Sebenarnya Berapa Bulan Sekali Sih Motor Injeksi Harus di Servis ??


Servis motor injeksi berapa bulan sekali ?? Mungkin ini merupakan banyak pertanyaan yang dilontarkan para baikers yang pakai motor dengan mesin injeksi. Ya iya lah secara motor keluaran terbaru sekarang pakai mesin injeksi semua.hadehh..


Kalau sampean sendiri rutin gak servis motor nya?? wah kalau ane sih waktu pass ada duit lebih aja waktu servisnya itupun cuman servis ganti oli doang. Brakkk.. Mungkin jawaban tersebut mewakili perawatan motor anda.

Jika membeli motor baru tidak akan mengalami masalah yang cukup serus. Namun jika sudah menginjak 1 tahun lebih anda akan merasakan adanya perbedaan contoh misal tarikan gas menjadi berat suara mesin sedikit brebet dll. Terlebih lagi motor anda menggunakan teknologi injeksi yang mengakibatkan jika ada masalah di dalam mesin kita sulit mengetahuinya.

Baca juga 3 Cara Membersihkan Injeksi Motor Sendiri Tanpa Ke Bengkel

Melakukan servis motor injeksi dua bulan sekali atau pada saat setiap melakukan pergantian oli mesin. Sehingga jika ada spare part yang sudah mulai aus anda bisa mengetahuinya. Oli mesin sendiri dapat kita ganti jika motor sudah menempuh jarak 2.000 km.

Untuk perawatan ringan sendiri subat bisa menyemprotkan cairan carburator cleaner sebagai pembersih mesin injektor sobat.

Biaya servis motor dengan fitur injeksi ini bervariasi tergantung jenis dan tipe motor. Harga servis Honda Vario dan sejenisnya seharga 75rb serta untuk Honda PCX biaya tersebut sudah termasuk servis lengkap. Jika anda membeli motor baru dari dailler akan mendapatkan 4x servis geratis dan 1x gratis penggantian oli.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel

Mungkin harga tersebut akan berbeda jika sobat melakukan servis di bengkel umum atau bengkel pinggir jalan. Namun akan lebih baik jika anda melakukan servis di bengkel resmi yang memiliki alat untuk mendeteksi/mengecek mesin injektor motor sehingga jika anda masalah anda bisa mengetahuinya.

Pengalaman pribadi dulu saya pernah melakukan servis di bengkel pinggir jalan tepatnya ingin mengganti v belt yang sudah aus. Pada awalnya sih saya ragu masalak bukak vbelt malah dipukuli pakai palu besar jadi khawatir kan gue. Dan ternyata firasat gue benar mangkoan/penjepit vbelt pecah karena kerasnya hantaman palu. Bukanya motor jadi bagus jutru malah rusak parah dan akhirnya saya pun langsung membawanya ke bengkel resmi tepatnya di bengkel Ahass.

Baca juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi 

Dengan pengalaman diatas menyimpulkan bahwa bengkel pinggir jalan tidak memiliki alat yang cukup lengkap ke timbang di bengkel resmi. Sehingga mereka menggunakan alat seadanya untuk membuka vblet serti memukulnya dengan palu. Untuk membuka mangkokan vbelt itu ada alat khususnya jadi jika digunakan tidak melukai spart part tersebut. Ujar mekanik bengkel Ahass."

Sudah terjawab bukan pertanyaan anda tentang Servis motor injeksi berapa bulan, Perawatan motor yang rutin pasti akan merasa nyaman saat anda kendarai dan yang terpenting tentu akan membuat aman saat mengendarainya dengan kecepatan tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel