3 Cara Termudah Menghilangkan Baret Pada Mobil Silver - Suryadidik.com


Cara menghilangkan baret pada mobil silver - Istilah baret tentunya sudah tidak asing lagi bagi para otomania. Beretan atau akrab disebut dengan lecet atau goresan pada body mobil memang sering kita jumpai pada mobil warna hitam. Karena mobil warna hitam akan sangat terlihat bila terjadi lecet atau goresan. Namun, tidak menutup kemungkinan mobil warna lainya seperti silver, putih dll juga bisa terlihat jika terdapat goresan.

Lecet pada body mobil biasanya terjadi karena beberapa hal seperti terkena ranting pohon, percikan batu krikil dijalan, terkena trotoar saat parkir bahkan yang lebih parah karena habis dipakai tabrakan dan lain sebagainya.



Sebenarnya cara menghilangkan baret pada mobil silver gampang-gampang susah. Bagi orang yang sudah berpengalaman tentunya goresan pada bodi mobil akan mudah untuk dihilangkan. Namun bagi anda yang pemula di dunia otomotif untunya akan bingung dan share sana sini bahkan sampai buka mbah google untuk mencara tips cara menghilangkan goresan pada body mobil.

Jika saat ini mobil anda mengalami lecet tidak usah terburu-buru untuk membawanya ke bengkel. Karena tak sedikit ongkos yang anda keluarkan.  Anda cukup mengikuti tips dibawah ini dan langsung mempraktekan sendiri dirumah. Lumayan kan bisa ngirit ongkos untuk bayar jasa bengkelšŸ˜šŸ˜

Sebelum anda mengetahui cara menghilangkan baret pada mobil silver, alangkah baiknya anda terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis baret.

Sebenarnya baret atau goresan pada mobil terbagi menjadi tiga jenis diantaranya :
  • Baret ringan, merupakan jenis baret yang termasuk baret yang tidak terlalu merusak lapisan cat mobil. Dalam arti, goresanya cukup kecil dan hampir tidak terlihat. Goresan ini biasanya terjadi karena terkena cakaran kuku, terkena kain yang kasar dan lain sebagainya.
  • Baret sedang, merupakan goresn yang tergolong tidak terlalu dalam dan tidak terlalu merusak susuan pada cat mobil. Jenis baret ini biasanya terjadi karena terkena ranting pohon,terkena cakaran kucing,tergores suatu benda saat parkir dan lain sebagainya.
  • Baret dalam, adalah jenis baret yang cukup parah. jenis baret yang terakhir ini bahkan bisa merusak susunan cat pada mobil dan membuatnya terlihat sangat jelas. Jenis baret ini biasanya terjadi karena mobil habis dipakai nabrak suatu benda yang keras atau habis dipakai tabrakan. Sehingga membuat lapisan dasar cat mobil akan terlihat. salah satu mengatasi baret dalam ini adalah proses pendempulan dan pengecatan. Untuk belajar mendempul anda bisa membaca cara mudah mendempul mobil dengan baik dan benar
Nah.. Berikut ini adalah tips cara menghilangkan lecet pada mobil yang sengaja kami buat sedemikian rupa agar mudah dipahami

1.  Gunakan Kompon Untuk Mempoles

Cara menghilangkan baret pada mobil silver yang pertama adalah dengan menggunakan kompon. Selain untuk mobil kompon juga bisa untuk menghilangkan baret pada dek sepeda motor. Untuk cara menghilangkan goresan pada cat mobil dengan kompon, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Pastikan mobil dalam keadaan bersih, terutama pada bagian yang terkena baret. Jika bodi mobil masih kotor alangkah baiknya anda bisa mencucinya terlebih dahulu agar bekas goresan terlihat semua.
  • Jika mobil sudah bersih, keringkan mobil dengan kain halus atau bisa menggunakan kanebo. Dan jangan lupa untuk menyiapkan kompon, obat pengkilap(kit,turtell dll) dan juga kain yang bersih dan halus.
  • Kemudian oleskan kompon secara merata pada area cat mobil yang terna baret. Setelah merata gosok menggunakan kain yang halus jika bekas masih sulit hilang, oleskan kembali kompon dan lakukan pemolesan dengan kain hingga lecet pada body mobil hilang. 
  • Setelah bekas baret hilang, oleskan obat pengkilap secukupnya dan gosok kembali hingga bekas kompon menghilang dan cat mobil kembali mengkilap.
  • Perlu anda ingat, gunakanlah kompon secukupnya saja jika cat mobil terlalu sering dikompon cat semakin akan terkikis dan bisa merusak lapisan cat mobil anda.
2. Gunakan Pasta Gigi Untuk Menghilangkan Baret

Selain fungsinya untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi sekarang banyak digunakan untuk mempoles bagian mobil yang baret. Namun, tidak semua pasta gigi bisa digunakan ya...Gunakanlah pasta yang berwarna putih seprti merk pep..dent tidak dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi yang berbentuk jelly. 

Berikut adalah cara menghilangkan goresan pada mobil menggunakan pasta gigi
  • Untuk langkah yang pertama,bersihkan dahulu area yang terdapat luka lecet pada mobil. Pembersihan ini bertujuan agar mempermudah proses menghilangakn goresan pada mobil anda.
  • Setelah bersih kemudian oleskan pasta gigi secukupnya pada area lecet kemudian basahi kain yang halus dengan sedikit air dan lakukan proses pengosokan.
  • Lakukan proses penggosokan secara berulang-ulang dengan gerakan memutar hingga bekas goresan cat mobil benar-benar hilang.
  • Perlu anda ingat, pasta gigi hanya bisa digunakan untuk mengilangkan goresan ringan saja jika diaplikasikan pada goresan yang cukup dalam maka akan sia-sia.
3. Menggunakan Obat Nyamuk

Mungkin saat ini and berfikir apakah bisa obat nyamuk bisa menghilangkan baret ?? tentu saja bisa !!
Dari pada anda penasaran sebaiknya anda bisa langsung mempraktekkanya sendiri. Cara ini tergolong paling ampuh dan murah pastinya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan
  • Langkah pertama tentunya anda harus membeli obat nyamuk diwarung terlebih dahulu. Agar lebih irit anda bisa membeli obat nyamuk shasetan. Anda bisa membeli obat nyamuk merik apapun ingat yaa obat nyamuk oles bukan obat nyamuk bakar. 
  • Siapkan kain yang kering. Pastikan kain benar-benar kering karena jika kain yang basah. Mengapa ?? karena kain yang basah akan menggurangi khasiat dari obat nyamuk.
  • Tuangkan obat nyamuk secukupnya pada kain yang kering kemudian oleskan bagian mobil yang terkena goresan. Oleskaan obat naymuk secara melingkar dan merata pada seluruh bagian yang baret.
  • Tunggu hingga 15-20 menit agar obat nyamuk mulai bereaksi. Setelah itu gosok dengan gerakan memutar dengan kain yang kering. lakukan berulang-ulang hinga goresan mulai hilang. Anda juga bisa membaca 7 cara menghilangkan jamur pada kaca mobil
  • Setelah goresan hilang, bilas dengan air hingga sisa-sisa obat nyamuk hilang.
Jika bekas goresan pada body mobil cukup dalam, tak perlu panik dan binggung kami masih mempunyai cara menghilangkan goresan yang cukup dalam atau bisa dikatakan goresan sedang.

Langsung saja ngak usah panjang lebar ngomongya berikut adalah cara menghilangkan goresan yang cukup dalam

Pertama anda harus penyiapkan peralatan seperti
  • Amplas air nomor 2000
  • Kompon 
  • Kain yang halus dan 
  • Obat pengkilap
setelah peralatan lengkah, langkah pertama untuk menghilangkan goredan pada mobil adalah dengan melakukan proses pengamplasan. Apakah ngak tambah baret tu catkok diamplas !!

Tenang, disini amplas yang digunakan adalah amplas yang paling halus jadi bekas amplasan tidak akan terlihat.

Lakukan pengamplasan pada area yang lecet dengan hati-hati. Jika lecet sudah mulai hilang, hentikan proses pengamplasan karena jika cat terus diamplas maka clear coat akan menipis dan bisa mirusak cat.

Untuk menghilangkan bekas amplaskan lakukan proses pemolsan dengan konpon. Oleskan kompon pada area yang telah diampas kemudian gosok hingga bekas amplasan menghilang dan cat kembali kilap. Selain bisa menghilangkan lecet proses pengamplasan juga bisa untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil

Setelah pengomponan selesai kemudian lakukan pemolesan menggunakan obat pengkilap hinga bekas kompon mulai hilang dan cat mobil pun semaikin mengkilap.

Jika bekas lecet tergolong cukup dalam, mau tak mau anda harus membawanya ke bengkel untuk menghilangkan baret tersebut.

Selain bisa diaplikasikan pada mobil, kompon, obat nyamuk, pasta gigi juga bisa anda gunakan untuk menghilangkan beret pada cat motor.

Demikianlah tadi seputar info cara menghilangkan baret pada mobil silver Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

NB : Jika berniat membawanya ke bengkel,  anda bisa membawanya di bengkel kami yang beralamat di Ds Dengkek kab Pati Jawa Tengah WA/tlp 085640379019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel