100% Berhasil - Cara Membuat Warna Cat Abu abu Metalik


Cara membuat warna abu abu metalik - Hallo dullur.. Tak hanya handal saat memegang spray gun, meanik cat juga dituntut trampil mampu mengoplos berbagai motif warna dari yang standar atau ke tingkat yang lebih sulit. Jika melihat katalok cat kita akan disuguhkan ratusan pilihan warna mulai primer, sekunder dan tertier.

Warna primer merupakan warna-warna dasar merah, biru dan kuning. Sedangkan sekunder adalah campuran dua warna primer yang terdiri dari orange, ungu dan hijau. Untuk menghasilkan warna  tertier dibutuhkan perpaduan warna primer dan sekunder atau warna sekunder dengan sekunder. Mungkin penjelasan ini mengingatkan kita pada pelajaran seni rupa tempo dulu.

JIka tidak mampu membuat warna-waran sulit saat ini banyak toko cat yang menyediakan oplos warna cat tentu dengan harga yang lebih mahal. Bayngkan untuk ukuran 1ons 40rb dan untuk 1kg nya 190rb(harga tersebut tergantung kualitas cat yang dipakai). Bila kita bisa melakukanya sendiri tentu lebih menghemat biaya dengan memanfaatkan sisa-sisa cat yang tidak terpakai. Mubazirkan bila dibiarkan mengering.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya 

Berbeda dengan jenis lainya warna abu abu atau bisa disebut dengan bulu kera merupakan cat yang banyak digemari tak heran bila berapa pabrikan mobil mempertahankan warna ini dan selalu tersematkan pada mobil keluaran terbaru. Diantaranya Honda Jazz, Mobillio, Toyota Avanza, Inova, Agya, Suzuki Ertiga dan lainya. Bahkan saat ini sepada motor juga memakai warna netral ini.

Bila diamati warna bulu kera ini adalah perpaduan antara warna silver metalik dan warna hitam. Jadi kita tinggal menyampurkan ke dua warna tersebut dengan takaran yang pass.

Tips Cara Membuat Warna Abu abu Metalik 

Pertama siapkan cat hitam merk apapun bisa pakai penta super gloss atau lainya asalkan warna solid dan cat cristal silver/silver metalic seperlunya.

Laba laba(silver) Top color (hitam)
 






Untuk mempermudah mixing warna siapkan botol aqua bekas dan tuangkan warna hitam terlebih dahulu, untuk volumenya dapat disesuaikan seberapa banyak yang dibutuhkan. Berikutnya tuang sedikit demi sedikit warna silver dan aduk hingga tercampur rata.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor 

Bila takaran warna kurang pas tambah lagi cat silvernya aduk pakai sendok dan coba cek kembali, untuk lebih memantapkannya ambil sedikit dan coba semprot pakai spray gun pada media lain misal plat kaleng yang sudah dipotong sedemikian rupa atau pada drum bekas.

Cara Mengecat Warna Abu abu
Sebenarnya tak jauh beda dengan warna lainya yaitu menggunakan thiner super sebagai pelarutnya dan dialkasikan secara tipis-tipis. Yang perlu dipadahi adalah jangan mengecat warna bulu kera ini disaat cuaca mendung atau kurang panas, karena dapat membuat warna cat jadi terbalik atau istilahnya mbulak kayak ada awan-awan mendung gitu kehitaman. Penyemprotsn harus dilkukan secara merata dengan setelan angn yang pas.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Begitu pun juga saat proses clear coat dilakuakan secara tips dan berulang sampai rata, selain membuat cleat coat meleleh bila di semprotkan terlalu tebal juga membuat warna cat jadi kehitaman seperti saat proses pengecat tadi. Ya gampang-gampang susah sih, namanya juga kerajinan tangan terkadang hasil tidak sesuai yang diharapkan itu hal yang wajar.

Kesimpulanya dari cara membuat warna abu abu metalik adalah dengan mencampurkan dua warna yakni silver metalic dan hitam dengan takaran yang sudah kita sesuaikan. Semakin bagus kualitas cat yang dipakai tentu akan menghasilkan warna yang lebih tajam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas