Woow... Ternyata Ini Perbedaan Spray Gun K3 dan K3A


Perbedaan spray gun k3 dan k3a - Hallo para penikmat repair, jika berfikir lebih dalam spray gun merupakan peralatan yang wajib dimiliki tukang cat. Kalau ngak punya mau pakai apa coba ? kuas ? atau roll buat ngecat tembok ? tidak hanya satu alat pelontar cat ini memiliki 2 tipe tabung atas dan tabung bawah. Keduanya sama-sama dapat diapkasikan pada beberapa objek motor, mobil bahkan kayu/furniture.

Diluar sana sudah banyak beredar berbagai merk dan jenis spraygun. mulai harga ratusan ribu bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah sebagai penunjang pekerjaan anda. Jika kita membeli satu set alat semprot cat duco berisi tabung penampung cat, satu buah nozzell, kunci yang didesain untuk bongkar pasang dan sikat kecil sebagai alat pembersih bila sudah digunakan. Pada merk tertentu bahkan ada yang dilengkapi dua tabung dengan ukuran yang berbeda.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Dengan selalu menjaga kebersihnya tentu akan memperpanjang usia pakai, serta semburan cat yang keluar dari lubang nozzel tidak pecah atau tersembuat akibat kerak cat yang mengering. Jika diperlukan sesekali anda bisa membongkar spraygun untuk membersihkan komponen bagian dalam. Yang perlu saya garis bawahi adalah jangan gunakan kawat untuk mengorek lubang spray gun yang buntu. Hal ini justru membuat lubang semakin lebar membuat semburatn cat keluar lebih besar/kasar

Jenis spraygun dibadakan menjadi 2 tabung bawah dan tabung atas gravity. Sedangkan untuk tipenya dibagi jadi beberapa bagian diantaranya F75 F100 bahkan sudah ada yang memakai teknologi HVLP dengan tekanan angin rendah bisa menyemprotkan cat secara halus layaknya embun.

Bila mengingin ukuran lebih kecil untuk megecat motor anda bisa memakai tipe k3 dan k3a dengan ukuran tabung 150cc. Karena berdiameter kecil sangat membantu anda untuk mengecet slebor dalam mobil tanpa perlu membuka ban.

Baca juga Perbandingan Cat dan Thinner Untuk Cat Mobil

Namun jangan terkecoh iya sob meski namanya hampir sama ada beberapa perbedaan spray gun k3 dan k3a yang perlu anda ketahui.

Bentuk nozzel

Perbedaan pertama yang cukup mencolok adalah pada air cup depan untuk varian k3 biasa berbentuk kerucut meruncing dan memiliki satu lubang nozzel sedangkan untuk k3a seperti kipas jadi bisa untuk mengatur keluarnya cat pingin vertikal atau horizontal.



Pengaturan angin

Berbeda dengan jenis lain tipe k3 biasa tidak dilengkapi stelan angin yang ada dibawah dekat selang. Jadi untuk mengatur tekakan udara keluar dapat diatur melalui nozzel dengan cara melongarkan atau mengendurkan. Bila sudah menemukan settingan pass kunci dengan mengencangkan ring yang ada dibelakang nozel.


Sedangkan untuk k3a sudah dilengkapi setelan tekanan angin yang berdekatan dengan selang angin. Jika menginginkan tekanan angin kencang anda tinggal dikendrokan ke kiri, sebaliknya bila udara terlalu kencang tinggal putar ke kanan searah jarum jam.


Hasil semburan cat

Karena memiliki bentuk nozzel kerucut hasil sempuran k3 biasa berbentuk kecil membulat meski setelan cat serta takanan angin dikencangkan. Berbeda dengan k3a dimana semprotan cat lebih lebar serta arahnya dapat dirubah vertikal atau horizontal dengan cara memutar setelan nozel. Karena daya sebar cat lebih lebar maka bisa mempercepat proses pekerjaan serta menghasilkan lapisan cat lebih rata.

Spray gun k3


Baca juga Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy 

Dapat disimpulkan k3a lebih unggul ketimbang dengan tipe yang biasa, namun saya sarankan penggunaan spragyun ukuran kecil bila dipakai untuk mengecat hasilnya kurang begitu maksimal. Jadi penggunaanya dapat diaplikasikan pada objek kecil seperti body motor.

Spray gun K3A
Mungkin itu ya mas bro sedikit review singkat perbedaan spray gun k3 dan k3a yang bisa kami bagikan. Oh iya untuk ukuran nozell tidak jauh beda 0.5 mm dan untuk harga tidak ad berbedaan yang signifikat kembali pada merk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas