Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler


Kenali perbedaan epoxy primer dan epoxy filler - Hallo dulur otomotif.. Di weekand day ini saya akan memberikan sedikit pengetahun saputar teknik mengecat serta berbagai jenis bahan dan fungsinya. Dengan mengetahu fungsi dan perbedaanya anda bisa mendapatkan kualitas cat yang lebih maksimal.

Tidak hanya mempercantik dan menambah nilai estetika tersendiri, cat juga difungsikan sebagai pelapis logam agar tidak mudah berkarat. Namun tahu kah kamu, cat saja tidak cukup buat menahan timbulnya karat pada besi. Dibutuhkan pelapis cat yang mengandung bahan khusus sebagai pelindung permukaan logam maupun besi sebelum dilapisi cat beragam warna.

Yapsss..Epoxy merupakan bahan yang difungsikan sebagai penahan anti karat serta bisa dijadikan sebagai cat dasar.

Mungkin anda masih binggung apa sih perbedaan epoxy primer dan epoxy filler ? Secara keduanya memiliki warna sama abu-abu serta memiliki hardenner sebagai pengerasnya.

Baca juga Takaran Pass Antara Epoxy Hardener Dan Thinner Yang Harus Anda Ketahui 

Biar ngak pada binggung, dibawah ini akan saya kupas tuntas perbedaan epoxy primer dan epoxy filler beserta teknik serta cara mengaplikasikanya. Oke lanjut

  • EPOXY PRIMER 

 

Fungsi utama epoxy primer adalah sebagai lapisan cat dasar 2-komponen berbasis epoxy amine adduct yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan permukaan yang halus dan mudah diamplas. Epoxy primer sering digunakan untuk auto refinising, motor, mobil, besi, baja atau permukaan lainya.

Baca juga Fungsi Dempul Wanda/Dempul Odol Dan Cara Menggunakanya

Kesimpulanya adalah epoxy primer digunakan untuk melapisi dempul yang sudah diamplas halus bertujuan untuk menutup pori-pori, goresan bekas amplas serta menghilangkan sambungan dempul.

Bila dempul langsung dicat tanpa lapisan cat dasar poxy sambungan dempul tidak akan hilang yang membuat hasil cat terlihat seperti pulau atau layaknya panu akibat sambungan dempul yang terlihat.

Dipasaran sendiri  dijualkan dari beragam merk mulai dari Nippe 2000, alfaglos, epoxy primer belkot, propaint, laba-laba dan yang lainya.

Epoxy primer sudah bisa diamplas bila sudah mengering keras dalam jangka waktu 5-6  jam tergantung merk yang digunakan. Jika menginginkan kering lebih cepat gunakan epoxy jenis PU seperti epoxy alfaglos pu yang kelangnya berwarna biru keputihan.

Tidak hanya berwarna abu-abu poxy juga memiliki warna lain seperti merah, hijau dan warna hitam yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan.

  • EPOXY FILLER

 

edangkan kegunaan epoxy filler adalah sebagai pelapis cat anti karat yang disemprotkan pada permukaan logam maupun besi sebelum dilakukan tahap pendempulan atau pengecatan. Dengan adanya lapisan epoxy filler, karat tidak mudah muncul bahkan sampai 5 tahun lebih.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu 

Sebelum diapliasikan sebaiknya bersihkan terlebih dahulu permukaan logam dengan mengamplasnya sampai bersih tidak ada bekas minyak serta karat yang menempel. Jika kesulitan mengilangkan karat anda bisa menggunakan mesin amplas gerinda untuk menyingkirkannya.

Meski memilki fungsi berbeda kedua jensi poxy ini memiliki harga jual yang hampir sama sekitar 65rb.an yang banyak dijual dalam berbagai merk seperti nippon paint, propaint, danapaint dan lainya.

Jika menginginkan hasil yang lebih baik anda bisa memakai epoxy primer surfacer danapaint yang perliternya dijual 75rb.

Sedangkan untuk cara menggunakan epoxy primer dan epoxy filler harus dilarutkan terlebih dahulu menggunakan thinner A, super, tiner ND dan jenis HG serta jangan lupa mencampur hardener sebagai pengering. Gunakan spraygun untuk mengaplikasikanya serta dilakukan secara tipis-tipis berulang kali 2-3 lapisan.

KESIMPULAN

Kesimpulanya adalah epoxy primer digunakan untuk melapisi permukaan dempul yang berttujuan untuk menutup pori-pori kecel serat goresan bekas amplas,serta juga bisa dijadikan sebagai cat dasar karena memiliki tekstur lebih halus dengan catatan sebelum dilapisi cat sudah diamplas terlebih dahulu dengan amplas nomor 400.

Sedangkan Epoxy filler lebih ke pelapis anti karat pada permukaan logam/plat besi sebelum dilakukan tahap pelapisan dempul. Faktanya nya dengan melapisi poxy terlebih dahulu membuat dempul lebih kuat menempel atau tidak mudah mengelupas karena plat besi sudah terlapis cat anti karat.

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan epoxy primer dan epoxy filler, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blok kami suryadidik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel