Cara Merawat Motor Matic Scoopy Injeksi Biar Awet dan Tidak Mogok


Cara merawat motor matic scoopy injeksi - Dijaman yang serba cepat ini menuntuk kita agar selalu cepat baiki saat masuk kerja ataupun saat berpergian. Tak heran jika saat ini pemerintah tengah gencar gencarnya untuk membangun transprotasi masih yang bisa mengangkup banyak penumpang. Di ibu kota misalkan kemarin sudah meresmikan mode transportasi masal MLR yang digadang gadang dapat pempersingkat waktu perjalanan dan yang terpenting bebas dari kemacetan.


Bahkan saat ini banyak bermunculan mede transportasi berbabis online seperti greb, goojek dll. Yang memudahkann kita untuk berpergian tanpa perlu pergi ke halta untuk sekedar menunggu angkot maupun tukang ojek.

Meskipun sudah ada mode transportasi masal serta transportasi online, namun kendaraan pribadi masih jadi primadona saat ini baik untuk bersangkat kerja ataupun belanja ke pasar khususnya untuk kendaraan roda 2. Bahkan setiap tahun penjualan sepeda motor justru malah semakin meningkat. Tak heran jika dijalan kota kota besar maupun jalan pedesaan kini dipadati roda 2 ini.

Dulu..motor bebek merupakan tipe motor yang paling populer serta paling digemari. Berbeda dengan motor sport yang perlu memainkan kopling, motor bebek ini tanpa perlu memainkan kopling tangan motor sudah bisa jalan.

Baca juga Sebenarnya Berapa Bulan Sekali Sih Motor Injeksi Harus di Servis ??

Seiring dengan persaingan pasar saat ini bermunculan motor yang menggunakan mesin automatic/matic. Sejak kemunculanya seperti Yamaha Mio dan Honda Vario motor matic ini pun langsung membludak dan menggeser popularitas motor bebek.

Pada tahun ini saja banyak bermunculan jenis motor matic salah satu contoh misalkan Honda Scoopy. Awal kemunculanya jenis motor ini masih menggunakan sistem karburator sebagai teknologi pembakaranya. Seiring kemajuan teknologi Honda Scoopy terbaru saat ini menggunakan teknologi injeksi sehingga dapat menekan konsumsi bahan bakar, performa motor lebih bertenaga, memperpanjang usia motor dll.

Cara merawat motor scoopy injeksi ini tidak jauh beda degan melakukan perawatan pada motor matic karburator. Perawatan dapat anda lakukan sendiri dirumah ataupun di bengkel untuk menjaga motor tetap awet dan bertenaga. Perawatan apa sajakah yang dilakukan ??

1. Memanaskan Mesin

Tidak hanya motor yang menggunakan transmisi manual, motor matic juga penting untuk memanaskan mesin diwaktu pagi hari atau pada saat motor pertama kali dinyalakan. Sepele sih memang, namun banyak orang yang enggan memanaskan mesin terlebih dahulu karena alasan terburu-buru.


Mengapa memanaskan mesin ?? Proses pemanasan mesin ini bertujuan untuk melumasi semua komponen mesin serta komponen injektor anda. Sehingga mesin akan siap bekerja ketika kita sudah memutar gas.

Baca juga Cara Yang Benar menggunakan Carburator Cleaner Pada motor Injeksi

Anda cukup meluangkan waktu selama kurang lebih 5 menit atau sampai suara mesin sudah terasa stabil. Pemanasan mesin yang benar adalah dengan posisi kontak OFF terlebih dahulu kemudian gunakan starter kick/ongkelan kaki berulang kali. Hal ini bertujuan agar oli mengalir pada komponen didalam mesin. Baru kemudian anda menyalakan kontak pada posisi ON dan mesin siap untuk dinyalakan.

2. Penggantian Oli

Perawatan motor matic injeksi honda berikutnya ialah dengan melakukan penggantian mesin secara rutin. Penggantian oli dapat anda lakukan sesuai petujuk yang tertulis pada buku panduan waktu awal pertama membeli motor atau anda bisa melakukan penggantian oli setiap motor sudah menempuh jarak 2000km(sekitar 2-3 bulan sekali). 

Karna motor kita jenis transmisi automatic maka gunakanlah oli khusus motor matic. Untuk motor Honda oli yang direkomendasikan pabrik adalah mrek MPX 2 atau SPX 2. Untuk harganya sendiri oli MPX 35 rb dan untuk SPX 2 harganya lebih mahal sekitar 50rb.

3. Membersihkan Filter Udara

Hal yang tidak kalah peting adalh melakukan pembersihan filter udara. Sering berjalanya usia motor filter udara ini akan kotor dan banyak debu yang menempel. Fungsi filter merupakan sebagai penyaring udara yang masuk ke dalam mesin,  jika penyaring ini kotor otomatis udara akan susah masuk yang mengakibatkan tarikan motor menjadi terasa berat.

Baca juga Tips Sederhana Membersihkan Busi Motor yang Sudah Matii Tanpa Ke Bengkel 


Anda bisa membersihkan filter udara ini dengan cara membuka ke empat baut dan ambil filter penyarinya kemudian bersihkan dengan kuas cat atau cukup dengan mengetok-ngetokan saja. Namun akan lebih baik jika filter sudah kotor sebaiknya anda menggatinya dengan yang baru karena jika penyaring sudah rusak udara kotor yang musuk justru malah akan merusak mesin injeksi.

4. Membersihkan Ruang CVT

Untuk mengerakan roda belakang motor matic memerlukan vbelt sebagai pengerak roda belakang jadi merawat komponen ini juga tak kalah penting. Untuk melakukan perawatan pada vbelt ini cukup dengan membersihkan partikle yang menempel pada dinding vbelt. Untuk mempermudah membersihkanya gunakan kuas cat. Namun akan lebih anda bisa menyemprotkan aingin dari kompersor jika memiliki mesin kompresor.

Saat membersihkan ruang vbelt cek juga kondisi vbelt apakah masih bagus atau sudah aus. Anda bisa mengeceknya dengan cara mencongkel baigian dalam pakai obeng kemudian lihatlah bagian bergerigi tersebut jika sudah ada bekas retakan segeralah ganti dengan yang baru biar tidak putus ditengah jalan.

5. Semprotkan Carburator Cleaner

Jika belum mengerti, carburator cleaner adalah suatu cairan yang wadahnya seperi cat pilox yang digunakan untuk membersihkan ruang injektor. Cara menggunakan carburator cleaner ini sangatlah mudah yakni dengan membuka filter udara kemudian semprotkan cairan tersebut beberapa kali dengan posisi mesin nyalah dan buka tutup gas atau dibleyer-bleyer. Agar lebih jelasnya sampean bisa baca diaturan pakai yang tertera di kemasan.


6.  Melakukan Servis di Bengkel Resmi

Perawatan motor injeksi honda terakhir adalah dengan melakukan sevis di bengkel sesekali atau beberpa kali lebih bagus. Kelebihan servis adalah memiliki alat yang lengkap yang bisa digunakan untuk mengecek dan memprogam ulang mesin injektor jika mengalami kerusakan kerusakan.

Selain itu servis dibengkel akan membuat anda tau apakah ada komponen yang harus diganti seperti kampas rem, oli cakram, kondisi roler dll.

Baca juga Kenali Tanda dan Gejala Jika Busi Motor Akan Mati dan Cara Mengatasinya

7. Gunakan BBM Berkualitas

Terakhir, gunakanlah bahan bakar yang berkualitas. Pertamina sendiri memiliki 3 pilihan untuk bahan bakar motor seperti premium, pertalite serta pertamax. Sebagai rekomendasi untuk motor matic ijeksi ialah gunakan bensin pertamax.


Mengapa harus pertamax? Kelebihan bahan bakar pertamax ketimbang yang lainya ialah membuat pembakaran didalam mesin lebih sempurna sehingga tidak meninggalkan kerak. Pembakaran yang sempurna tersebut akan membuat mesin injektor selalu bersih serta membuat busi tidak mudah kotor/lebih awet.

Penjelasan cara merawat motor matic scoopy injeksi diatas dapat kami harapkan bisa membuat kuda besi anda lebih awet dan siap digunakan untuk pergi kemanapun tanpa takut ada masalah ditengah jalan seperti mesin mogok.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel