Cara Aman Mengatasi Clear Coat Yang Kasar Pada Mobil dan Motor


Cara Mengatasi Clear Coat Yang Kasar  Pada Mobil dan Motor- Hallo dulur seprofesi, pertemuan kali ini saya masih melanjutkan pembahasan kemarin tentang berbagai masalah atau cacat saat melakukan proses repair baik pada motor maupun mobil.  Sebelumnya sudah kami kupas tuntas bagaimana cara mengatasi cat kulit jeruk, kali ini kami akan membahas tentang defec/cat kasar.

Penyebab cat kasar bisa saja terjadi karena beberapa faktor mulai kurang pasnya takaran cat dan thiner atau jarak sparygun yang terlalu jauh saat menyemprotkan cat, bahkan faktor lingkungan disekitar juga dapat mempengaruhinya. Sebaiknya jika mengecat diluar ruangan pastikan tidak ada debu yang berterbangan atau saat angin kencang.


Jika permukaan cat kasar atau banyak butiran debu yang menempel tentu bisa mengurangi daya kilap (Gloss) nya. Bahkan pada kasus tertentu dapat terlihat seperti kulit jeruk biasa disebut dengan Defect Orange Peel. 

Baca juga Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui


Apakah ada cara untuk menghilangkan permukaan cat yang kasar ? Jika kita berfikir positif semua permasalahan pasti akan ada solusinya tanpa perlu mengulang kembali proses pengecatan . Namun dalam kasus ini proses polishing saja tidak cukup membantu. Lantas bagai mana tips yang benar untuk menghilangkanya ??


Cara Mengatasi Clear Coat Yang Kasar

Setidaknya ada dua tahapa yang dapat anda tempuh untuk menghaluskanya, tahap pertama adalah pengamplasan, proses poles dengan kompon putih terkahir melalukan Wax. Namun sebelum melakukan ketiga proses tersebut anda perlu memastikan kondisi clear sudah mengering keras yang ditandai jika ditekan dengan jari tidak meninggalkan bekas atau sekitar 8 jam sudah diamplas.

Cara mengamplas clear yang benar adalah dengan membasahi permukaan cat beserta amplas untuk mengurangi gesekan serta mempermudah saat mengamplasanya. Karena langkah ini merupakan tahap finishing maka gunakanlah amplas halus nomor 2000 untuk meratakan permukaan yang kasar.


Amplas permukaan cat hingga terasa halus saat anda raba ditandai dengan berubahnya clear coat yang awalnya mengkilap menjadi kusam setelah anda amplas. Jika sudah selesai tahap berikutnya adalah mempolesnya agar warna cat dapat mengkilap kembali serta menghilangkan bekas amplas tadi.

Baca juga Urutan Amplas Yang Digunakan Untuk Mengecat Mobil

Siapkan kompon putih secukupnya bisa membeli secara ecer atau 1kg harga 45rb. Untuk caranya cukup simpel ratakan kompon pada cat yang sudah diamplas kemudian poles bisa memakai mesin untuk mempersingkat waktu atau bisa melakukanya secara manual menggunakan lap microfiber.


Langkah pemolesan bisa anda hentikan setelah permukaan clear coat kembali mengkilap seluruhnya. Untuk mengecek apakah ada bagian yang belum terkena kompon anda dapat melihatnya dari sisi samping.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya


Selain dapat menghaluskan clear coat yang kasar proses diatas juga dapat  menghilangkan cat kulit jeruk atau defect orange peel.

Nah.. Diatas merupakan sedikit penjelasan singkat bagaimana cara mengatasi clear coat yang kasar tanpa membuat struktur lapisan cat rusak. Jika kita berfikir kebelakang semua pekerjaan terkadang tidak semua dengan yang di harapkan. Jadikan sebuah kesalahan jadi pembelajaran agar kesalahan tersebut tidak terulang dikemudian hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas