Dampak Buruk Menggunakan Odol Untuk Menghilangkan Goresan Pada Mobil


Pernah ngak membaca atau sekedar nemuin artikel cara menghilangkan goresan di mobil dengan odol ?? Memang di google banyak sekali beberapa tips menghilangkan lecet pada cat mobil dengan bahan-bahan yang bahkan sangatlah sederhana. Mulai dari menggunakan autan, serta pasta gigi yang belum jelas terbukti akan kebenaranya.


Gambar diatas meruapakan salah satu contoh penggunaan odol yang bertujuan untuk menghilangkan goresan dalam pada mobil. Pemilik mobil Avanza silver mengatakan, " awalnya bodi mobilnya terkena ranting pohon saat dijalan beberapa waktu lalu. Secara tidak sengaja iseng-iseng buka google terus nemu artikel mengilangkan lecet di mobil dengan odol."

Sesampainya dirumah tidak menunggu waktu lama tips tersebut langsung saya praktekkan, setelah selesai bukanya goresan tersebut hilang justru permukaan cat jadi rusak berubah belang. Awalnya pengen ngirit justru malah jadi parah. Parahnya lagi istri ngomel-ngomel nyalahin saya terus, nasib ini barat kata habis jatuh ke timpa tangga pokoknya.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil 

Diatas merupakan sedikit curhatan dari si pemilik mobil avanza tersebut, masalah seperti diatas tidak hanya terjadi 1 atau dua kali yang sudah mampir di bengkel cat milik saya. Bila sudah terjadi hal seperti ini untuk menghilangkan belang karena odol harus dilakukan pengecatan ulang yang justru harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Odol itu kan baut gosok gigi ya masak iya diguanakan buat mobil, tidak hanya itu odol ini juka bertekstur kasar yang kurang baik bila digunakan sebagai obat poles. Emang sih kalau di pegang masta gigi ini seperti terasa lembut namun sebenarnya bila diaplikasikamn pada cat memiliki dampak yang dapat berakibat fatal. jadi jangan coba coba ya guys..

Sebenarnya ada cara yang lebih aman untuk menghilangkan goresan yang dalam pada mobil cara atau bahan ini memang diperuntukan mobil jadi anda tidakan takut terjadi kejadian seperti diatas. Jika tertarik untuk mencobanya, berikut ini saya buatkan turtoiralnya secara singkat serta muda anda pahami.

Alat dan bahan yang dibutuhkan
  • Kompon putih, Jika goresanya ringan bisa membelu ukuran 1ons saja biar lebih irit seharga 7rb 
  • Kain microfiber/lap biasa yang halus dan bersih
  • Amplas halus nomor 2000 dan
  • Obat pengkilap(trutell wax, kit dll)
Baca juga Tips Mudah Menghilangkan Noda Kuning Dan Kusam di Spion Mobil 

Untuk cara menggunakanya sobat cukup mengikuti urutan poin yang sudah kami rangkai dibawah ini :
  • Poin pertama, bersihkan permukaan bodi mobil hingga debu serta kotoran yang nempel menghilang terutama pada bagian yang tergores
  • Kedua tahap pengamplasan(penghalusan noda goresan), Biar amplas tidak terlalu tajam sebelum digunakan sobat bisa mengosok-gosokan amplas tersebut dengan cara potong amplas menjadi persegi, bekuk/lipat jadi dua bagian agar bagian amplas bertemu selanjutnya gosok-gosok amplas sampai dirasa tidak terlalu tajam. Menggunakan amplas bekas ini tertujuan agar meminimalisir clear/pernis terkikis terlalu banyak.
  • Ampas noda goresan tersebut dengan gerakan maju mundur serta atas ke bawah sampai lecet tersebut hilang. Jangan lupa pada saat pengamplasan basahi bodi mobil serta amplas terlebih dahulu. Bila sudah selesai keringkan untuk menuju langkah berikutnya.
  • Steep berikutnya pemolesan, Oleskan kompon pada bekas amplasan tadi hinga rata dan gosok pakai lap microfiber dengan gerakan melingkar. Teknik ini harus diulangi beberapa kali sampai cat kembali menghilap dan goresan tersebut menghilang.
  • Biar makin joss tahap akir adalah dengan mengoleskan obat pengkilap yang bertujuan untuk menghilangkan sisa kompon yang masih menempel.
Diatas merupakan cara mengatasi goresan pada mobil yang dalam, bila goresanya tidak terlalu dalam atau hanya ngambang diatas celar sobat cukup memolesnya pakai kompon saja tanpa perlu proses pengamplasan terlebih dahulu.

Baca juga 5 Cara Ampuh Menghilangkan Cipratan Aspal Yang Menempel Pada Bodi Mobil

Kesimpulan

Tahap pengamplasan ini bertujuan untuk meratakan bagain clear yang tergores jadi hentikan pengamplasan setalah goresan tersebut hilang. Mungkin jika belum terbiasa ada sedikit rasa takut, namun bila sudah terbiasa melakukan anda tak perlu lagi membawanya ke bengkel sekedar untuk menghilangkan lecet tersebut. Boross Brooo..

Satu lagi setelah diamplas nantinya pernis/cat akan menjadi tidak mengkilap seperti ngedoff, namun anda tak perlu takut karena setelah dipoles pakai kompon cat tersebut akan kembali mengkilap seperti waktu awal.

Mungkin itu tadi sedikit cerita dampak buruk menghilangkan goresan di mobil dengan odol, sebaiknya agar tidak terjadi hal seperti ini jangan terlalu percaya dan langsung mempraktekkan turtorial yang banyak di unggah di media online yang belum tentu akan kebenaranya. Jadi berpikirlan dengan bijak untuk memilih mana turtorial yang benar dan dapat dipikir secara logika. La wong pasta gigi kok dipakaikan ke mobil, kan hal itu jelas sekali melenceng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel