Cara Mencairkan Kompon Mobil Yang Sudah Kering


Cara Mencairkan Kompon Mobil Yang Kering - Pada pengerjaan atau repaire body mobil yang ada dipinggir jalan banyak yang menggunakan kompon sebagai proses finishing setelah selesai dicat. Fungsi kompon sendiri untuk menghaluskan serta mengkilapkan body mobil bahkan juga bisa diaplikasikan pada dek motor yang kusam.

Dipasaran sendiri kompon dijual dalam berbagai ukuran mulai dari 1kg, 1/4kg atau 1ons tergantung kebutuhan. Si pasta putih ini memang masih jadi andalan sebagai pengilang baret tanpa perlu membawanya ke bengkel. Tak cukup sampai disitu kompon juga bida dipakai untuk mengilangkan warna kuning pada headlamp.


Kerena pemakaianya cukup simpel tingal oles langsung gosok, tak jarang jika masih tersisa kompon cepat kering. Jika suda kering tentu sulit digunakan kembali, bahkan banyak yang membuang nya akibat tidak bisa dipakai

Namun ditangan saya kompon mobil yang kering masih bisa dipakai dengan cara mencairkanya terlebih dahulu. Penasaran bagaimana caranya ??

Baca juga Cara Wax Mobil Untuk Kilap Yang Lebih Baik 

Anda cukup menyiramkan air secukupnya lalu aduk rata agar kompon kembali cair. Cukup simpel bukan cara mencairkan kompon mobil yang kering.

Apakah kompon yang sudah kering masih efektif digunakan ??

Saya sendiri sudah memakai trik ini dan hasilnya tidak sedikitpun mengurangi khasiat kompon itu sendiri. Jadi anda tak perlu ragu untuk melakukanya juga, dibuangkan saya.

Sebaiknya biar kompon ngak cepat kering tutuplah rapat jika sudah tidak digunakan serta taruh ditempat yang tidak terkena panas langsung.

Baca juga Kenali Perbedaan Polish dan Wax Untuk Mobil Anda 

Jenis-jenis kompon dan kegunaanya 

1. Kompon merah

Seperti namanya kompon ini memiliki warnah kecoklatan, Pada pengerjaan body repair penngunaan kompon merah ini sangat tidak disarankan dengan alasan daya kikis kompon merah ini paling kuat dari jenis lainya. Umunya diapakai untuk menghilangkan/menyamarkan sambungan clear coat. Jadi jangan gunakan kompon ini untuk melakukan poles body.

2. Kompon putih

Jenis yang kedua ini yang paling digunakan baik untuk mempoles mobil setelah dicat atau sekedar mempoles mobil yang sudah kusam. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai pengilang noda kuning pada headlamp serta mengilangkan bercak air(wafer spot) pada kap mobil. Pokok e bisa dikatakan kompon putih ini emang multifungsi.

Karena pemakainya sangat mudah dan tak perlu takuk mengkikis cat terlalu dalam, banyak yang lebih senang menggunakan kompon putih sebagai perawatan mobil sendiri.

3. Kompon Cair

Jenis kompon ketiga ini biasanya hanya dapat ditemui diberbagai salon mobil yang lebih meracik konpon sendiri. Karena dibuat sendiri jadi tidak akan anda jumpai diberbagai toko maupun minimarket. Kompon ini sangat aman digunakan karena sudah dicamur dengan bahan lain termasuk air yang dimangsudkan untuk menggurangi daya kikis saat mempoles cat.

Baca juga Tips Menghilangkan Jamur dan Noda Kuning Pada Handle Warna Chrome

4. Kompon Bakar

Jenis terakhir adalah compound bakar, kebalikanya dengan diatas kompon bakar ini justru memiliki daya kikis cat yang paling kuat. Berbeda dari ketiga jenis diatas kompon bakar sangat cepat mengkilapkan cat mobil yang sudah mulai kusam akibat jamur terlalu tebal. Untuk mempercepat waktu tak sedikit jasa poles bodi yang memakai jenis ini untuk mempercepat proses pengerjaan.

Catatan : Karena bersifat mengkikis cat terlalu kuat jadi tidak dianjurkan digunakan bagi yang tidak memiliki teknik khusus..

Oke dulur otomtif.. diatas merupakan trik bagaimana cara mencairkan kompon mobil yang kering serta berbagai jenis compoud yang menambah wawasan anda untuk proses detailing mobil diakhir tahun nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel