3 Penyebab dan Cara Mengatasi Epoxy tidak kering

Penyebab dan cara mengatasi epoxy tidak kering - Hallo dulur.. Dalam dunia pengecatan poxy memiliki dua fungsi yakni sebagai lapisan anti karat dan sebagai pelapis dempul sebelum tahap cat dimulai. Dengan begitu cat lebih menempel sempurna dan sehingga membuatnya tidak gampang terkelupas saat mengalami goresan. 

Secara umum poxy dibedakan jadi dua tipe yakni epoxy filler dan primer, dimana memiliki fungsi berbeda yang patut anda ketahui sebelum ingin belajar mengecat sendiri.  Meski beda fungsi keduanya sama-sama memiliki hardener sebagai pengering dengan perbandingan yang sama antara poxy, thinner dan hardenner nya.

Tak hanya satu epoxy ternyata banyak beragam pilihan warna, yakni merah, hitam, putih dan abu-abu. Namun secara umum yang banyak dipakai adalah warna abu-abu karena lebih netral dan bisa langsung pada semua warna cat, kecuali merah atau tipe cat yang karakternya bening.

Baik menggunakan cat semprot atau komproses memberi lapisan epoxy sangatlah penting terutama objek yang sudah pernah dicat ulang untuk menghindari cat keriting yang terkadang muncul tiba-tiba dan susah hilang. Proses pengaplikasikanya pun cukup 2 lapis ya masbro, jika terlalu lalu banyak hasil pengecatan nantinya akan terlihat tebal dan cenderung bertekstur kulit jeruk.

Penyebab dan cara mengatasi epoxy tidak kering

Meski sudah dilakukan dengaan baik dan benar terkadang apda beberapa epoxy yang lama bahkan tidak kering meski telah menunggu hingga 12 jam lamanya. Lantas apa yang jadi penyebabnya ?

Setidaknya ada 3 penyebab mengapa poxy lama kering, pertama penggunaan jenis epoxy, pemakian thinner dan terkahir karena faktor cuaca.

Baca juga 5 Merk Poxy Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor

Jenis Epoxy

Sama halnya dengan cat epoxy juga terdapat dua tipe ya, yakni tipe PU/bakar Poly urethane dan NC/biasa Nitro chelulosa.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Epoxy jenis PU ini memiliki banyak keunggulan yakni bersifat cepat nutup, hasil yang lebih halus dan waktu keringnya bisa lebih cepat bahkan 30 sampai 40 menit sudah siap amplas dan langsung ditimpa cat dasar. Tentu ini akan mempersingkat proses pengecatan tanpa perlu menunggu 8 jam untuk naik ke steep berikutnya.

Beberapa merk epoxy PU diantaranya Belkote PU 2K Surfacer dan Alfaglos 2-K Urethane. Kedua merk poxy ini memang bisa diandalkan dengan harga yang tidak beitu mahal hanya 80 ribuan perkalengnya isi satu kg.

Pemakain Thinner

Penggunaan thinner juga tak kalah penting ya masbro. Untuk epoxy idealnya pakai tipe thiner A, HG atau bisa juga pakai jenis super, yang tak kalah penting adalah pengetahuan akan perbandingan epoxy hardenner dan thinner yang sesuai. Jika terlalu encer tentu akan susah nutup dan terlalu kental teksturnya cenderung seperti kulit jeruk dan akan terlihat saat dicat nanti.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan thinner eceran yang kita tidak tahu akan kualitasnya, pasalnya tak sedikit yang mengeluhkan epoxy jadi lama kering bahkan ada yang tidak menyatu sempurna.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super

Faktor Cuaca

Penyebab terakhir mengapa epoxy lama kering adalah pengaruh cuaca. Ya.. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi, saat cuaca panas poxy tipe PU akan kering lebih cepat hanya 30 menitan sudah bisa diamplas. Begitupun juga dengan tipe NC akan cepat keras saat kondisi panas.

Namun jangkan berfikiran agar poxy cepat kering terus menjemurnya dibawah terik matahari langsung ya masbro. Tindakan ini justru membuat permukaanya rawan pecah-pecah dan efeknya akan terlihat dalam beberapa bulan setelah proses mengecat selesai. Cukup biarkan kering sendiri dalam ruang terbuka.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Penyebab terkahir adalah lupa mencampurkan obat pengering atau hardener. Ya.. jika ini terjadi sudah dipastikan epoxy tidak akan kering dan mengeras meski sudah berhari-hari.

Dan untuk mengatasinya kita perlu mengelupas/mengerikannya hingga hilang dan bisa ditimpa poxy kembali yang sudah campur hardenner.

Nah demikanlah ulasan dari beberapa penyabab dan cara mengatasi epoxy tidak kering yang bisa anda hindari sebelum proses pengecatan dimulai. Disini pengguaan kualitas bahan memang memberi dampak besar, jadi lebih bijaklaah untuk memilihnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas