Penyebab Dinding Ban Mobil Retak Rambut dan Terkelupas

Penyebab dinding ban retak Retak Rambut dan Terkelupas - Haloo dulur...Berkendara dengan rasa aman dan nyaman tentu idaman para driver maupun penumpangnya. Untuk menjaganya tidak mogok ditengah jalan dibutuhkan servis secara rutin terutama sebelum berpergian dengan jarak yang cukup jauh. Bila tidak sempet kebengkel agan bisa mengeceknya sendiri mulai dari jumlah air radiator terukupi, sektor pengereman sudah pakem atau sekedar cek ketersediaan oli mesin.

Komponen lain yang tak kalah penting adalah mengecek kondisi ban. Seiring dengan lamanya penggunan ban mengalami beberapa perubahan diantaranya kembangan sudah mulai aus, terjadi retak dibeberapa sisi bahkan ada yang sobek. Letaknya yang dibawah sebagai pengerak keberadaanya sangat vital, pasalnya banyak beberapa kecelakaan yang disebabkan pecah ban.


 

Selain membahayakan ban yang robek dan pecah dibagian sisi samping  membuat tampilan mobil hilang estetikanya. Bahkan berpotensi mengancam jiwa pengemudinya. Jadi sebagai pengendara bijak penting untuk memperhatikan cara merawat ban yang bedar dan kapan harus diganti.

Penyebab dinding ban mobil retak rambut dan terkelupas

  • Tekanan ban kurang seimbang
Penyebab umum yang membuat ban cepat rusak adalah tekanan angin yang tidak ideal satu dengan lianya. Banyak pengemudi yang melupakan akan hal ini. Sehingga ketika mobil sudah dalam kondisi ini tetap digunakan terus menerus.
 

Tekanan ideal yang dimaksud adalah volume angin di dalam ban yang terlalu banyak atau kurang dari standar pabrik, sehingga keretakan mulai muncul bila ban tidak mampu menahan beban berat yang terlalu lama.

Untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan pengisian atau pengecekan ban 2 minggu sekali atau paling capat seminggu sekali. Namun ada baiknya sebelum berkendara teliti terlebih dahulu.

  • Penggunaan sabun detergen
Perilaku salah kaprah ini kerap kali terabaikan. Faktanya penggunaan sabun detergen membuat karet ban berubah panas, bila sering dilakukan justru jadi penyebab timbulnya retakan pada bagian sisi samping ban meski terasa dalam jangka panjang.

Ini bisa dibuktikan saat tangan terkena bubuhan busa yang tersa panas bahkan iritasi. Agar lebih aman sebaiknya gunakan shampo mobil atau sabun cuci piring.
  • Penggunaan semir ban berlebihan
Ban yang selalu kinclong akan mempercantik tampilan mobil. Coba bayangkan body udah bersih mengkilap bila ban kotor seperti terlihat ada yang kurang. 

Bahan pengkilap ban yang umum dipakai adalah semir atau silicon, namun ada juga yang membuat racikan sendiri semir ban dari sunlight

Banyak pakar ban yang menyatakan penggunaan semir ban yang berlebihan selain membuat warna hitam jadi kabur (kusam), dampak yang lebih buruk adalah membuat dinding ban retak-retak.
  • Terkena cairan kimia
Beberapa benda cair yang sering mengenai ban adalah tumpahan oli, bensin, solar. Lama kelamaan sifat ban yang keras jadi lentur bahakan benjadi penyebab ban benjol sebelah. Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes

Jika anda mengetahui ban terkena solar maupun oli atau benda cair yang mencurigakan, segera bertindak cepat dengan membersihkanya dengan air mengalir dan sabun
  • Ban sudah kadaluarsa expired

Sama halnya dengan bahan lain ban juga memiliki tanggal kadaluarsa yang sudah dicepat pada sisi ban. Umumnya ban memiliki batas usia pakai 5 tahun. Meski kondisinya masih tebal dan mulus bila sudah melewati tanggal kadaluarsa sifat karet ban akan menghilang. Baca juga Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil

Beberapa pengendara jarang mengecet tanggal kadaluarsa atau tidak tahu bahwa ban memiliki batas expired. Tanda lain yang muncul saat sudah kadaluarsa adalah timbulnya retak-retak dan teksturnya lebih keras, bahkan mampu mengelupas saat dalam perjalaan yang cukup jauh. 

Sebagai pengendara bijak penting untuk penyebab dinding ban mobil retak rambut dan terkelupas. Dengan rutin mengeceknya berkendara pun lebih aman dan nyaman, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjunginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas