Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap


Suryadidik.com - Proses pengecatan merupakan langkah yang bertujuan untuk memperbaiki mobil yang penyok, lecet, mobil habis nabrak atau bisa saja sekedar untuk ganti warna. Banyak sih bengkel cat mobil pinggir jalan namun tak sedikit yang mengusai semua tekniknya baik proses awal mendempul hingga finishing mempoles

Setidaknya ada 6 urutan cara mengecat mobil, mulai dari pelapisan epoxy filler sebagai pelapis karat pada permukaan logam, pendempulan, pelapisan epoxy filler kembali untuk menutup pori-pori, proses cat, clear coat dan mempoles cat di akhir finishing.

Jika semua proses dilakukan dengan benar  dan menggunakan teknik yang tepat tentu mendapatkan hasil yang maksimal mengkilap layaknya seperti mobil baru beli. Selain cara mendempul yang cukup jika belum ahli, proses mempoles cat baru ini juga menjadi penentu mengkilap tidaknya mobil tersebut.

https://www.suryadidik.com/2019/12/bengkel-cat-mobil-body-repair-pati-jawa.html

Lalu bagaimana tips yang benar mempoles mobil yang baru dicat ??

Untuk dapat kilap maksimal setidaknya memiliki 3 tahap mulai dari pengamplasan celar coat yang suda kering, mempoles dengan rubbing compoun dan terakhir proses waxing.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Jika belum tahu, waxing adalah tahapan ke 3 yang berfungsi untuk menghilangkan bekas bekas kompon yang penempel dipermukaan cat. Bekas kompon ini seperti bayang-bayang kabut putih yang  wajib diilangkan. Fungsi lain adalah untuk menembah daya kilap cat. Dulur bisa memakai produk yang sudah familiar seperti turtell wax, enamoll serta kit.

Cara mempoles mobil dengan mesin poles

https://www.suryadidik.com/2019/12/bengkel-cat-mobil-body-repair-pati-jawa.html

Proses pemolesan sendiri ada 2 metode yakni secara manual dengan tekana tangan dan pakai mesin. Dengan menggunakan mesin hasil yang di dapat pun lebih maksimla namun kembali dengan pakai teknik yang tepat.

Mempoles cat sendiri bisa dimulai bila clear coat sudah mengering keras yang terkadang butuh waktu 8 jam penuh clear kering keras.

Baca juga Jangan Keliru..Ini Lah Cara Menggunakan Clear Autoglow yang Benar 

Tentu cat tidak langsung dipoles dengan mesin melainkan harus diamplas terlebi dahulu untuk menghaluskan serta mengilangkan partikel debu serta hewan kecil yang ikut menempel.Pengamplasan ini juga tertujuan mengilangkan cat kulit jeruk.


Oke kembali ke pembahasan utama sebelum di poles amplah cear terlelih dahulu secara menyeluruh pada panel yang sudah dicat. Biar hasilnya nanti halus, dulur bisa memakai amplas nomor 2000. Terkadang ada pula yang memakai amplas 1500, menggunakan amplas 1500 memang mempercepat pengamplasan. Karena tekstur amplas 1500 lebih kasar jadi celar coat akan terkikis terlalu banyak yang berdampak cat cepat kusam. Jadi standarnya untuk mengamplas clear adalah nomor 2000.



Tahap mempoles mobil yang baru dicat adalah pemolesan menggunakan mesin. Ratakan kompon putih ke seluru panel, nyalakan mesin dan siap untuk dipoles.

Cara menggunakan mesin poles ini juga ada tekniknya lo dulur, harus ditekan supaya cat cepat matang dan mengkilap. Jika cuman ditempel pada permukaan cat atau hanya ngambang maka mengkilapnya kurang sempurna. Jadi harus ditekan dan lakukan berulang kali hingga bekas amplasa menghilang.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Clear Meleleh

Karena mesin berputar kencang jika bekum terbiasa berhati-hatilah saat memakainya terutama saat dibagain sudut. Tak sedikit para tukang poles pemula yang terlalu ceroboh dan berbuntuk cat terkikis. Masin ini hanya bisa digunakan pada permukaan yang rata, jadi juga tidak bisa dijangkau dengan mesin anda dapat mengompon nya secara manual pada bagian yang sempit.


Pemolesan diatas bisa memakai kain woll maupun busa. Jika pengen hasilnya juoss gunakan kain wall terlebih dahlu kemudian ulangi dengan memakai busa. Agak lama sih memang harus dua kali kerja namun anda akan merasa puas dengan hasilnya.

Jika sudah selasai bersihkan debu bekas pengomponan secara menyeluruh. Butiran debu bekas kompon ini akan menempel dan mengeris jika tidak segera dihilangkan. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan dibagian sempit seperti sela--sela handle pintu maupun pada sela dumper.

Baca juga Fungsi Dempul Wanda/Dempul Odol Dan Cara Menggunakanya

Lanjut ke tahap berikutnya proses waxing. Biar obatnya meresap atau istilah jawanya netel, pakailah mesin poles yang busanya sudah diganti spons khusus waxing berwarna hitam. Pakai sponse warna putih juga bisa asalkan bukan bekas kompon. Jadi busa kompon dan waxing harus disendirikan oke.

Saya sendiri kalau wax mobil yang baru dicat sering memakai turtell wax dengan cara mengolesnya dengan rata kemudian poles dengan mesin. Lakukan pemolesakn berulang-ulang agar obat wax merata dan menyatu dengan clear coat.

Biar makin juoss, ulangi waxing secara manual memakai kain microfiber khususnya pada bagian sudut yang tidak bisa pakai mesin.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan hasil maksimal mempoles mobil yang baru dicat ada harus melewati 4 tahpan mulai dari :

  • Mengamplas clear coat dengan amplas nomor 2000
  • Mempoles dengan kain wall
  • Diulangi kembali dengan memakai busa/spons
  • Dan terakhir adalah wax untuk mengilangkan bekas kompon yang terlihat seperti bayangan kabut.
Proses wax pada mobil ini anda akan mendapat 2 keuntungan, bisa menambah daya kilap serta sebagai pelindung cat dari paparan panas mataari langsung.

Oke dulur-dulur diatas merupakan tips yang benar bagaimana cara mempoles mobil setelah dicat, dengan teknik finishing yang benar tentu hasil yang didapat akan lebih maksimal. Diatas merupakan real pengalaman sendiri bertahun-tahun dan selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel