Penyebab dan Solusi Lampu Indikator Menyala Terus Pada Mobil


Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil - Pengalaman ini pernah terjadi pas mau berpergian ke kota cirebon pakai mobil xenia. Waktu itu pas lagi enak-enaknya nyetir posisi santai sambil dengerin lagu jawa, pokoknya pas posisi wenak. Niatnya mau lihat kondisi bensin apakah akan habis dan shocknya lagi waktu itu lampu indikator check engine. Posisi awal sudah nyetir dengak enak saya pun langsung panik melihat lampu indikator tiba-tiba nyala.


Tanpa pikir panjang mobilpun tak pinggirkan ke tepi jalan dan langsung membuka kap depan untuk mengecek kondisi mesin dan berfikir apakah ada masalah pada mesin yaa. Karena ngak paham soal mesin, mbah google menjadi jalan utama untuk mencari info bagai mana cara memperbaikinya.

Setelah saya baca blaa blaa bla ternyata lampu check engine xenia nyala terus tidak hanya disebabkan karena terjadi suatu masalah di dalam mesin. Sedikit lega namun sedikit panik baca artikel lagi bla bla blaa ternyata ada beberapa faktor penyebabnya.

Baca juga 5 Penyebab Mobil Keluar Asap Dari Kap Mesin
  • Cek Tutup Tangki Bensin
Memasang tutup tangi yang kurang rapat sensor pada komponen ECU dianggap bisa membahayakan penumbang didalam mobil serta pada lingkungan sekitar. Tutup tangi yang kurang rapat bisa mengakibatkan penguapan yang bisa memicu kebarakaran pada mobil.

Jika ditemukan lampu indikator check engine menyalah secara tiba tiba namun kita merasa tidak ada masalah pada mobil karena habis diservis, bisa jadi penyebabnya adalah karena penutup tangki yang kurang rapat waktu oprator SPBU menutupnya. Untuk mengatasi hal ini segerap pinggirkan mobil ke tempat yang aman dan cek bagian penutup tangki ini.
  • Filter Udara
Selain karena tutup tangki yang kurang rapat, penyebab lainya adalah karena filter udara yang terlalu kotor dan harus diganti.


Filter udara ini kaitanya dengan mass airflow sensor yang memiliki fungsi menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan bedasarkan udara yang akan masuk ke mesin. Jika penyaring udara ini rusak otomatis udarat tersaring dan kotoran dapat masuk sehingga bisa menghambat suplay udara yang dibutuhkan ruang bakar.

Baca juga Penyebab Mesin Mobil Berbunyi Cit Cit Saat di Gas

Umunya sensor mass airflow rusak ini disebabkan karena pemasangan filter yang kurang pas, filter udara yang terkalu kotor dan harus diganti dengan yang baru.

Agar memperpanjang usia filter bersihkanlah setiap 10.000 km dan jika sudah menyentuh angkah 40.000 km wajib segera untuk diganti.  Namun hukum ini tidak bisa jadi patokan seluruh tipe mobil. Terkadang ada jenis mobil yang dituntut untuk menggantial filter udara lebih cepat.

Ansa bisa melakukan pengecekan komponen kabel-kabel apakah ada yang terbakar atau tidak. Terbaraknya kebil ini bisa membuat lampu indikator mobil menyala. Terkadang kabel yang sering terbakar adalah kabel busi.

Sebaiknya jika menemukan bagian kabel busi yang sudah mengalami keretakan segeralah ganti yang baru serta cek kondisi busi apakah masih layak pakai atau tidak.

Komponen Yang Banyak Mengalami Masalah 

4 komponen ini juga dapat menyebabkan lampu check engine mada motor anda menyalah sehingga perlu dilakukan pengecekan secara teliti.
  • Busi dan kabel-kabel
Seperti yang sudah saya jelaskan diatas komponen busi sera kabelnya juga bisa menjadi penyebab. Bila lampu indikator nyala dan dibarengi sedikit ada goncangan pada mobil kemungkinan besar hal itu disebabkan pada busi. Gantilah busi mobil anda jika sudah mobil sudah menempuh jarak 40.000-60.000km agar tidak mengalami masalah ini. Sebaiknya gantilah busi berstandar parik agar awet.
  • Catalytic Converter
Catalytic converter memilifi fungsi cukup penting yakni sebagai pengubah karbon monoksida dan senyawa lainya menyadi senyawa yang ramah lingkungan. Jika rusak atau tidak dapak bekerja dengan semestinya maka dapat menimbulkan pembuangan gas yang kurang stabil yang akan membuat tarikan mobil terasa berat. Baca juga Cukup Gunakan Bahan Ini Mesin Mobil Kembali Kinclong Seperti Baru
  • Sensor Oksigen
Sensor oksigen yang tidak berfungsi juga dapat menyebabkan lampu check engine avanza menyala.terus. Fungsi dari sendor ini adalah untuk menganalisa jumlah oksigen yang masuk pada knalpot. Pada jumlah terentu sensor akan menentukan berapa jumlah bahan bakar yang terbakar.
  • Sensor Aliran Massa Udara(MAF)
 MAF(Mass Air Flow) memiliki fungsi untuk menghitung jumlah udara yang masuk ke mesin. Dengan ini komputer dapat menaikkan atau menurunkan komsumsi bahan bakar yang tepat. Jika MAF ini dibiarkan rusak maka akan menyebabkan komsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Untuk menghindari masalah ini gantilah filter udara tepat waktu.

Jika sudah mengetahui penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil kenapa tidak diperbaiki sendiri saja ? Kan lumayan ongkos montirnya bisa dipergunakan untuk beli yang lainya hee..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel