Cara Wax Mobil Untuk Kilap Yang Lebih Baik


Suryadidik.com - Hallo dulur otomotif.. Tak sedikit pemilik mobil yang mungkin belum paham bagaimana cara tekni merawat cat mobil yang baik dan bernar baik itu warna hitam, merah maupun putih. Untuk membuat mobilnya tetap awet mereka cukup melakukan perawatan seperti mengganti oli maupun servis ringan saja. Untuk sekedar perawatan exterior mereka lebih cukup menyerakanya ke tempat cuci mobil atau mencuci sendiri dirumah dengan air dan sabun saja, padahal dengan anya mencuci tentu belum membuat tampilan mobil kembali kinclong terutama mobil yang sudah pernah di cat ulang.

Tidak hanya melakukan poles bodi, untuk mengkilapkan warna cat yang kusam ada cara yang dapat ditempuh yakni dengan melakukan proses wax. Tidak hanya mengkilapkan waxing juga bisa jadi pelindung cat dari paparanan panas matahari secara langsung. Jika diibaratkan sepatu, maka wax layaknya semir sepatu. Suatu lapisan yang dioleskn secara tipis hingga terliat mengkilap serta dapat terhindar darri butiran debu yang membuat mobil kusam.

Disamping dapat mempercayakan di jasa auto detailing, memberikan lapisan wax dapat kamu lakukan sendri dirumah, selain lebih irit kamu jadi tau bagaimana metode melakukan perawatan eksterior dan interior yang baik dan benar.

Manfaat Melapisi Cat Mobil Dengan Waxing

Disamping membuat tampilan cat mobil jadi kinclong, dengan memberikan lapisan wax anda mendapatkan dua keuntungan mengkilapkan serta jadi pelindung cat dari paparan sinar ultraviolet dari panas matahari. Tentu kita sudah tahu sinar ultravilolet terkenal paling tajam yang dapat mempersingkat memudarnya warna cat mobil.

Baca juga Cara Mengatasi Kaca Depan Mobil Yang Bocor 

Lapisan wax ini layaknya water repellent atau efek daun talas, dimana air hujan atau air lainya yang jatuh ke permukaan cat mobil akan langsung jatuh kebawah dan tidak meninggalkan bekas bercak air(water spot).

Dengan begitu proses proses membasuh mobil akan sangat mudah, cukup dengan mengelapnya pakai lap camois  cat mobil akan kinclong kembali. Karena bersifat licin, bakan partikel debu yang nampel sangat muda dihilangkan dengan mengelapnya beberapa kali saja. Unttuk hasil yang maksimal pemberian lapisan wax pun tidak sembarangan. ada sejunlah langkah/step by step yang harus dilkakukan. Apa saja urutanya ? mari kita simak dengan baik tahapan dari awal sampai maxing pada mobil yang kusam.

Baca juga Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Cara Wax Pada Body mobil 

Sebelum anda melapiskan wax pada body mobil, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan mencuci mobil hingga bersih kemudian keringkan terlebih dahulu. Biar cepat kering gunakan lap kanebo/chamois untuk menyerap sisa air yang masih menempel. Dengan begitu lapisan waxing semakin kuat menempel serta membutnya bertahan lebih lama.

Tahap selanjutnya adalah mengoleskan obat wax pada permukaan body mobil. Dipasaran sendiri banyak dijual berbagai merk cairan khusus waing antara lain turtell wax, enamoll ataupun kit multiguna. Sebagai referensin ada baiknya memakai turtell wax yang perbotolnya dijual 95rb.

Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah

Tuangkan cairan wax pada sponse yang sudah tersedia saat membeli cairan(jika tidak ada gunakan busa yang lainya). Kemudian ratakan pada permukaan body mobil dengan gerakan memutar secara menutar dan berilah sedikit tekanan. Jika sudah rata ulangi kembali dengan menggosoknya pakai lap yang bersih dan halus, untuk hasil yang maksimal disarankan memakai lap microfiber. Semakin lama anda mengelapnya dengan gerakan menutar semakin bagus pula hasil yang di dapat.


Jika memakai cairan yang berbentuk semprot, dulur tinggal menyemprotkan saja dan gosok seperti tahap yang diatas tadi.

Tips Memaksimalkan Proses Wax

Untuk emndapatkan hasil yang terbaik usahakan saat mengaplikasikanya pada saat kondisi mobil bersuhu dingin, bisa dilakukan saat pagi maupun malam hari. Mengapa demikian ? suhu yang panas membuat cairan wax cepat mengering sebelum diratakan, dan itu artinya cairan tidak melekat dengan maksimal.

Biar bertahan lebih lama gunakan mesin poles dengan memakai sponse khusus wax yang berwarna hitam(jika memilikinya). Karena perputaran mesin lebih kencang dari tangan maka cairan dapat melekat lebih kuat.

Baca juga Dampak Buruk Menggunakan Odol Untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil 

Berapa lama lapisan wax bertahan ?

Lama tidaknya sih tergantung perawatanya ya jika tanpa perawatan 1-2 bulan cat kembali kusam. Namun bila rutin menjaganya seperti, selalu membersikan jika banyak debu yang menempel serta mencucinya saat kehujatan dan memparkirkan mobil ditempat yang teduh bukan tidak mungkin dapat bertahan 4 bulan bahkan lebih. 

Nah itulah tadi tips yang sudah saya aplikasikan dibengkel sendiri bertahun-tahun. Dengan mengetahui cara wax/waxing pada body mobil diatas dimaksutkan agar dulur dapat melakukanya sendiri dirumah disela lebiur natal dan taun baru ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel