[KLIK DISINI] Cara Yang Benar mengamplas Clear Coat Pada Cat Baru


[KLIK DISINI] Cara Mengamplas Clear Coat Pada Cat baru - Mungkin saat ini anda ada unek-unek, kok bisa ya ngecat mobil dipinggir jalan banyak debu berterbangan tapi hasilnya kok bagus. Dan yang bikin ngak habis pikir hasil catnya terasa halus bakan 99% mirip dengan cat ori pabrik. Bahkan cat tersebut cepat kering dalam hitungan jam.

Umumnya pengecatan baik mobil, motor serta kubah dilakukan pada ruangan tertutup tanpa ada debu yang masuk bahkan dilengkapi dengan oven agar mempercepat proses pengeringan.

Ungkapan diatas memanglah benar bahwa pengecatan di dalam ruang tertutup meminimalisir butiran debu serta binatang kecil seperti lalat nempel di lapisan clear coat yang membuatnya jadi kasar.

Berbeda dengan cat oven mengecat diruang terbuka termasuk pinggir jalan memang tekadang hasil cat terlihat kasar bahkan sangat terasa saat diraba tangan. Jadi untuk menghaluskan cat kasar adalah dengan mengamplasnya pakai amplas yang halus. Lo kok diampas apa malah ngak rusak om ?? tenang, biar ngak kebinggungan mari kita simak ulasan selanjutnya. Oke lanjut

Baca juga Cara Mengamplas Dempul Mobil Dengan baik dan Benar

Nah jika saat ini anda mencoba mengecat sendiri dan hasil akhirnya kasar, dibawah ini kami akan bercerita sedikit tentang bagaimana cara mengamplas clear coat yang benar.

Pertama pastikan celar sudah mengering keras. Dibutuhkan waktu sampai 5 jam pernis mengering keras itu pun terggantung jenis celar yang digunakan. Jika masih ragu anda dapat menunggunya selama 12 jam jika suhu bsedang cerah. Bila lapisan bawah cat masih basah bila dipaksa diamplas justru nanti akan merusak lapisan pernisnya.

Setelah kering siapkan amplas nomor 2000, untuk memudahkan pengamplasan basahi permukaan cat serta amplas yang digunakan terlebih tentunya pakai air yang bersih. Kerasnya cat ini bisa anda cek dengan menekanya pakai tangan, jika tidak meninggalkan bekas menandakan 100% kering.

Amplas permukaan clear hingga halus saat diraba ditandai dengan berubanya warna yang awalnya mengkilap jadi ngedoff setelah diamplas. Jika masih pemula yang perlu diperhatikan saat proses ini adalah hati-hati pada saat mengamplas terutama pada bagian pojok yang rawatn cat botak akibat terkikis amplas.

Baca juga Perbandingan Cat dan Thinner Untuk Cat Mobil dan Motor

Saat pengamplasan nanti akan keluar butiran kecil halus yang bercampur air berwarna putih. Jika menemukan hal ini anda tak perlu panik. Itu merupakan biang cat yang tergerus amplas.


Untuk mendapatkan hasil maksimal seperti cat pabrik, lakukan pengamplasan hingga rata dan seluruh cat menjadi ngedoff atau sampai pori-pori cat menghilang.

Baca juga Cara Mencairkan Dempul Yang Kering Dan Beku

Saat berubah jadi ngedoff anda tak perlu panik karena nanti akan kembali lebih mengkiap dan lebih halus saat dilakukan pemolesan.

Untuk mempoles cat baru ini pun sangat lah mudah yaitu dengan merataakan rubbing compound(kompon) pada cat kemudian gosok beberapa kali sampai bekas amplasan menghilang. Jika memiliki mesin poles mungkin proses ini akan sangat mudah dan tak perlu banyak tenaga.

Mungkin setelah anda membaca artikel ini sudah tahu bahwa hasil cat dibengkel pingir jalan tidak jauh beda dengan cat oven atau cat bengkel resmi, bahkan bisa dikatakan sangat mirip dan sulit untuk menemukan perbedaanya.

Melakukan finishing dengan benar tentu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jadi mengamplas celar coat yang baru juga perlu diperhatikan, semakin halus maka semakin kilap pula saat dipoles.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel