Penyebab Lampu Injeksi Berkedip Pada Motor Mio J


Penyebab Lampu Injeksi Berkedip Pada Motor Mio J - Berbeda dengan motor carburator motor bertenologi injeksi ini memiliki tampilan beda khususnya pada pada bagian speedometer tepatnya adalah adanya lampu indikator yang berwarna kuning yang bisa menyala dengan sendirinya dan juga bisa berkedip. Untuk mengetahui lebih jelasnya kegunaan lampu ini mari simak artikel berikut ini.


Tidak hanya pada motor jenis matic, motor bebek dan motor sport asalkan berteknolgi injeksi pasti ada lampu warna kuning ini. Pada umumnya lampu indikator ini hidup secara otomatis ketika kontak motor dalam posisi ON/hidup kemudian selang beberapa detik akan mati dengan sendirinya. Namun jika lampu ini tidak menyala dengan semestinya misal lampy menyala terus atau bahkan berkedip patut untuk anda mencurianya.

Para mekanik bengkel AHASS Honda lampu warna kuning dikenal dengan nama MIL "Malfunction Indicator Light" atau biasa disebut dengan lampu check engine. Lampu indikator ini layaknya notifikasi yang akan hidup secara onomatis jika terjadi suatu masalah pada komponen mesin.

Baca juga Sebenarnya Berapa Bulan Sekali Sih Motor Injeksi Harus di Servis ??

Karena hal ini terjadi pada sektor injeksi jadi hanya bengkel resmilah yang bisa men scan dan mengetahui bagian komponen manakah yang mengalami masalah. Wah ribet juga ya ternyata punya motor injeksi.

Penyebab lampu injeksi berkedip pada motor

Masalah Pada Saringan Udara

Tugas filter udara ini adalah untuk menyaring udara yang masuk keruang bakar sehingga partikel debu dan kotoran tidak iku masuk kedalan ruang mesin. Bila kondidi filter sudah rusak atau kotor tentu filter tidak dapat menyari udara secara maksimal yang mengakibatkan tarikat gas dan laju motor jadi terasa berat. Maka dari itu segaralah ganti filter jika sudah dalm kondisi yang kotor.

Terkadang banyak kaula muda justru malah mencopot saringan udara ini untu mendapatkan suara motor yang khas. Justru hal ini merupakan perbuatan yang salah, filter udara yang dicopot itu berarti udara bebas masuk kedalam raung bakar tanpa proses penyaringan yang berakibat debu halus bahkan kasar dapat ikut masuk ke dalam karburator motor injeksi, Lihat juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi

Power Supplay ke Injektor Rusak

Penyebab berikutnya dikarenakan regulator tidak berfungsi yang menyebabkan battry aki tidak dapat terisi penuh. Bila lampu indikarot nyaka dan berkedip hingga 46 kali maka ini menandakan ada kerusakan pada power supplay.

Masalah pada ECU Motor

ECU merupakan komponen paling terpenting pada motor. Sama hal nya dengan ECU mobil, ECU pada motor juga berfungsi untuk mengkontrol semua fitur pada mesin injeksi. Mulai dari bukaan bensin, ridhing mode serta campuran udara. Jadi jika ECU ini mengalami kerusakan maka dapat memicu kerusakan pada sektor injektor.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya 

Masalah Throttel Position Sensor

Throtee position sensor berfungsi untuk membaca besaran buka tutup gas dan akan memberikan sinyal ke ECU. Jika mengalami kerusakan gejala yang ditimbulkan adalah permutaran mesin jadi berat bahkan tidak pada idealnya. Bila dibiarkan terus rusak maka akam membuat laju motor kurang responsif.

Penyebab lampu injeksi berkedip pada motor j lainya adalah adanya kerusakan pada komponen pulser atau pengapian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel