Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui


Perbedaan kompon putih dan merah - Mungkin sudah tidak familiar dengan yang namanya kompon, ya salah satu bahan auto refinishing ini dapat diandalkan sebagai penghilang baret pada kendaraan mobil maupun motor serta dipakai untuk mempoles cat baru atau bahkan digunakan untuk menghilangkan cat kulit jeruk.

Mungkin kompon yang sering kita pakai berwarna putih dan bertekstur halus. Namun tahukah kamu, bahwa compound juga memiliki warna lain yaitu merah kecoklatan bertekstrus sedikit kasar saat dipegang tangan. Begitupun juga dengan kompon putih ada yang kasar dan halus.


Tentu ketiga jenis kompon tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Lantas apa perbedaan kompon merah dan putih ??


Kompon Merah(Coklat)

Seperti yang sudah saya singgung diatas kompon merah kecoklatan ini bertekstrus lebih kasar dapat disimpulkan kompon merah memiliki daya kikis paling kuat ketimbang warna putih. 

Karena daya kikisnya yang terlalu kuat kompon coklat dipakai untuk menghaluskan permukaan cat yang kasar layaknya kulit jeruk.

Nah dalam pemolesan mobil yang baru dicat ulang untuk mempercepat proses pengerjaan kompon merah ini dipakai pada pemolesan tahap pertama. Setelah lebih halus baru diulang memakai kompon putih.

Kompon putih

Kompon warna putih ini lah yang sering dipakai karena lebih aman meski dipakai berulang-ulang. Banyak pemilik mobil yang memakai compound ini untuk sekedar mempoles ulang kembali kendaraanya agar kembali kinclong. Kompon putih tergolong lebih aman ketimbang dengan warna merah yang terlalu banyak mengikis lapisan luar cat.

Selain mengkilapkan cat yang kusam kompon putih juga dapat dipakai sebagai bahan penghilang bercak air pada kap mobil serta menghilangkan noda kuning di cover spion mobil.

Namun tahukah kamu, bahwa kompon putih juga dibedakan dari dua jenis yakni kompon bakar dan kompon NC(biasa).

Dari semua jenis kompon, kompon biasa(NC) lah yang paling ringan mengkikis permukaan cat. Sangat direkomendasikan sebagai penghilang baret pada mobil anda. Penggunaanya pun tidak lah terlalu sulit cukup oleskan secara merata pada permukaan yang baret kemudian gosok secara melingkar pakai lap yang bersih dan halus, terakhir tinggal mengoleskan cairan wax untuk menghilangkan bekas kompon serta mengkilapkanya kembali.

Baca juga  Dampak Buruk Menggunakan Odol Untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil

Sama halnya dengan warna merah kompon bakar juga bertekstur sedikit kasar namun tidak terlalu tajam mengikis warna cat. Karena lebih aman banyak jasa salon mobil maupun bengkel cat memakai kompon bakar untuk mempercepat proses pengerjaan. Namun penggunaanya pun perlu diperhatikan.


KESIMPULAN

Dapat disimpulkan jika ingin menghilangkan baret atau mempoles ulang cat mobil agar kembali kinclong sebaiknya gunakan jenis kompon putih NC agar lebih aman tanpa rasa takut cat terkikis terlalu banyak.

Baca juga Cara Wax Mobil Untuk Kilap Yang Lebih Baik 

Namun jika anda sudah ahli mempoles tidak ada salahnya untuk memakai kompon bakar, biar lebih aman dan tidak terlalu tajam anda dapat mencampurnya dengan kompon biasa dengan perbandingan 1:1 dan campur dengan sedikit air.

Sedangkan untuk merk compund mobil yang bagus anda dapat memakai invory rubbing compound  yang sudah terjual bebas diberbagai toko cat maupun bahan bangunan.

Itu tadi sekilas info dari saya tentang perbedaan kompon putih dan kompon merah yang bisa jadi pedoman anda aman yang lebih aman digunakan. Penggunaan bahan yang tepat tentu akan menghilangkan baret tanpa rasa takit cat akan tips.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas