Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya


Suryadidik.com - Tanda tanda busi mau mati pada motor merupakan salah satu ilmu yang setidaknya harus kita pahami. Maka agar motor tak mogok di tengah jalan para baiker kaum hawa juga patut untuk memahaminya. Repot juga kan jika mau pergi ke kondangan tiba-tiba motor malah mati di tengah jalan.


Jika belum tahu busi itu apa, busi merupakan komponen yang cukup vital yang berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik pada mesin bakar. Ukuranya sih cukup kecil paling ya sekitar jari kelingking kita. Namun jika komponen ini sudah rusak maka akan membuat semua komponen didalam mesin tidak dapat bekerja/mati.

Baca juga Penyebab Dan Cara Mengatasi Rantai Motor Bunyi Kletek-Kletek

Setiap motor memiliki busi yag letaknya berbeda-beda jika motor bebek dan matic terletak pada sebelah kanan bawah. Untuk letak busi motor matic ini tersebumbunyi yaitu tertutup dek kulit jeruk sehinggaa jika motor matic digunakan untuk menerjangh banjir tidak mudah mati. berbeda lagi dengan motor sport menempel/terletak diatas bureng mesin yang menjorok ke dalam.

Sebenarnya ciri ciri busi sudah lemah atau akan mati bisa kita deteksi sejak dini. Setidaknya kami memiliki 5 tanda-tanda nya yang bisa anda amati dan anda rasakan. Apa sajakah itu?

Tanda Pertama,

ketika motor sulit kita hidupkan terutama pada saat pertama kali motor dinyalakan, baik itu dihupkan melalu electric starter maupun dengan starter pakai kaki(kick starter). Mengapa demikian ? hal ini dikarenakan busi tidak dapat pengeluarkan percikan api secara sempurna untuk menjalakan komponen bakar didalam mesin yang berakibat motor susahnyala.

Baca juga Cara Menghitamkan Ban Dengan Soft Drink Coca cola 


Ke Dua,

Perhatikan serta dengarkan suara mesin, pada motor normal suara mesin akan terdengar halus tanpa ada ke ganjalan. Namun jika terdengar agak aneh misalkan suara mesin seakan akan ingin mati atau bahasa lain nya mesin motor lagi batuk itu bertanda busi harus segera diganti dengan yang baru.

Kerusakan busi jika dibiarkan begitu saja juga berakibat daya batrai pada aki akan cepat habis/boros. Na loo jadi merembet kemana-mana kan..
 
Ke Tiga,

Ciri-ciri busi sudah lemah berikutnya ialah saat motor berjalan dan mendadat mati kemudian hidup kembali ini diakibatkan karena busi yang sudah kotor sehingga listrik dari busi terkadang akan macet.  Tanda ini bisa terjadi pada semua jenis motor baik matic, bebek maupun motor sport.

Kejadian serupa ini juga pernah terjadi pada motor matic vario saya pada saat ingin berangkat ke sekolah. Karena motor mogok jadi telat dah masuk sekolahnya.

Baca juga Cukup Gunakan Vixal Noda Kerak Dan Karat Pada Mesin Motor Hilang

Ke Empat,

Coba amati akselerasi motor saat dikendarai, jika suara mesin sedikit ada yang menganjal atau tidak terdengar sewajarnya saat kita buka tutup gas maka hal itu menandakan busi tidak akan berusia lebih lama lagi.


Ke Lima,

Cek secara langsung listrik yang dikeluarkan dari busi, yakni dengan cara membuka busi dan hidupkan mesin sembari menempelkan busi pada kerangka mesin dengan catatan busi masih menempel pada kabel.

Jika listrik percikan listrik dari busi berwarna merah ini bertanda jika bisa sudah tidak dalam kondisi yang normal

Selain dengan menggantinya dengan yang baru anda juga masih bisa memperbaiki busi tersebut kok yaitu dengan cara mengamplas bagian busi yang menempel pada mesin. Jika busi rusak atau akan mati akan berwarna hitam jadi amplaslah bagian tersebut hingga bersih pakai amplas kasar. Busi pun bisa digunakan kembali, namun cara ini tidak akan bertahan dalam waktu yang cukup lama, trik ini bisa dilakukan jika kantong pas lagi seret. Lebih baik jika sudah mati gantilah dengan yang baru untk kenyamanan anda berkendaraa terutama saat malam hari.


Cukup gampang bukan mengetahui Tanda tanda busi mau mati pada motor, namun bukan berarti jika suara mesin brebet brebet bertanda busi akan mati lo ya. Suara mesin brebet ini jiua bisa diakibatkan karena kalburator motor kotor atau motor dibuat irit sehingga pasokan bensin ke mesin akan berkurang pada saat motor digunakan dalam kecepatan tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel