Cara Mengecat Mesin Motor Yang Bagus Dengan Pilox

 
Suryadidik.com -
Cara mengecat mesin motor dengan pilox ini sengaja dilakukan untuk memperbarui warna cat yang sudah mulai usang karena faktor usia atau hanya sekedar ingin menyegarkan tampilanya. Mulai dari mengecat blok magnet, slinder dll.


Pasti tahu lah ya bila mesin selalu dalam kondisi panas lebih lebih jika motor sering berpergian yang cukup jauh. Jadi bila ingin mengganti warna gunakanlah cata mesin motor yang tahan panas supaya awet tidak mudah mengelupas dan tak mudah mudar. Karena tak sedikit sobat otomania yang keluru memilih cat dan teknik mengecatan yang membuat pekerjaan jadi sia-sia karena umur cat tidak sampai 1 tahun sudah rusak.

Baca juga Cara 4 Ampuh Menghilangkan Bekas Pilox Pada Permukaan Ban Motor

Seperti yang sudah saya bicarakan awal, layaknya kenalpot mesin ini selalu dalam suhu yang panas jadi janganlah asal asalan saat mengecatnya biar kita merasa menyesal dikemudian hari. Biar cat sobat awet meski kena panas maupun hujan tidak ada salahnya untuk mengikuti tips yang sudah tak aplikasikan beberapa kali dan hasilnya komsumen puas dengan hasil teknik pengecatan saya.

Apabila saat ini anda ingin mengerjakan tips mengecat mesin motor yang bagus dengan pilox, bila yang dicat hanya blok magnet dan bak kopling sobat tidak usah repot-repot untuk memborkar mesin dan harus menurunkan mesin. Sobat cukup mengecatnya dengan posisi mesin masih menempel pada rangka. Biar catnya tidak nyiprat kebagian lainya misal bagian dek sobat bisa menutupnya pakai kertas koran dan gunakan isolasi kertas untuk merekatkanya.

Dengan cara cat blok mesin motor tanpa bongkar tentu anda tidak harus memikirkan untuk memasangnya kembali. Namun apabila sobat sekalian ingin mengecat rangkan maka kami sarankan untuk menurunkan mesin biar hasilnya lebih maksimal gitu,..

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Urutan cara mengecat mesin motor yang bagus agar tidak mengelupas
  • Kita awali tahap pertama dengan mengamplas bagian mesin yang pengen dicat dengan amplas halus nomor 360.  Disarankan saat mengamplas oleskan sabun colek pada mesin secara merata biar noda oli maupun bensin yang menempel hilang. Karena kita tahu sendiri cat tidak akan menempel bila bidang yang dicat terkena oli maupun minyak.
  • Bila bok mesin sobat penuh oli, gunakan bensin untuk memudahkan tahap pembersihan kemudian cuci pakai air sabun supaya tidak ada lagi noda olin yang masih menempel. Kemudian keringkan.
  • Nah ini dia temen temen tahap yang dapat membuat cat menempel dengan kuat atau tidak gampang mengelupas yaitu dengan melapisinya pakai cat epoxy filler terlebih dahulu sekaligus bisa dijadikan sebagai cat dasar. 
  • Tahap berikutnya adakah menunggu epoxy mengering, biasanya akan membutuhkan waktu 3-4 jam kering tergantung merk poxy yang digunakan. Biar cepet kering sobat bisa menjemurnya dibawah panas matahari langsung.
  • Setelah mengering sobat harus mengamplasnya sampai halus yaa. Ini bertujuan bila kita tindih dengan cat jadi hasilnya tidak kasar. Sobat bisa menggunakan amplas air nomor 360. Bila proses pengamplasan telah usai bisa langsung mengkeringkan vleg.
  • Inilah tahap akhir yaitu menyemprotkan warna cat yang sobat inginkan. Teknik mengecat yang tepat adalah jangan langsung menyemprotkan cat langsung tebal ini bisa menyebabkan cat menggumpal dan bisa meleleh. cara mengecat yang benar adalah secara tipis terlebih dahulu tunggu sengah mengering kemudian semprot cat kembali hingga nutup.
  • Biar cat tambah mengkilap dan awet sobat bisa menyemprotkan clear coat sebanyak 3 lapis, namun bila meng inginkan warna doof sobat tinggal menyemprotkan clear coat doof.
 Baca juga Cukup Gunakan Vixal Noda Kerak Dan Karat Pada Mesin Motor Hilang

Kesimpulannya, agar warna cat tetap awet dan tidak cepat pudar gunakanlah cat mesin motor tahan panas seperti cat bakar. Memang sedikit mahal sih harganya dengan cat biasa bisa 2x lipat lebih harganya. Namun sebanding dengan kualitasnya. Sebagai referensin anda bisa menganti warna merah, hitam tembakau(tobaco brown), hitam metalic Dan silver metalic atau mungkin gold/emas. Ke lima pilihan tersebut merupakan warna favorit yang banyak digunakan baiker mania untuk merubah tampilan motornya.

Cukup mudah bukan temen temen cara mengecat mesin motor dengan pilox. Bila membayar saja bengkel cat untuk satu blok mesin dihargai 500rb lebih tergantung kualitas dan tingkat kerumitanya. Waww mahal banget,...Jadi biar ngirit sobat bisa mencobanya sendiri dirumah dengan mengikuti tata cara yang sudah tak buatkan tadi. Kalau keliru ngecat nya kan ngak masalah to wong motor sendiri. Jadi janganlah takut untuk mrncoba.heheh..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel