Cara Cepat Menghilangkan Krom Dengan Remover


Cara menghilangkan krom dengan remover - Hallo sahabat baikers nusantara, Bagi pengila modifikasi tentu tak asing dengan yang namanya chrome, warnanya yang mengkilap membuat semakin terlihat apik bila menempel pada park kendaraan mereka. Misal pada bagel belakang, standar samping, tengah atau pada blok mesin.

Berbeda dengan buatan pabrik chrome celup rentan mengelupas bahkan menguning jika kurang perawatan. Beberapa faktor yang jadi penyebab diantaranya terkena air laut serta terlalu sering kehujanan.  Air hujan mengandung zat asam tinggi bila terkana logam mudah sekali berkarat begitu juga pada krom.

Untuk menjaganya agar tetap awet lakukan perawatan secara rutin dengan mencucinya air sumur atau air tahan terutama sehabis kehujanan, kemudian keringkan untuk menghindari bercak air. Untuk menjaga agar tetap kinclong sobat bisa gunakan bedak tabur bayi sebagai bahan Polish dengan cara menuangkan pada lap halus kemudian gosok berulang-ulang.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome 

Yang awalnya bikin tampilan motor lebih kece, jika sudah rusak lapisan krom justru membuat kurang sedap dipandang bahkan menggurangi rasa percaya diri saat dikendarai terkhusus pada motor modifikasi.

Jika sudah sudah rusak langkah tepat yang dapat diambil adalah dengan cara menghilangkan menghilangkan seluruh lapisan krom untuk dilakukan proses polishing atau cat ulang agar kembali nyentrik.

Namun tahukah kamu, jika dikelupas secara manual mungkin butuh waktu satu minggu untuk menyelesaikanya. Untuk mempersingkat waktu gunakan beberapa bahan kimia agar cepat mengelupas bakan hanya dalam hitungan menit.

Salah satu produk komersil yang dapat dipakai adalah memakai soda api, berikut adalah cara menghlangkan krom dengan romover :

Baca juga Turtorial Cara Menggunakan Watu Ijo Buat Motor

Karena termasuk bahan keras, lepas chrome yang lapisanya akan dihilangkang agar percikan remover tidak mengenai bagian lain. Bahkan satu tetes saja mengenai dek plastik dapat memeleh dan bolong seperti terbakar.


Oh iya biar makin mudah sipakan alat dan bahan seperti :
  • Sikat gigi(2-3buah) 
  • Wadah untuk proses exsekuai(disesuikan ukuran krom)
  • Paint Remover 
  • Skrap/kape
  • Terakhir sarung tangan.
Bilas semua sudah lengkap oleskan remover secara merata menggunakan sikat gigi dan tunggu berapa saat agar beraksi. Selanjutnya anda dapat megerok lapisan krome memakai skrap/kape. Bila masih terasa sulit anda bisa membubuhkan soda api kembali. Terakhir tinggal mengamplasnya pakai nomor 1500 untuk menghaluskanya.

Karena bahan berdosis keras hati-hati ya bro saat digunakan, bila terkana kulit rasanaya seperti terbakar. Jadi untuk menghilangkan rasa panas jika mengenai tangan cuci dengan air mengalir.

Selain dapat membantu mengelupas chrome remover juga ampuh sebagai bahan pengerok cat dalam waktu singkan pada permukaan logam.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil


Selain soda api ada cairan lain yang bisa dipakai untuk penghilang krome, anda bisa membeli bebas dipertokoan bahan kimia yaitu cairan Nitric Acid yang perliternya dijual 125rb harga yang berbanding jauh dengan ramover, namun cukuop ampuh untuk mengelupas krome.

Cara menggunakanya pun tidak begitu sulit cukup tuangkan cairan nitric acid pada wadah, untuk volumenya dapat disesuaikan sampai media krome terendam semua. Oh iya siapkan juga air bersih pada adah yang sedikit lebar sebagai pembilas.


Berikutnya anda bisa meremdam krome pada cairan nitric acid, pastikan seluruh bagian terendam ya mas bro..Tanpa menunggu waktu lama anda akan melihat reaksi kimia diaman cairan yang awalnya bening menjadi merah kecoklatan serta mengelurakan kepulan asap yang cukup menyegat saat dihirup.

Langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan air bersih serta sebagai langkah untuk menetralkan bahan kimia yang menempel. Jika dicek masih ada lapisan krom yang terlewat anda dapat merendamnya kembali. Jangan lupa pakai sarung tangan ya sob sebagai pelindung diri. Biar ngak bersentuhan langsung dengan cairan kimia gunakan tali kawat untuk pegangan.


Jika dipikir-pikir cara ke dua tergolong simpel cukup mencelupnya dan tinggal tunggu akan mengelupas dengan sendirinya. Namun karena harga cairan kimia cukup mahal anda perlu perfikir 2 kali.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan cara menghilangkan krom dengan remover dan cairan asam nitric asid, gunakan autosol metal polish serta watu ijo untuk mempolesnya agar kembali mengkilap. Jika dibandingakan memakai mesin grinda  kedua bahan diatas sangat aman dipakai tanpa melukai permukaan logam. Oh iya tips diatas tidak untuk diaplikasikan pada chrome plastik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas