Perbandingan Cat dan Thinner Untuk Cat Mobil - suryadidik.com


Hallo sobat otomotif ketemu lagi sama suryadidik.com kemarin kami sudah membahas artikel tentang cara mengatasi cat kriting dan karang kami akan mengulas tuntas tentang perbandingan cat dan thiner yang tepat untuk mengecat mobil yang mudah anda pelajari. Selamat membaca.

Tahap pertama kita akan membahas ukuran kekentalan cat. Untuk cat sendiri banyak ragam atau jenis-jenisnya seperti NC ataupun jenis PU. Nah untuk jenis cat NC itu biasanya pengerjaanya lebih mudah dan tidak terlalu rumit. Namun disini terlebih dahulu kita akan membahas jenis cat Poly Urethane atau disebut PU disebut juga dengan cat bakar. Untuk cara-cara pencampuranya sebenarnya pun tidaklah terlalu sulit hanya saja kita harus paham betul dengan jenis-jenis cat tersebut. Berikut ini adalah cara mencampurkan atau perbandingan cat dan tiner yang tepat.

Perbandingan cat dan thinner untuk cat mobil

Untuk perbandingan antara tinner dengan cat cukup dengan 1 : 1/2. Mangsdunya gino lo biar mudah dipahami apa bila catnya satu liter, maka cukup campurkan thinner setengah liter saja. Itu pun tergantung pada produk-produk cat yang anda gunakan. Karena bisa dikatakan beda merk cat beda juga tingkat kekentalanya. Untuk lebih baiknya anda bisa membaca aturan pakai yang telah tertera pada kaleng cat tersebut. Namun pada umunya para mekanik cat menggunakan takaran 1 banding 1/2.



Agar hasil pengecatanya lebih maksimal alangkah baiknya jangan terlalu kental saat mencampur cat dengan thinner. Jika terlalu kental justru tekstur cat lebih ke  kulit jeruk, sebaliknya encer cat rawan malah meleleh dan susuah nutup. 

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Baik untuk pengecatan mobil dan motor sebaiknya gunakan thinner super dan untuk tipe metalik memakai thinner jenis PU poly urethane, dengan memakai tipe PU warna metalik yang dihasilkan lebih merata dan menghindari cat belang terutama pada warna silver metalik.

Namun perlu anda ingat, saat melakukan pengecatan tahap pertama atau tahapan cat dasar pada mobil usahakan saat membuat campuran cat sedikit kendal agar cat cepat nutup dan menghemat tinner anda. Kemudian saat melapisi cat tahap kedua atau tahap finishing, buatlah adonan cat sedikit encer, ini bertujuan agar hasil catnya nanti tidak kasar.


Untuk menghasilkan pengecatan yang halus cat dasar perlu diamplas dengan ukuran 1500 setelah kering. Setelah halus baru bisa kita timpa kembali.

Intinya, saat proses pengecatan pada cat dasar buat sedikit kental, kemudian tahap selanjutnya buatlah sedikit encer. Dengan begitu hasil pengecatan anda akan terlihat kilap basah saat terlapis clear coat.

Cara mengukur kekentalan clear coat atau pernis 


Selanjutnya adalah cara mengetahui ukuran kekentalan clear coat atau pernis. Namun sebelum kita mempelajari bagaimana cara mencampurkan clear dengan baik, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis-jenis clear coat itu sendiri. Karena pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang heheee..

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Nah untuk clear coat sendiri terbagi dari 2 jenis yaitu NC dan clear PU. Namun disini kita akan membahas lebih dalam tentang cara memcampurkan clear PU.  Karena kebanyakan yang digunakan para mekanik cat adalah jenis clear PU.

Ya.. Clear jenis PU aatau bakar memang lebih unggul ketimbang NC, diantaranya mampu memberi efek glossy lebih tinggi, tahan berbagai cuaca dengan tekstur yang sangat keras setelah nanti. Sementara untuk proses pengaplikasikan keduanya sama saja.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Langsung saja kita menuju pembahasan cara pencampuranya. Untuk tahap pertama alangkah baiknya anda mencampurkan clear dengan hardenernya terlebih dahulu, aduk hingga keduanya menyatu baru kita campur thinner. Sementara untuk perbandiganya 1:1 dengan hardenner 0.5 dengan menggunakan thinner PU sebagai pengencernya.

Demikian artikel yang membahas tentang perbandingan cat dengan thinner untuk mengecat mobil dan motor. Disini yang tak kalah penting adalah akan pengetahuan jenis tiner yang dipakai, pengunaan yang sesuai tentu menghasilkan efek glossy lebih lama meski minum perawatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas