Tips Sederhana Cara Mengecat Velg Motor Tanpa Melepas Ban


Cara Mengecat Velg Motor Tanpa Melepas Ban - Mengecat ulang velg motor merupakan langkah untuk membuat tampilan motor tampil beda atau sekedar ingin memperbaruinya karena sudah kusam dan banyak luka lecet akibat kena cukilan ban. Mengecat velg bisa dilakukan sendiri dengan cat semprot samutai paint atau jika tidak mau ribet bisa membawanya ke body repair terdekat.

Sebelum dicat tentu ban arus dipelas dari velg untuk mengindari terkena percikan cat yang sulit diilangkan bila sudah mengering. Anda bisa meminta tolong tukang tambal ban untuk melakukan bongkar pasang.

Jika tidak mau ribet saya ada sedikit tips mengecat velg dengan posisi ban masih menempel ngak perlu ribet bolak balik bengkel dan gak perlu buang uang untuk bongakr pasang ban. Belum lagi bila pemasanganya kurang hati-hati justru cat bisa mengelupas kembali akibat cukilan ban yang cukup ngawur.

Baca juga Cara Yang Benar Mengecat Velg Alumunium Agar Tidak Cepat Mengelupas 

Anda bisa mengguakan beberapa bahan yang tersedia dirumah untuk menutupi permukaan ban sebelum di cat, misalkan memakai koran, isolasi dan lain. Tidak hanya dengan kertas dibawah ini kami memiliki trik cara mengecat velg motor tanpa melepas ban.


Urutan Cara Cat Velg Tanpa Buka Ban

Biar lebih mudah lepas roda dari motor terlebih dahulu pakai kunci 14 dan 17 inci tergantung jenis motor. Biar ngak pada ilang kumpulakan beberapa buat jadi satu, kelihatanya si sepele namun jika baut dibiarkan tercecer dapat membuatnya hilang.

Cuci dan Amplas Vleg

Gunakan sabun saat mencucinya untuk mengilangkan bekas minyak, oli serta kotoran lainya yang melekat. Biar makin joos setelah disabun amplas seluru bagian pelek untuk menghilangakn jamur yang menempel. Dulur bisa pakai amplas 600 atau 1500 kemudian keringkan.

Baca juga Cara yang Benar Mengecat Velg Motor Dengan Samurai Paint 

Mengapa diamplas ? tujuannya adalah agar cat tidak mudah mengelupas, bakan dapat bertahan 5 tahun lebih jika rajin membersihkanya.

Membungkus Ban

Disinilah kunci agar saat mengecat velg tanpa membuka ban, namun sebelumnya udara didalam ban harus di kempeskan terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk mengindari terkena semburan cat, antara lain :

  • Gunakan Koran
Pertama tutup ban menggunakan koran dengan cara melingkarkan lakban/isolasi dipinggir ban secara melingkatir disetiap sisi kakan dan kari kemudian bungkus ban pakai koran sampai rapat.



Baca juga Cara Mengecat Velg Warna Hijau Stabilo Yang Bagus dan Benar 

  • Kartu Remi
Jika cara pertama cukup sulit, tutup ban dengan kartu remi. Caranya pun dibilang lebih praktis dengan memasukan kartu remi pada sela ban sampai tertutup rapat. Disinila fungsi ban dikempeskan agar kartu reme dapat masuk ke dalam sela velg.




  • Sabun Colek 
Tips ketiga adalah dengan mengoleskan sabun colek secara merata keseluru pinggir ban. Dengan begini bila ban terkena semburan cat akan mudah dibersikan, karena cat tidak menempel pada ban melainkan pada sabun.  jadi akan mudah hilangkan tingal sikat pakai sedikit air akan langsung hilang.

Baca juga [KLIK DISINI] Cara menggunakan Soda Api Untuk Menghilangkan Cat Dan Dempul 

Selain sabun colek, dulur juga bisa memakai oli/paselin untuk menutupi pinggir ban. Karena sifat cat tidak menempel bila permukaanya menggandung minyak. Namun untuk menjaga kebersian ban lebih baik gunakan sabun colek.

Tahap penyemprotan cat

mengecat velg terserah keinginan memakai kompresor dengan cat duco atau menggunakan cat semprot kalengan yang lebi praktis dan murah pastinya.

Jika menginginkan cat duco namun tidak memiliki kompresro dan alat semprotnya ada alternatiflain yang dapat anda coba yakni dengan menggunakan obat nyamuk. bakah jika mahir memakainya hasilnya tak jauh beda dengan menggunakan spraygun dari angin kompresor.

Biar lebih awet lapisi cat dengan celar coat beberapa lapisan 2-3 kali sampai rata keseluru bagian. Selain mengkilapkan cear juga difungsikan sebagai anti gores.

Tunggu cat mengering

Sebelum pembungkus ban dilepas, cat sudah dalam kondisi kering keras. Tindakan yang terburu-buru melepas koran justru membuat cat yang masih basah tersentuh tangan. Diamkan beberapa saat 3-4 jam agar cat kering sempurna, isi angin dan kemudian pasang roda kembali.

Begitupun juga saat menghilangkan sabun colek tunggi cat sampai kering barulah sabun dapat dihilangkan dengan cara menyikatnya pakai air bersih.

Jika sudah dibungkus rapat namun pasih ada cat yang berobos dan menempel pada ban anda bisa membersihkanya denga ar mengalir. Jika masih sulit hilang anda dapat minyikatnya dibarengi sama ir mengalir.

Meski sudah dibungkus rapat terkadang masih ada cat yang menempel pada ban, untuk menghilangkanya anda dapat menggunakan thiner yang sudah dituangkan pada kain kemudian gosokan secera perlahan sampai cat hilang.

Demikianlah pembahasan seputar cara mengecat velg motor tanpa melepas ban, semoga dengan membaca ulasan diatas dapat membantu anda dan terimakasih udah meluangkan sedikit waktu untuk mengunjungi situs ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel