Mengintip Perbedaan Spray Gun HVLP dan Biasa


Perbedaan spray gun hvlp dan biasa - Bukan hanya memakai bahan berkualitas untuk mendapatkan hasil cat terbaik juga memerlukan peralatan yang mumpuni. Kita mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya spray gun, ya alat untuk mengkabutkan cat ini berdampak besar dengan hasil pekerjaan anda bahkan dapat menyebabkan cat kulit jeruk.

Jika kita ulas lebih dalam peralatan untuk mengecat dimuali dari kompresor baik yang memakai vbelt(bensin) dan eleiktrik bertenaga listrik. Untuk menghasilkan kualitas terbaik dibutuhkan kompresor dengan tekanan angin yang setabil tanpa tercampur air. Mungkin anda pernah mengalami air ikut keluar saat memencet handle spray gun, jika hal ini terjadi cat akan bercampur dengan air sehingga gampang mengelupas.

Sedangkan untuk alat semprotnya dapat memakai spraygun tabung bawah atau atas tergantung kegunaanya.

Spraygun HVLP
Seperti yang sudah saya ulas kemarin spray gun tabung atas memiliki berbagai tipe diantaranya F75 F100, R3, K2, K3 dan yang lagi viral model HVLP.

Baca juga Cara Memperbaiki Spray Gun Yang Mampet dan Tersendat 

Lalu apa yang menjadi perbedaan spray gun HVLP dan biasa ? Secara jika diperhatikan tidak lah jauh berbeda dengan tipe konvensional yang biasa kita pakai ??

Spray gun HVLP atau hight volume low pressure merupakan modifikasi air spray gun yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan matrial saat diaplikasikan. Alat untuk mengecat ini didesain khusus agar menghasilkan antomisasi semprna dengan tekanan udara yang rendah. Dengan begini cat dapat difokuskan tanpa ada yang terbuang karena angin terlalu kencang.

Spraygun Biasa
Pada kemasanya sudah tertulis jelas spraygun hvlp hanya membutuhkan tekanan minimal 2.0 bar(satuan untuk tekanan angin indonesia) cat sudah keluar secara maksimal seperti embun/halus. Berbeda dengan spray gun kovensional yang membutuhkan udara bertekanan 3-3.5bar.

Dengan tekanan udara rendah tentunya kita bisa menghemat listrik karena kompresor tidak hidup terus menerus. Berbeda jika memakai jenis konvensional yang membutuhkan tekanan udara tinggi membuat udara dari tabung penyimpan angin langsung keluar membuat mesin kompresor akan selalu nyala.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Sedangkan dari segi fisik tidak lah jauh berbeda, hanya saja pada bagian tabung penampung cat hvlp dibuat dari plastik serta penutupnya dapat dikencangkan membuat rasa aman saat mengecat pada bidang vertikal/menghadap keatas. Keduanya juga sama-sama dilengkapi komponen untuk menyetel tekanan angin, jumlah cat yang keluar dan untuk mengatur lebar sempitnya sempuran cat. Untuk cara setting spray gun HVLP juga tak jauh beda dengan tipe yang biasa, cukup

Disini kita dapat mengambil kesimpulan dengan tekanan angin rendah 2.0 bar dengan memakai teknologi HVLP ingco bisa menghasilkan semburan yang optimal sehingga cat yang dikeluarkan akan halus.

Baca juga (KLIK DISINI) Perbedaan Thinner A dan Thinner Super 

Sedangkan untuk spray gun biasa membutuhkan tekanan udara tinggi minimal 3-3.5 bar baru bisa menghasilkan semprotan cat yang lebih halus. Sebaliknya jika setelan angin kurang cat yang turun dari tabung tidak akan sempurna terbawa angin maka semburan cat akan keluar lebih kasar.

Nah jadi itu mas bro inti dari beberapa perbedaan spray gun HVLP dengan biasa. Baik dipakai untuk cat kayu atau mobil keduanya memiliki hasil yang lebih bagus jika settingan kita pas terutama pada tekanan angin serta jumlah cat yang keluar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas