Cara Mengecat Velg Warna Hijau Stabilo Yang Bagus dan Benar


Suryadidik.com -  Pastinya temen-temen bosan kan dengan warna velg bawaan pabrik yang hanya itu-itu saja. Kepikiran pengen ganti warna ngak ? Misal warna silver, emas/gold atau mungkin hijau stabilo ? Sebagai rekomendasi ni ya bila motornya jenis matic pantesnya iya itu warna silver dan gold biar lebih menarik gitu kan motor nya kecil ya. Bila motornya jenis sprot seperti Ninja 4 tak atau CBR 250 R cocok nya yaa warna hijau stabilo itu. Kayak motornya Boy dong nantinya. heee


 

Jika menginginkan warna satabilo pengecatan tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan lo, perlu teknik dan perlakuan khusus. Bila salah dalam teknik pengecatanya warna stabilo tidak akan terlihat masimal, pokoknya kurang sedap bila dipandang mata. Karena warna stabilo bentuk catnya bening atau jernis ya seperti cat candy gitu lah.

Kabar baiknya kemarin saya mengecat velg motor Yamaha R15 warna hijau stabila dan hasilnya konsumen puas dengan hasil pengecatan saya. Pengen tahu tahu bagaimana caranya ?? Dibawah ini kami tuliskan urutan serta teknik yang sudah kami lalukan kemarin untuk mengecat motor Yamaha R15 yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah.

Bila bidang yang dicat velg motor siapkan 2 jenis cat yaitu cat hijau stabilo 1/4 dan warna putih 1/4 putihnya bisa menggunakan jenis super white. Mungkin sobat binggung untuk apa cat putih ini ? Nah cat putih disini digunakan sebagai cat dasar. Bila cat dasarnya tidak putih maka susah nutup dan akan menghabiskan banyak cat hijau. Warna stabilo ini sama halnya dengan cat warna merah yang bentunyak bening sehingga cat dasarnya harus putih.

Baca juga Cara Menghilangkan Cat Yang Menempel Pada Body Motor 

Untuk harga cat stabilo ukuran 1/4 30rb merk Super Glous, bila pakai cat bakar 70rb dan untuk warna putih harganya 22 rb ukuran 1/4 merk Seper Glous

Cara Mengecat Warna Hijau Stabilo/Kuning Stabilo

Lepas ke dua velg dan pastikan motor aman/tidak roboh saat velg dilepas. Sobat bisa menganjal skok depan  pakai balok kayu biar motor dalam posisi yang tegsk.

Sebelum dicat amplas velg terlebih dahulu ya biar catnya awet menempel gitu. Gunakan amplas air halus nomor 360. Bila ada stiker yang menempel sobat terlebih dahulu perlu menghilangkan stiker tersebut kemudian bersihkan sisa lem dengan meng amplasnya.

Baca juga Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor
 Untuk teknik pengamplasanya dengan cara membahasai velg dan amplas nya juga dan lakukan pengamplasan secara menyeluruh baik pada sela-sela velg. Akan lebih baik lagi saat proses mengamplas oleskan permukaan velg dengan sabun colek ya biar kalau ada bekas oli dan minyak menempel hilang. Bila ada bekas oli, minyak, semir serta obat pengkilap menempel  maka bila dicat tidak bisa menempel. Kemudian bilas pakai air yang bersih sembari membersihkan sisi amplas dan sisa busa sabun kemudian kering.

Tahap selanjutnya adalah menyemprotkan cat dasar bila velg sudah dalam kondisi kering. Semprotkan cat dasar hingga semua permukaan velg tertutup warna putih semua baik pada sela jari jari velg. Agar memudahkan proses penyemprotan sobat bisa mengguling-gulingkan ban sambil mengamati bagain mana yang belum terkena cat.

Biar ban tidak terkena cat, tutuplah bagian ban pakai koran dengan cara membuang semua angin yang ada didalmnya kemudian masukkan koran pad selal sela velg hingga rapat dan kencang. Selain pakai korang, anda bisa menutupi ban dengan kartu remi sob dengan cara menyelipkan kartu remi pada sela velg sampai hinga bagian ban tertutup semua.

Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas 

Steep berikutnya adalah dengan menunggi cat dasar mengering dan ulangi tahap pengamplasan dengan menggunakan bekas amplas yang tadi kita gunakan. Pengamplasan ulang ini bertujuan supaya cat akhir tidak terlihat kasar. Yang perlu diingat pada proses ini adalah lakukan pengamplasan secara perlahan agar cat dasar putih tidak habis terkikis ampas. Intinya amplas secara ngambang tidak usah terlalu ditekan. Bila habis terkikis cat dan warna awal pada velg terlihat maka anda harus menyemprotkan cat putih kembali.

Setelah proses pengamplasan selesai dan velg sudah kering barulah menyemprotkan cat akhir(hijau stabilo) pada velg sampai rata diseluruh bagian. Biar tidak leleh cat ngecat, sobat harus mengecatnya secara tipis tipis terlebih dahulu. Umunya pengecatan bisa dilakukan dengan 3-4 kali kalipsan. Bila cat terlalu tebal hasilnya pun akan kurang bagus.

Biar cat awet dan semakin kinclong sobat bisa melapisinya pakai clear coat. Untuk 2 velg menghabiskan 1/4 pernis tergantung ukuranya.

Kesimpulan dari artikel cara mengecat warna hijau stabilo ini adalah dengan menyempotkan cat dasar warna putih terlebih dahulu secara rata barulah bisa di cat warna stabilo. Apa bila tidak diberi cat selain putih maka cat akan susah nutup. Jadi agar tidak salah Jadi agar hasill cat anda lebih maksimal tidak ada salahnya untuk mencoba trik yang sudah saya tulis diatas. Tips diatas real hasil pengalaman sendiri jadi jangan takut untuk mencobanya. Baik anda menggunakan cat semprot atau cat kaleng(pylox) caranya sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel