Kenali Perbedaan Polish dan Wax Untuk Mobil Anda


Perbedaan polish dan Wax Pada Mobil - Berbagai metode perawatan ditempuh untuk membuat tampilan mobil selalu terlihat mengkilap meskipun mobil sudah dicat ulang. Mulai sekedar mencuci dengan air sabun yang bermangsud untuk menghilangkan percikan lumpur maupun aspal yang menempel pada permukaan cat.

Namun mencuci dengan air dan shampo saja tidak cukup membuat cat berkilau kecuali mobil baru beli dari dealer. Diperlukan detailing khusus untuk mengkilapkan kembali serta menjaga cat agar senantiasa kinclong setiap waktu. Sebarnya ada 2 cara ampuh untuk mengkilapkan mobil yang kusam mulai dari proses polish dengan rubbing compound serta proses wax yang saat ini memang tengah populer.

Mungkin kita masih dibinggungkan apa perbedaan polish dengan wax, pada prinsipnya kedua cara ini memiliki perbedaan baik dari segi proses mengaplikasikanya maupun dari bahan yang dipakai.

Baca juga Cara Wax Mobil Untuk Kilap Yang Lebih Baik  

Dikutip dari gridato.com, poles berasal dari kata polish yang artinya mengkilapkan.Tujuan melakukan poles bodi adalah untuk menghaluskan cat yang kasar serta menghilangkan jamur yang jadi biang kusamnya mobil. Sedangkan wax lebih mengarah ke proteksi atau perawatan cat.

Proses pengerjaan poles bodi lebih kearah untuk memperpaiki cat mobil yang kusam serta berjamur dengan cara mengikis lapisaan atas cat yang kusam menggunakan rubbing compound. Bahkan ada yang diamplas terlebih dahulu sebelum dipoles jika jamur yang menempel tergolong parah.

Proses Poles Bodi
 Meskipun terlihat kembali kinclong namun permukaan cat akan semakin menipis, jadi jangan terlalu sering untuk melakukan poles bodi.

Sedangkan proses wax lebih mengarah ke perawatan yang difungsikan sebagai pelapis cat agar warnanya tidak cepat kusam. Berbeda dengan poles yang memakai kompon, waxing pada mobil menggunakan cairan khusus yang bersifat tidak mengikis cat seperti turtell wax maupun kit multiguna.

Proses Wax di bengkel Autoclinic

Ada baiknya setelah mobil dipoles anda bisa melapisinya dengan wax untuk melindungi warna cat yang sudah terang agar cat tidak cepat kusam.

Baca juga Cara Ajaib Hilangkan Noda Bercak Air di Kap Mobil Dengan Mudah

Kesimpulanya adalah polish atau poles bodi dilakukan untuk menghaluskan serta mengkilapkan kembali warna cat yang sudah kusam yang bersifat mengikis cat. Sedangkan wax pada mobil bertujuan untuk merawat cat agar selalu terliat kinclong serta sebagai pelindung sinar ultraviolet yang dapat merusak struktur lapisan cat.

Bila body mobil masih terlihat mulus tidak perlu di poles bodi, cukup di wax saya agar warna mobil tetap mengkilap dan terjaga dari panas matahari.

Sebaliknya bila mobil yang kusam serta berjamur langsung di wax maka akan percuma atau tidak dapat mengembalikan kilau cat. Jadi harus dikilapkan terlebih dahulu dengan mempolesnya.

Baca juga Cara Mengatasi Kaca Depan Mobil Yang Bocor

Apakah wax merusak cat mobil ? Seperti yang sudah saya singgung diatas, wax dilaukan untuk melindungi warna mobil agar tetap mengkilap tanpa mengikis lapisan cat. Jadi sangat aman sekali meski dilakukan berulang-ulang.

Jika tidak ada waktu untuk melakukan sendiri dirumah perawatan seperti poles bodi mobil yang kusam dikenakan tarif 300rb tergantung besar kecil kendaraan. Sedangkan untuk biaya wax mobil 150-200rb tergantung ukuran mobil.

Dengan mengetahui perbedaan polish dan wax, Setidaknya anda akan tahu mana perawatan yang paling cocok diaplikasikan pada mobil anda. Jangan binggung dan selamat mencoba..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel