Penyebab dan Cara Atasi Spray Gun Tidak Keluar Cat

Penyebab dan cara mengatasi spray gun tidak keluar cat - Haloo dulur.. Masalah Nozzel buntu merupakan hal wajar yang sering ditemui saat mengecat baik itu saat proses epoxy atau clear coat. Mungkin bila masih pemula terasa kebingungan pasalnya bila speet mampet semburan cat yang keluar akan pecah dan itu berdampak buruk bila tetap digunakan.

Secara umum spraygun terdapat 2 pilihan yakni tabung atas dan bawah, tentu keduanya memiliki plus minus tersediri. Untuk saya sendiri lebih sering pakai yang tabung atas ya, pasalnya lebih irit dan mudah diapliaksikan bagi siapa saja bahkan yang belum pernah jajal sekalipun.

 

Jenis-jenis Spray Gun Untuk Cat

 


Di idonesia bahkan luar negeri terdapat 4 pilihan yang bisa dipakai buat ngecat mobil, tembok, besi, kayu atau lain sejenisnya. Tentu keempat nya memerlukan tekanan angin serta cara mengapliaksikanya.Yaa serupa tapi tak sama lah masbro,,..

1. Spray Gun Listrik

Seperti namanya spray gun pertama ini tidak memakai kompresor sebagai penghasil udara, pasalnya sudah memakai tenaga listrik untuk mengelurkan sebagai pelontar catnya. Bagi pemula yang ingin belajar mengecat mobil namun terkendala alat teknolgi ini bisa jadi solusinya. Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik Untuk cat Mobil

2. Spray Gun HVLP

High Volume Low Pressure berarti volumematrialdan udara tinggi dialihkan menajdi tekanan yang lebih rendah. Ini berati matrial cat lebih ringan didorung keluar secara keseluruhan, jadi bisa dikatakan spray gun teknologi hvlp lebih irit. Untuk satu cup isi 200ml saja mampu mengecat 2 panel pintu mobil sekalipun dengan setelan tekanan angin yang pass.

3. Jenis Spray Gun LVLP

Low Volume Low Pressure merupakan perkembangan dari teknologi sebelumnya HVLP. Penggunaanya cukup pakai tekanan udara rendah , sehingga tidak boros akibat terbawa angin. Kelebihan yang paling menonjol adalah dapat dipakai berbagai kebutuhan, baik proses coating, sealer atau untuk poxy sekalipun tanpa perlu mengganti ukuran nozzelnya. Namun spray gun ini tidak cocok dipakai buat bidang furnitur yang luas.

4. Spray Gun Airless

Berbeda dengan yang diatas, spray gun airless yang butuh tekana angin cukup kencang untuk proses antomisai cat jadi kabut. Cat akan keluar memalui lubang kecil orrifice, dengan tekanan yang tinggi akan mempermudahkan untuk mengerakakan pada bidang yang diinginkan. Bahkan tekananya mampu mencapai 1000 psi (68 atm).

5. Spray Gun Air Assited Airless

Spraygun terakhir ini merpakan hasil modifikasi dari teknologi airless yang butuh tekanan udara tinggi saat proses antomisasi cat. Saat material cat dialirkan melalui orriface maka proses antomisai jauh lebih baik dari tipe spraygun sebelumnay airless. Untuk tipe terakhir ini paling pas dipakai buat coating dan topcoat.

Penyebab Spray Gun Mampet

Sama halnya dengan perkakas lain, seringnya penggunaan lama kelamaan spraygun mengalami sumbatan yang cukup menggangu saat digunakan. Penyebab utama spray gun mampet adalah akibat residu/endapan cat yang menumpuk dan mengering dibagian dalam nozzel.  

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100 

Permasalahan spray gun mampet sebernaya dapat dihindari jika rajin menjaga kebersihanya dengan mencucinya pakai thinner sehabis digunakan pakai sikat gigi. Akan lebih baik jika melepas komponen nozzel dan merendamnya selala beberapa menit untuk merontokkan sisa cat.

 

Cara Memperbaiki Spray Gun Tidak Keluar Cat

Seperti yang saya katakan tadi cat tidak keluar diakibatkan adanya sumbatan pada bagian dalam, untuk membuatnya lancar kembali perlu dibersihkan secara menyeluruh dengan cara membongkar seluruh komponen spraygun terutama pada nozzel luar maupun dalam.

Baca juga Merk Spray Gun Yang Bagus dan Murah Untuk Pemula

Untuk membongkarnya siapkan kunci 12" 10" atau bisa pakai kunci bawaan saat membeli spray gun baru. Bila belum pernah dibongkar mungkin steep ini sedikit sulit ya masbro, untuk menghindari baut patah saat dilepas kendorkan secara halus dan perlahan.

 

Bila semua park sudah terlepas tinggal merendamnya pakai thinner PU. Berbeda dengan jenis lain kandugan zat keras pada tiner bakar mampu merontokkan kerak dan residu cat yang mengeras dengan cepat. 

Baca juga Mengintip Perbedaan Spray Gun HVLP dan Biasa

Proses perendaman dapat disesuaikan dengan seberapa parah kondisinya, tapi jangan direndam semalaman ya masbro nanti malah bikin seal didalamnya jadi getas. Perilaku salah ini justru jadi penyebab spray gun bocor.

 


Biar makin mantap gunakan sikat gigi/kuas cat dan pecahan kawat seling rem sepeda untuk menghilangkan kerak yang menutupi salah satu lubang nozzel. Sesekali agan bisa menyemprotkan angin dari kompresor untuk membantu membersihkan sumbatan didalamnya. Bila perlu pakai cotton bud buat menggorek sisi dalam. Biar enteng kembali saat dipakai bersihkan juga jarum cat, per serta tabung cat sisi dalamnya.


Catatan : Jangan gunakan kawat atau jarum ukuran besar melebihi lubang nozzel ya masbro. Tindakan ini justru membuat lubang nozzel jadi lebih besar yang berdampak borosnya spray gun saat digunakan.

 

Cara Merawat Spray Gun Agar Awet

Hasil pengalaman pribadi spray gun saya pernah sampai umur 2 tahun masih normal cat semburan cat tetap keluar halus tanpa mengalami pecah tengah yang bisa menjadi penyebab cat belang tertama saat mengecat warna silver. Lantas Apa rahahsianya agar tetap awet dalam performanya ??

Baca juga TURTORIAL Cara Mengupas Dempul Mobil Yang Tebal Dengan Cepat 

Untuk menjaganya tetap awet sebetulnya tidak begitu berat ya, cukup bersihkan sehabis dipakai sob. Jangan biarkan spraygun dibiarkan semalaman dalam kondisi kotor, pasalnya pagi hari saat dipakai residu cat yang sudah mengering bisa membuat sumbatan yang cukup mengurangi performanya.

Sebaiknya sendirian spray gun untuk epoxy bisa disendirikan. Kebanyakan fakta dilapangan menyatakan saat habis dipakai buat poxy performa spraygun berkurang

Jadi akan lebih bagus agan memiliki 3 spraygun untuk epoxy, penyemprotan cat terkahir dipakai buat clear caot. 

Bila semua memakai speet yang sama, potensi sumbatan poxy yang mengering bisa lebih besar, karena sifatnya yang lengket. Bahkan parahnya saat dipakai buat pernis tiba-tiba sisa poxy ikut keluar dan membuat noda pada permukaan clear.

Oke jadi sudah tahu ya bro faktor penyebab dan cara mengatasi spray gun yang tidak keluar cat yaitu diakibatkan adanya sumbatan disalah satu lubang nozzel khusunya bagian dalam. Meski harga murah bila rajin dibersihkan tentu akan lebih awet tanpa mengurangi performanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas