Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu


Penyebab dan cara mengatasi cat duco retak seribu - Pengecatan merupakan suatu langka yang dipakai untuk mengecat mobil, body motor atau lainya agar tampilanya kembali baru atau hanya ingin mengganti warna. Mungkin bagi anda yang masi awam mengecat dengan cat duco maupun cat kalengan bukanlah perkara sulit. Namun jangan salah meski terlihat gampang bukan berarti semua akan berjalan mulus.

Permasalahan yang terkadang sering muncul adalah cat mengkerut atau retak seribu yang terkadang muncul dengan sendirinya saat melakukan cat ulang. Bagi yang masih awam tentu akan kebinggungan, bahkan tak sedikit yang mengerok cat tersebut yang bertujuan untuk menghilangkanya.

https://www.suryadidik.com/2019/12/bengkel-cat-mobil-body-repair-pati-jawa.html

Mengerok memang dapat menghilangkan cat yang retak tadi, namun masih ada kemungkinnan cat kembali mengkerut. kalaupun tidak bekas kerokan bila dicat ulang tentu akan meninggalkan bekas yang membuat hasil cat anda kurang maksimal.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner 

Sebenarnya apa sih penyebab cat retak seribu pada mobil dan motor ini ?? Yaps bukan teknik atau merk cat yang salah digunakan melainkan cat retak seribu ini disebatkan cat lama tidak kuat ditimpa dengan cat baru. Ini bisa terjadi karena kualitas cat lama kurang bagus, jadi bila ditimpa cat baru yang kualitasnya lebih baik dipastikan cat akan langsung bereaksi mengkerut.

Cat retak seribu juga sering muncul ketika anda melakukan proses clear coat yang membuat hasil finishing anda kurang maksimal.

Sebenarnya untuk meminimalisir terjadinya cat duco retak seribu sangatlah mudah hanya dibutuhkan kesabaran. Jadi saat mengecat lakukan secara tipis terlebih dahulu dan tunggu sekitar 2-3 menit agar kering baru anda bisa lapisinya kembali begitu seterusnya. Proses clear pun demikian beri jedi disetiap lapisanya.

Baca juga [KLIK DISINI] Cara Yang Benar mengamplas Clear Coat Pada Cat Baru

Selain mengindari cat mengerut memberi jeda saat mengecat juga dapat meminimalisir terjadinya cat meleleh.

Lantas jika sudah terlanjur bagaimana cara mengilangkan cat keriting ? Untuk lebih jelasnya berikut trik cara mengatasi cat mobil retak seribu :

Sebelum dieksekusi, kondisi cat harus kering keras untuk dimplas kembali menggunakan amplas bekas nomor 400 hingga retakan cat hilang dan dirapa tangan terasa halus. Kemudian keringkan sisaair amplasn.

Setelah kering anda dapat mengecatnya kembali namun dengan adonan cat yang sedikit kental agar cat cepat nutup dan jika ingin melapisinya kembali tunggu beberapa saat hingga mengering.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap

Bia sudah diamplas dan di cat ulang namun masih retak, jalan satu-satunya adalah dengan menyemprotkan celar caot pada titik cat yang mengkerut dan tunggu sampai kering untuk siap dicat kembali.

Melapisinya dengan clear ini bertujuan untuk mengikat lapisan yang keriting, jadi saat dicat ulang cat tidak kembali beraksi.

Jika ingin mengambil jalan aman tanpa takut terjadi hal semacam ini, sebelum dicat anda bisa melapisinya dengan epoxy filler terlebih dahulu.

Oke dulur.. demikainlah pembahasan seputar penyebab dan cara mengatasi cat duco retak seribu, semoga dengan terbitnya artikle ini anda bisa lebih berhati-hati saat ngecat. Kuncinya adalah lakukan dengan sabar dan pelajari jika menemukan kesalahan agar dikemudian hari tidak terjadi kembali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel