Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100


Perbedaan Spray Gun F75 dengan F100 - Setelah membahas berbagai jenis cat serta thinner, sekarang akan kita mengulas alat semprotnya atau biasa disebut dengan spraygun. Umunya spray gun dibagi menjadi 2 jenis yakni tabung atas serta tabung bawah yang memiliki beberpa kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Umunya spray gun dipakai untuk melontarkan benda cair layaknya cat clear coat serta melamin, namun tak sedikit juga dipakai untuk menyemprotkan solar dibenda tertentu.enagn menggunakan benda ini kita akan mendapatkan hasil cat yang lebih baik serta dapat mempersingkat waktu ketimbang memakai kuas. Masak ngecat mobil pakai kuas, apa jadinya coba ?

Namun cara menggunakan spray gun tak semudah yang kita bayangkan tingal pencet saja, dibutuhkan pengalaman serta latihan agar kita mahir dan tidak kaku saat memakainya. Karena penyebab cat kulit jeruk serta cat memeleh juga bisa disebabkan setelan spraygun yang kurang pas.

Bagi kamu yang saat ini sedang belajar mengecat tidak ada salahnya anda mengetahui beberapa perbedaan spray gun f15 dengan f100, karena kedua jenis spet tersebut sering dipakai bengkel body repair.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap 

Biar ngak pada salah tafsir dibawah ini akan kami kupas satu persatu perbedaan spraygun F75 dengan F100 beserta harga jualnya.


Spet F15

Pertama kali kita akan membahas jenis f15 terlebih dahulu. Jika diperhatikan secara sekilas jenis f15 memiliki ukuran yang lebih kecil baik pada spuyer nozzel serta tabung penyimpat cat lebih kecil berukuran 400cc.

Sedangkan pada komponen spuyernya memiliki 4 lubang ditengah yang fungsinya untuk mendorong cat dari angin kompresor. Pada bagian gagang/pegangan mempunyai 3 setelan baut yang memilik fungsi berbeda.

Baca juga Urutan Amplas Yang Digunakan Untuk Mengecat Mobil 

Baut paling atas nomor 1 berfungsi untuk menyetel ukuran keluarnya cat, jika dikencangkan ukuran cat yang keluar dari spuyer akan mengecil sebaliknya bila baut dikendurkan maka ukuran cat yang keluar akan melebar. Sedangkan buat nomor dua atau dibawahnya berfunsi untuk mengatur jumlah cat yang keluar, bila diputar ke kanan jumlah cat yang keluar hanya sedikit jika diputar ke kiri volume cat yang keluar akan banyak. Terakhir disetelan paling bawah nomor 3 berfungsi untuk mengatur tekanan angin yang keluar.


Karena berukuran lebih kecil harga spraygun tipe f15 sedikit lebih murah bahkan dnengan uang 200rb anda sudah memikinya. Jika ingin yang lebih bermerek anda dapat menggunakan spet meiji, sagola atau wipro yang mencapai 500rb.


Spray Gun F100


Seperti yang sudah saya singgung diatas tipe f100 memiliki ukuran yang lebih besar baik darin ukuran tabung cat serta pada nozell. Meski berbeda ukuran cara menggunakan spet f100 sama dengan jenis f75 tidak lah berbeda. Hanya saja ada beberapa keunggulan yang patut anda ketahui.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler 

Kelebihan spet F100 adalah memiliki daya sebar cat yang lebih lebar 150-180mm dengan jarak pengecatan 15-20cm. Sangat cocok diaplikasikan untuk mengecat benda berukuran besar seperti bak truk, bus dan elf trevell, Bahkan saat ini bengkel body repair senang mamakai tipe ini untuk mengecat mobil pribadi dengan alasan mempercepat proses pengerjaan.


Hanya saja  spray gun ini tidak dapat bekerja secara maksimal  bila tekanan angin kompresor tidak begitu kuat/kencang maka akan kurang maksimal. Untuk urusan harga tentu spraygun F100 lebih mahal bahkan mencapai 300 - 900rb tergantung merk dan kualitas.

KESIMPULAN
Sebenarnya tidak ada berbedaan yang cukup siginifikan baik dari pemakaian maupun settingan nozzel, hanya saja tipe F100 memiliki jarak semburan cat yag lebih lebar dibandingkan dengan jenis F75 jadi akan mempercepat proses pengerjaan.

Sedangkan untuk hasil catnya kedua jenis spet tersebut sama-sama bisa menghasilkan cat yang lebih baik dengan catatan setelan spraygun sudah tepat antara semburan cat serta tekanan angin. Jika settingan aingin terlalu kencang justru dapat menyebabkan clear coat kasar serta boros cat.

Lantas jenis apa yang bagus dipakai untuk pemula agar aman ? Saya sarankan memakai tipe F75, dengan settingan tekanan angin dan cat yang pasanda akan mendapakan hasil yang lebih bagus tanpa memerlukan tekanan angin yang kencang.

Bagaimana ? Sudah tahu bukan beberapa perbedaan spray gun F75 dengan F100 tabung atas. Biar spet anda awet sebaiknya jika sudah dipakai cuci bersih menggunakan tiner terutama pada lubang nozel yang rawan tersumbat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas