Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi


Cara menggunakan carburator cleaner pada motor injeksi harus benar benar tepat dan jangan salah kaprah pada saat menggunakanya agar tidak beresiko pada komponen motor lainya. Teman saya contohnya dia memasukkan cairan ini ke dalam ruang bakar melalui lubang busi. Ketika kita menyemprotkan cairan pembersih ke ruang bakar otomatis kotoran dan kerak yang menempel didalamnya akan rontok dan ini lah yang berbahaya.


Kotoran dan kerak yang rontok ini sangatlah mudah melukai dinding clinder dan piston.  Karena saat mesin motor di nyala piston akan bergerak naik turun maka piston berpotensi besar tersalip rontokan kerak tersebut sehingga bisa membuat piston mbaret.

Baca juga 3 Cara Membersihkan Injeksi Motor Sendiri Tanpa Ke Bengkel

Lalu bagaimana cara menggunakan cara menggunakan cairan pembersih injeksi motor matic ini ? Nah mas surya memiliki teknik bagai mana cara menggunakanya yang benar. Tidak hanya untuk matic langkah ini juga bisa anda terapkan pada motor bertransmisi manual.

Buka tutup filter

Tahap awal yang kita lakukan adalah menyiapkan obeng plus dan kunci 10 untuk membuka bok dan fillter udara yang menutupi karburator. Sebenarnya motor matic sih ngak pakai karbulator namun benda tersebut kita anggap kalbulator saja agar mudah di mengerti.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel

Selanjutnya pasang pipa kecil yang berwarna merah ke lubang kepala cairan pembersih. Pipa kecil ini sudah satu set pa waktu membeli carburator cleaner.

Semprotkan cairan ini melalui lubang karbulator sembari mesin di hidupkan dan buka tutup gas atau istilahnya itu dibleyer-bleyer. Pokoknya jika proses penyemprotan cairan masih berlangsung janagn sampai mesin mati.

Cara ke dua ini hampir sama dengan yang diatas namun bisa dikatakan yang kedua ini cukuplah simpel tanpa harus membuka filter udara dan bok filter. Kita hanya cukup membuka karet yang menghibungkan antara filter dengan karbulator. Untuk membuka karet ini cukup kendorkan klep kemudian congkrel sedikit karet tersebut agar bisa terlepas.

Setelah lubang karbulator terlihat semprotkan cairan pembersih cleaner sembari mesin dihidupkan dan di bleyer-bleyer seperti yang kami ulas diatas tadi.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya sih boleh boleh saja membersihkan sistem injektor dengan carburator cleaner, namun tidak ada salahnya sesekali anda membawanya ke bengkel resmi utuk melakukan perawatan dan untuk mengetahui sistem injektor apakah masih dalam kondisi normal atau ada sedikit masalah. Sehingga nantinya mesin motor akan awet dan siap digunakan untuk melewati medan apapun.

Mudah kan cara menggunakan carburator cleaner pada motor injeksi, penggunaan yang benar dan tepat nantinya juga akan berefek baik pada mesin. Begitu sebaliknya bila menggunaanya keliru justru malah akan membuat masalah pada mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel