang meleleh.

Sebenarnya cara menghilangkan cat meleleh sangat lah mudah untuk dihilangkan jika anda sudah tahu caranya.

Emang caranya gimana ???

Nah.. Berikut ini adalah cara termudah menghilangkan clear meleleh yang bisa anda praktekan sendiri dirumah. anda juga bisa membaca penyebab cat mobil bergelembung dan cara  mengatasinya

Untuk memudahkan  menghilangkan clear yang meleleh anda harus menyiapkan bahan-bahanya seperti :
  1. Amplas nomor 2000. Alngkah baiknya anda bisa menggunakan amplas bekas jika menggunakan amplas yang baru takutnya nanti clear malahan habis terkikis amplas.
  2. Kemudian siapkan juga alas papan kayu yang tipis.
  3. Dan yang terakhir siapkan juga kompon dan juga kain yang halus.
Jika peralatan tempurnya sudah siap semuanya berikut adalah cara mengaplikasikanya

Untuk langkah yang pertama pastikan terlebih dahulu cat sudah mengering sempurna untuk memudahkan  menghilangkan cat yang meleleh. Biasanya cat akan mengering sempurna dalam waktu 12 jam tergantung merk clear yang anda gunakan.

Jika sudah dipastikan clear sudah mengering, langkah awal yang harus anda lakukan adalah proses pengamplasan. Lakukan proses pengamplasan dengan cara menggunakan alas kayu yang tipis tadi. Lakukan proses pada bagian cat yang meleleh dengan menggunakan amplas nomor 2000 tadi dan gunakan alas kayu tipis untuk mengamplasnya.



Pengamplasan menggunakan alas kayu ini bertujuan agar clear yang meleleh bisa hilang sepenuhnya dan bisa rata. Jika tidak menggunakan alas kayu maka akan sulit untuk meratakan bagian pernis yang meleleh.
 
Perlu anda ingat, Lakukan proses pengamplasan cat yang meleleh dengan hati-hati lakukan pengamatan sesekali saat mengamplas jika dirasa bekas cat yang meleleh sudah hilang hentikan proses pengamplasan. Jika pengamplasan tidak dilakukan secara hati-hati takutnya nanti celarnya akan habis terkikis amplas dan cat akan menjadi botak. Anda juga bisa membaca perbandingan cat dan thiner yang pas

Setelah bekas pernis meleleh hilang, kemudian lakukan proses pemolesan menggunakan kompon. Oleskan kompon secukupnya hingga rata kemudian gosok menggunakan kain yang halus. Lakukan proses pengosokan dengan gerakan memutar hingga cat kembali mengkilap dan bekas amplasan tadi hilang.

Agar kejadian cat meleleh tidak terulang kembali, alangkah baiknya anda mengetahu faktor-faktor penyebabnya. Nah.. Berikut ini adalah 4 faktor yang menyebabkan clear coat meleleh

1. Faktor manusia

Faktor yang pertama adalah kesalahan dari si abang tukang catnya. loo kok bisa ?? ya bisa pokonya.. Biasa ini bisa terjadi karena saat proses pengeclearan dilakukan secara terburu-buru dan akhirnya clear akan meleleh.

Agar saat melakukan proses pernis tidak meleleh harus dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Tunggu setengah kering agar clear menempel dengan cat kemudian ulangi proses pengeclearan dan begitu seterusnya. Agar hasil pengecatan mengkilap sempurna lakukan proses pernis sampai 3 lapis.

2. Penyampuran clear coat dengan thinner yang kurang pas

Penyebab cat meleleh yang ke dua adalah cara menyampur clear coat dengan thinner yang kurang pas agar tidak terjadi cat meleleh alangkah baiknya untuk tukang cat pemula butuh ketelitian dan ketepatan saat menyampurkan clear coat dengan thinner. 

Saat menyampurkan clear coat dengan thinner janganlah terlau encer dan jangan terlalu kental. Jika penyampuran cat dengan thinner terlalu encer maka kemungkinan besar cat akan meleleh. Dan jika penyampuran cat dengan thinner terlalu kental maka hasil pengecatan akan seperti kulit jeruk.

3. Jarak pengecatan atau jarak pray gun yang terlalu dekat

Penyebab cat meleleh yang ke tiga adalah terlalu dekat jarak spay gun saat proses pengecatan. Jarak idealnya spraygun saat proswes pengecatan adalah sekitar 25-30cm dari permukaan atau dari media yang akan di cat.


4. Ayunan spraygun yang terlalu lambat

Penyebab cat meleleh yang terakhir adalah ayunan spraygun yang terlalu lambat. Alangkah baiknya saat anda melakukan proses pengecatan lakukan dengan fokus dan selalu amati cat yang dikeluarkan spraygun. anda juga bisa membaca cara menghilangkan bekas lem alteco/ lem G di dasboard mobil.


Intinya adalah selalu menjaga jarak nozzle spraygun sekonsisten mungkin. kalau dibidang datar seperti lambung pintu sih gampang ngecatnya. Masalahnya kalau bidang yang kita cat banyak lekukan dan lekukan yaa.. disitulah letak seninya tukang cat sesampai mana kita bisa memainkan kelenturan pergelangan tangan kita.

Untuk anda yang pemula menjadi tukang cat, berhatti-hatilah saat melakukan proses pengecatan. Alngkah baiknya anda bisa mencoba menyemprotkan cat terlebih dahulu ke media yang lainya seperti drum bekas atau plat bakas. Asal jangan mencobanya ke muka temen๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ Langkah ini bertujuan agar kita mengetahuhi tingkat kekentalan cat yang akan kita gunakan.

Nahh.. itu lah tadi sedikit tips Cara termudah menghilangkan clear coat yang meleleh beserta penyabab cat meleleh. Semoga bermanfaat khususnya untuk anda yang pemula menjadi tukang cat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel