3 Cara Membersihkan Injeksi Motor Sendiri Tanpa Ke Bengkel


Cara membersihkan injeksi motor sendiri saat ini merupakan teknik yang banyak dipelajari baik itu para bengkel sepeda motor ataupun hanya seorang yang ingin merawat motornya. Saat ini memang motor keluaran terbaru banyak menggunakan injeksi ketimbang karburator.


Bukan tanpa alasan teknologi injeksi digemari masyarakat apalagi coba kalau bukan karan iritnya, ya hal ini bukanlah cuman isapan jempole belaka. Dilapangan sendiri membuktikan bahwa motor dengan sistem injeksi lebih irit ketimbang motor yang masih menggunakan karburator.

Sama halnya karburator memiliki motor yang mengusung teknologi injeksi juga tak luput dari perawatan agar motor dalam performa dan kaselerasi tetap terjaga. Dulu sih waktu kemunculanya hanya bengkel resmilah yang bisa merawat teknologi injeksi ini. Namun sering berjalanya waktu orang awam/orang biasa pun bisa merawatnya.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel

Lalu bagiaman cara perawatanya ? mari kita simak ulasan dibawah ini.

1. Gunakan Cairan Injektor Cleaner Purge

Cara yang paling mudah dan isa anda coba sendiri dirumah adalah dengan melakukan pembersihan injektor pakai cairan pembersih injektor/injeksi. Cukup siapkan sebotol injector cleaner yang bisa anda dapat di toko spare part motor dengan harga kisaran 65-90rb tergantung merk.

Selanjutnya buka tutup bensin kemudian tuangkan satu botol injektor cleaner pada tangki, tutup kembali tangi kemudian hidupkan mesin. Secara otomatis cairan pembersih akan tercampur dengan bensin dan saat memasuki injektor akan membersihkan karbon yang terkumpul di dalam injektor.

Cairan ini bisa anda gunakan baik untuk motor dan juga mobil asalkan jangan yang bermesin diesel, karena mesin diesel ada perbedaan cairan jadi jangan keliru saat membeli cairan pembersih injeksi ini.

2. Penggunaan pompa vakum

 Berbeda dengan pompa biasa, prinsip pompa vakum ini menyalurkan cairan cleaner ke dalam injektor dengan kondisi injektor masih tersambung dengan mesin. Sebenarnya hampir sama dengan cara yang pertama tadi namun untuk cara ini cleaner langsung di suplai ke injektor tanpa perlu dicampur dengan bahan bakar terlebih dahulu. Jadi proses pembersihan in jektor ini akan lebih cepat.

Basca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya

Untuk caranya sendiri sangatlah mudah yaitu dengan cara membuka atau mencabut selang vakum ke injektor. Di ujung selang vakum terdapat pengatuaran tekanan untuk mengatur tekanan sesuai normalnya.

Pompa vaum sendiri memiliki dua jenis, ada pompa vakum yang menggunakan tekanan angin untuk mendapatkan tekanan injeksi, ada juga jenis portable yang memanfaatkan tekanan gas dari tabung cleaner, jenis ini lebih bering digunakan untuk sepeda motor.

Sebelum memulainya, pastikan anda terlebih dahulu mengetahui tekanan bahan bakar pada motor, kemudian lanjut untuk menyuplai cleaner ke dalam mesin. Jika belum tahu, cleaner ini pada dasarnya sama seperti bahan bakar bensin/pertalite yang sangatlah mudah terbakar. namun, zat ini cairan ini memiliki zat adiktif yang difungsikan untuk menghancurkan deposit didalam injektor.

3. Menggunakan Metode injektor service kit

Cara terakhir ini tidak bisa anda lakukan sendiri dirumah, mengapa demikian ? injektor service kit merupakan  spesial servis tools dari pabrikan yang hanya tersedia di bengkel-bengkel besar maupun bengkel resmi.

Sebenarnya prinsipnya hampir sama dengan yang diatas, namun pada metode ini tidak hanya membersihkan saja namun juga bisa mengecek kekuatas semburan serta resistansi di dalam solenoid injektor.

Baca juga Cara Murah Mengkilapkan Mesin Motor Seperti Chrome

Untuk cara memeriksanya anda bisa melepas injektor kemudian kemudian letakan didalam injektor service kit. Setelah proses dimulai otomatis akan muncul data berupa besaran velume bensin yang keluar dengan inbut yang berbeda-beda.

Jika injektor mengalami keruskan maka alat ini akan mendeteksinya. Sementara proses pembersihan bisa berlangsung secara otomatis. Untuk biaya pembersihkan dengan metode ini biasanya dibengkel resmi akan dikenakan biaya 30-40rb/injektor.

Jika anda ingin membersihkanya sendiri dirumah, anda bisa menggunakan cara membersihkan injeksi motor sendiri menggunakan petode yang pertama tadi. hanya saja teknik yang pertama ini kurang efektif dalam membersihkan sisa karbon dalam injektor. Untuk ini anda bisa sesekali untuk melakukan perawatan menggunakan metode injektor kit yang ada dibengek resmi motor anda. Pada umunya pembersihkan ini dapat dilakukan jika speedometer sudah menyentuh angka 10.000 km.

Kenapa injektor harus dibersihkan ?

Sama halnya dengan motor karburator, jika injektor tidak dibersihkan mungkin awalnmya motor tidak akan terasa apapun atau tidak ada masalah yang mencolok. Namun jika dibiarkan tanpa ada pembersihan dikemudian hari motor atau mobil akan terasa brebet seperti mesin mau mati dan untuk mengatasi hal itu kita harus menyetel ulang injektor tersebut.

Agar injektor tidak cepat kotor dan rusak, alangkah baiknya anda menggunakan bahan bakar jenis pertamax untuk montor anda. Harganya sih memang sedikit malah, namuan pembakaranya akan sempurna dan tidak akan meningalkan kerak pada mesin injekor.

Semoga dengan anda membaca artikel cara membersihkan injektor motor anda akan selalu dalam performa yang prima sehingga tidak menyebabkan musibah mogok ditengah jalan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel