4 Bahan Sederhana Yang Bisa Digunakan Untuk membuat Semir Ban


Cara membuat semir ban dengan bahan sederhana merupakan salah satu langkah yang bisa digunakan untuk mengemat biaya beli ini itu untuk merawat si motor. Selain itu kelebihan menggunakan bahan alami adalah tidak memiliki efek samping dikemudian hari. Semua pasti tahu lah bahan yang menggantung berbagai unsur kimia tentu tidak baik.


Umumnya memang cara menghitamkan ban bnayak yang menggunakan silicon. Selicon merupakan cairan pengkilap yang terjual bebas dipasaran dengan harga yang bervariasi. Silicon disini bukan untuk pembesar payudara yang diberitakan di tv loo gaes.. Itu mah silikon beda lagi ngak taulah apa namanya yang tahu hanya ahli kedokteran.

Kembali ke topik.. Penggunaan semir ban yang terus menerus justru malah akan mempercepat  usia ban. banyaknya unsur kimia yang menempel justru akan membuat permukaan ban menjadi pecah pecah yang berefek ban jadi cepat bocor.

Baca juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi

Selain murah penggunaan bahan alami bisa dipilih sebagai pengganti menghitamkan warna ban sehingga dapat memperpanjang usia ban. Bahan alami apa sajakah yang dapat digunakan ??
  •  Gula Pasir 
Ada gula ada semut mungkin itu peribahasanya. Kita pasti tahu gula memiliki rasa yang manis nah itulah yang bisa digunakan buat mengkilapkan mobil motor asal jangan ban traktor ya.heehe

Bagaimana kah cara membuat semir dari gula ? pertama manaskan satu gelas air tidak usah sampai mendidih. Larutkan gula dengan air panas tersebut sekitar 3-5 sendok makan aduk hingga gula larut dengan air dan semir pun tinggal kita oleskan pada permukaan ban. Sebenarnya pakai air dingin juga bisa namun akan lama saat proses melarutkan gula nanti.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel 

Apa ngak dikerubungi semut nanti ? ya mungkun itu kelemahanya seperti pribahasa tadi. Tapi kan dijalan raya ngak ada semut lewat jadi sangat aman diaplikasikan.
  • Air Tebu
Sama halnya dengan gula tebu ini memiliki rasa manis jadi bisa kita gunakan sebagai semir alternatif. Kok baru tahu yaa masak tebu dibuat semir ban. Air tebu ini sudah maki gunakan beberpa kali pas waktu musim panen tebu maklum lah rumah di desa banyak ladang tebu.


Cukup dengan menumbuk tebu hingga keluar airnya kemudian oleskan pakai kuas cat pada ban motor sobat. Tidak percaya ?? coba akan beli estebu ditepi jalan kemudian oleskan pada permukaan ban di jamin bakalan item deh tu ban.
  • Minyak Goreng
Tidak banyak untuk masak, bahan yang selalu ada didapur ini juga bisa jadi bahan sederhana membuat semir ban. Selain digunkan pada ban minyayk goreng saat ini juga banyak digunakan sebagai pengkilap dek kulit jeruk atau spakbor belakang motor.

Baca juga Langkah Mudah Mengkilapkan Body Motor Secara Permanen

Cara penggunaanya pun sangatlah praktis yaitu dengan mencuci ban pakai sabun hingga bersih, setelah ban mengering oleskan minyak goreng pada bagian pinggir ban secukupnya kemudian ratakan pakai kain atau lap kanebo.

Karena minyak goreng bersifat licin jadi jangan sampai ke bagian tengah ban yaa saat mengoleskanya. Jika tidak sengaja hiklangkan dengan mengelapnya pakai kanebo.
  • Minuman Soft Dring 
 Pastinya kita pernah dong meminum minuman bersoda seperti coca cola ini. Terkadang minuman ini tidak habis kita minum mungkin masih ada setengah botol dan langsung kita buang. Esst jangan dibuang ya kan sayang sisa minuman bersoda tersebut dapat kita jadikan semir loo.

Mungkin hal ini terdengar cukuplah aneh, namun pada kenyataanya cara membuat semir ban dari bahan sederhana ini ban yang awalnya kusam setelah disemir pakai softdring kembali hitam dan mengkilap.

Cara membuat semir ban dengan bahan sederhana ini bisa menjadi jawab anda jika ingin ngirit namun tampilan mobil dan motor teteap WAAHH.. Agar lebih maksimal sebelum menerapkan tips diatas cucu ban terlebih dahulu pakai sabun dan sikat yaa..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel