Jenis dan Tipe Spray Gun Yang Cocok Untuk Cat Mobil

Jenis dan tipe spray gun yang cocok untuk cat mobil - Hallo dulur.. Beda dengan mengecat motor proses repiar mobil lebih rumit dan butuh waktu yang lama. Bahkan untuk full body bisa 10 hari bahan lebih bila kerusakanya tergolong parah seperti beberapa bagian ada yang kropos dimana butuh pengelasan untuk menambalnya. Tak heran bila biayanya juga lebih mahal bisa 5 jutaan atau lebih tergantung besar kecil kendaraan serta kualitas bahan yang dipakai.

Cat mobil sendiri terdiri dari 4 lapis dimulai lapisan paling awal epoxy primer sebagai lapisan anti karat, cat dasar, top coat terkahir adalah clear coat. Untuk pernis terdapat dua pilihan yakni untuk mengkilapkan/glossy dan doff/matte. Sebetulnya semua tahapan bisa dikatakan cukup mudah ya masbro hanya saja terkadang menemu kendali seperti cat keriting atau clear yang meleleh. Namun semua permasalahan tersebut bisa teratasi dengan gampang bila tahu caranya. 

Untuk menghindari kejadan yang tidak dinginkan sebaiknya perhatikan beberapa faktor sebelum proses repair dimulai :

  • Lokasi

Seabiknay proses mengecat dilakukan diruangan tertutup untuk menghindari beberapa residu baik debu berterbangan atau serangga kecil yang sering hinggap saat proses clear coat berlangsung.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Jik tidak memungkinkan paling tidak lokasi akan terdapat atap untuk menghindari hujan serta pantulan matahari secara langsung. Terlebih saat musim hujan seperti ini tentu akan menggangu perjaan anda. Namun saran saya sebaiknya saat hujan atau mendung tunda dulu pengecatan, langkah ini untuk menghindari cleaar atau cat berembun yang berdampak buruk setelah kering nantinya.

  • Bahan


Bila mengingingkan cat kualitas tinggi sebaiknya pakai bahan auto refinish tipe PU, baik untuk cat, thinner maupun clear coatnya. Selain memberi warna tajam dan tidak cepat pudar penggunaan thiner PU untuk clear juga meningkatkan daya glossy dan lebih cepat kering/keras meski tanpa mesin oven.

  • Peralatan yang dipakai 


Untuk menunjang pekerjaan agar berjalan mulus menyiapkan peralaatan juga tak kalah penting. Dimulai dari kompresor, untuk cat mobil paling minim memakai ukuran 3/4 HP yang mampu memberi tekanan angin 8 bar. Sedangkan untuk alat semprotnya sebaiknya gunakan merk spray gun berkualitas ya masbro. Dan yang tak kalah penting adalah mempersiapkan mesin poles ukuran 5/6 inchi, bisa pakai woll pad atau foam pad

Jenis dan tipe spray gun yang cocok untuk cat mobil

Pemilihan spray gun khususnya untuk mengecat mobil juga tak mobil hasil ya masbro. Pasalnya untuk menghasilkan permukaan cat yang halus dan tidak belang butuh kriteria yang mumpuni. Pasalnya fungsi spray gun ini sangat lah fital masbro, menentukan baik tidaknya hasil repair anda.

Baca juga Penyebab dan Cara Atasi Spray Gun Tidak Keluar Cat

Untuk cat mobil palaing  minim pakai ukuran F75, mengapa demikian ? Sebenarnya sah-sah saja pakai k3 atau r3 hanya saja proses pengerjaan bisa lebih lama. Jadi butuh spray gun yang mampu menyemprotkan cat dengan jarak lebar paling tidak satu jengkal tangan.

Selain mempercepat perngerjaan menggunakan speaygun ukuranya lebih besar juga untuk meminimalisir warna atau clear coat tidak rata bahkan belang khususnya untuk cat silver yang karakternya lebih sulit. Salah sedikit saja warnanya jadi menghitam atau terlihat gosong nampak seperti awan hitam. 

Pilihlah spray gun yang mampu menyemburkan/mengeluarkan partikel cat lebih halus seperti kabut dan pecah tengah serta semburan cat/clear coat yang keluar harus merata dan padat disetiap sisinya baik saat keadaan vertikal maupun horizontal. Jika keluarnya tebal tipis saran kami jangan digunakan, kalau untuk epoxy sih tidak begitu maslah ya...

Baca juga Jeda waktu Antara Cat Inti dan clear Coat

Bila menginginkan hasil yang lebih bagus sebaik nya khusus untuk clear Coat gunakan spray gun F100, dengan begitu hasil pernis terlihat lebih halus serta proses pengerjaan dapat dipercepat karena mampu cemprotkan clear Coat dengan ukuran yang sangat lebar dibanding F75.

Nah demikain tadi jenis dan tipe spray gun yang cocok untuk cat mobil. Kedua tipe tadi F75 dan F100 merupakan ukuran spraygun yang sering kami gunakan saat proses mengecat mobil maupun clear Coat. Untuk menjaga agar tetap awet dan selalau dalam performanya setelah dipakai langsung dibersihkan ya masbro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas