Ukuran Amplas dan Cara Yang Benar Mengamplas Epoxy


Ukuran amplas dan cara mengamplas epoxy - Hallo Dulur. Tak kenal lelah saya berbagai pengalaman/ilmu bagaimana teknik atau cara mengecat yang baik dan benar. Karena tak sedikit diluar sana mengalami kegagalan akibat minumnya pengetahuan, main asal praktek saja tanpa mengetahui takaran cat dengan thiner yang pass.

Proses pengecatan dimulai dari tahap pendempulan, melapisinya dengan epoxy, pemberian cat dasar, kemudian naik ke cat akhir dan penyemprotan clear coat. Untuk mendapatkan hasil yang halus disetiap langkah tersebut dilakuan proses pengamplasan dengan memakai ukuran amplas yang berbeda disetiap steep nya.

Pengamplasan dimulai dari grid kasar, sedang dan halus menyesuaikan tahap apakah yang dikerjakan. Saya sendiri banyak menjumpai hasil pengecatan yang bekas amplasan masih jelas terlilat, mungkin penerjaanya asal-asalan atau emang tidak tahau bagaimana teknik yang benar.

Ukuran amplas untuk mengamplas poxy


Proses epoxy sendiri dilakukan setelah tahap pendempulan atau sebelum naik ke cat dasar. Dengan memberi lapisan poxy cat akan merekat kuat pada objek tersebut. Selain bau-abu epoxy ini memiliki warna lain merah dan hitam.

Berbeda dengan cat permukaan poxy lebih kasar, jadi untuk mengahaluskanya dibutuhkan tahap pengamplasan. Agar bisa diamplas kondisi epoxy harus benar-benar kering keras agar nanti tidak mengelupas atau istilah bahsa jawanya mbeludok. Pengeringan dibutuhkan waktu 2-4 jam tergantung merk dan kualitas yang dipakai.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Cat Duco Retak Seribu

Gunakan amplas nomor 400 dan 600, cara mengamplas epoxy yang benar adalah dengan menyiramkan sedikit air agar terasa lunak saat diamplas, gunakan bantalan atau alas karet saat mengamplas. Pengamplasan pertama memakai nomor 400(kasar) sampai rata kemudian bilas kembali dengan nomor 600 ke grid yang lebih halus, hal ini bertujuan agar saat dicat menghasilkan permukaan yang halus tanpa ada baret bekas amplas.


Sebagai rekomendasi merk amplas terbaik bisa menggunakan RMC, saya sendiri menggunakanya karena daya tajamnya lebih awet dan tidak mudah rusak meski terendam air terlalu lama. Untuk harga perlembarnya 3500/lbr, mungkin jika beli banyak lebih murah.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap

Jangan anggap sepele ya bro, tahap ini menjadi kunci keberhasilan pekerjaan anda. Karena sedikit saja tidak diperhatikan maka hasil reapire tidak lah maksimal, Satu hal sebelum di lapisi epoxy premier pastikan media sudah diamplas bersih agar nanti tidak merngelupas saat diamplas.


JENIS THINNER YANG BAGUS UNTUK EPOXY


Fungsi thinner adalah sebagai pelarut cat, clear coat serta epoxy. Tiner sendiri dibedakan dari beberapa jenis diantaranya thinner A, Super, HG, ND, Acrylic dan PU(bakar) yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Saat tahap ini jenis thinner untuk epoxy adalah tiner super atau bisa juga memakai thiner A. Pemakian yang sesuai fungsinya tentu akan menghasilkan kualitas cat dasar yang lebih baik. Anda bisa memakai merk Alfagloos yang perliternya dijual 22rb dan 75rb untuk ukuran galon besar.

Jika cara mengamplas epoxy dilakukan dengan benar anda kakan medapatkan lapisan cat yang halus untuk menghindari kulit jeruk pada cat. Jadi untuk menghasilkan permukaan yang halus tanpa ada baret ukuran amplas perlu diperhatikan. Tips datas juga berlaku untuk objek lain seperti body motor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas