1000% Akurat, Cara Melihat Tahun Pembuatan Ban Mobil


Cara melihat kode pembuatan ban mobil dunlop - Sebelum membeli suatu barang baik jenis food atau non food tentu kita akan memilih apakah ada kecacatan baik dari segi fisik atau kemasan ada yang rusak. Hukum alam ini berlaku juga pada saat kita membeli ban khususnya pada kendaraan khususnya pada roda empat.

Meneliti/mengetahui kode tahun pembuatan ban mobil sebelum membelinya merupakan salah satu langkah bijak agar anda dan sekeluarga merasa aman dan nyaman saat berkendaraa terutama sat perjalanan cukup jauh. Tahu kah kamu, ternyata ban ada usia pakainya atau kadaluarsa expired. 

Kita tentu pernah mendengar bahkan melihat secara langsung mobil kecelakaan akibat pecah ban atau tergelincir. Keradian tersebut merupakan contoh kecil akibat penggunaan ban yang sudah kadaluarsa, jadi jangan pernah disepelekan ya masbro.


Umunya masa pakai ban hanya 5 tahun dari awal pembuatanya yang sudah tertera pada dinding ban. Bila sudah expired karet ban akan getas bahkan mengeras sehingga bisa mengurangi daya cengkramnya, yang ditandai adanya keretekan pada bagian pinggir. Jadi jangan salah tafsir jika ban masih tebah kok sering bocor atau mengelapi pecah.

Baca juga 4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban 

Lantas bagaimana cara melihat tahun pembuatan ban mobil, baik  pada merk Dunlop Bridgestone atau lainya ?

Sebenarnya pabrikan  sudah menyetak tangal/tahun ban yang letaknya ada di sisi ban berdekatan dengan velg. Kode tersebut bersi 4-5 digit angka bahkan ada yang sampai 7 angka tergantung merk ban. Angka tersebut jelas menunjukkan tahun membuatan ban dan tidak dapat diganti/diubah.

Namun dari rangkaikan angka yang tertera, hanya 4 digit angkat yang tercetak paling belakang saja yang dipakai atau untuk mengetahu kapan ban tersebut dibuat. Betul masbro, angka 4 digit dari belakang merupakan sebuah standar internasional yang menunjukkan waktu/kapan di produksi.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Tubeless Mobil Sering Kempes 

Sebagai contoh perbatikan gambar ban dibawah ini, secara gamblang sudah terlihat jelas pihak pabrikan sudah menyantumkan kode tahun pembuatan ban.


Pada gambar nomor satu memperlihatkan angka dan huruf yang tercetak 5 digit EMAR2212. Dengan melihat kode tersebut kita sudah mengetahui kapan ban tersebut dibuat.

Baca juga Cara Membuat Pembersih Plafon Mobil Buatan Sendiri 

Untuk dapat mengetahuinya perhatikan 4 angkat yang tercepat paling belakang. Berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke 22 di tahun 2012 atau tepatnya pada bulan mei minggu ke empat tahun 2012.

Seperti yang sudah saya singgung diatas tak semua pabrikan ban memakai angka 6 digit, namun ada juga yang hanya mencetaknya 4 angka seperti gambar nomor 2, kode pembuatanya tertulis 4907. Jika dibaca menandakan ban tersebut dibuat pada minggu ke 49 tahun 2007, tepatnya pada mingu ke  bulan Desember tahun 2007.

Nah semoga informasi yang dapat saya sampaikan seputar cara meilihat kode pembuatan ban mobil dunlop dapat membantu serta menambah rasa aman saat berkendara. Yang tak kalah penting adalah selalu cek tekanan angin dan bila sudah aus ada baiknya untuk diganti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas