Cara Mempoles mobil Dirumah Dengan Tangan Atau Mesin

Cara memoles mobil dengan tangan dan mesin - proses pemolesan merupakan pilihan detailing ampuh untuk mengembalikan cat mobil yang kusam kembali frees. Untuk mendapat hasil maksimal dibutuhkan ilmu/teknik agar memperoleh hasil yang diharapkan. Salin itu pengguna bahan serta peralatan juga perlu diperhatikan.

Proses pemolesan cat lama mobil bisa dilakukan dengan dua metode yakni pakai mesin khusus manual dengan tenaga tangan. Bila pengen menjajal sendiri Dirumah anda perlu meluangkan waktu yang tak sedikit, pasalnya untu full body luar dalam bisa 3-5 jam mungkin kalau manual bisa lebih lama.

Seperti kata pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, kita juga mendapat nilai lebih saat tahap poles berlangsung. Misal menghilangkan goresan halus, menghilangkan warna kuning pada cat putih atau memberikan bercai air yang cukup menganggu. Baca juga Update Biaya Cat Ulang Mobil Full Body Bengkel Auto 2000 VS Biasa

Persiapan alat dan bahan-bahan poles


Sebelum meninjak lanjuti pembahasan, mempersiapkan alat dan bahan juga tak kalah penting. Berikut adalah peralatan dan bahan pendukung yang perlu disediakan :

  • Obat atau cairan poles
Agar mampu mengangkat residu dan partikel jamur peran obat poles sangat penting. Agan bisa memakai invory Rubbing chompound atau sering disebut kompon putih.

Selanjutnya bisa mempersiapkan obat waxing diakhir finishing nanti. Proses wax disini sangat penting untuk menambah tingkat golssy serta menghilangkan bekas kompon pada cat. Beberapa merk wax yang bagus untuk mobil diantaranya Turrell wax, kit metalik Polish, 3m premium wax atau brand lainya.
 
  • Mesin poles
Keberadaan mesin poles akan mempercepat proses polis, dari yang manual ke otomatis. Ukuran mesin poles juga bermacam macam sesuai kebutuhan, namun umumnya pakai ukuran 5 inchi dengan kecepatan putar 900-4400 rpm sangat pas dipakai buat ukuran mobil premium/medium.
 

Sedangkan kain untuk mesin poles tesrdapat dua macam Wool pad dan foam pad dengan fungsi yang berbeda. Bila sekdar poles ulang bisa pakai foam pad.



Apakah mesin poles wajib disediakan ? Seperti yang saya sampaikan tadi mempoles mobil bisa dikerjakan secara manual dengan memakai lap microfiber, namun akan terasa sedikit melelahkan. Jadi mesin poles dapat mempermudah pekerjaan anda, toh peralatan itu tidak sekali pakai alis dapat dipakai berulang ulang dengan menganti foam pad bila mulai tipis.
 

Urutan cara mempoles body mobil dengan mesin
  • Steep pertama

Sebelumnya cuci bersih kendaraan, atau setidaknya dibersihkan dengan kanebo. Kotoran serta butiran debu yang menempel justru merusak lapisan cat saat di poles. Karena memakan waktu cukup lama posisikan mobil tempat teduh sekiranya tidak ada debu berterbangan. 
 
  • Steep ke dua

Proses pengerjaan dapat dilakukan 3 tahap, mulai dari body kap depan, bagian sisi kanan kiri terakhir kap depan dan panel belakang.
 

Oleskan kompon putih secara merata pada body yang akan dipoles. Selanjutnya tinggal nyalakan mesin dan beri sedikit tekanan saat ditempelkan pada permukaan cat. Idealnya butuh 20-30 menit waktu yang dibutuhkan untuk mempoles perpanel.
 
  • Steep ke tiga
Bila tahap poles sudah selesai tinggal dibersihkan secara menyeluruh hingga ke selan handle mapun list kaca pakai sikat gigi, akan bagus lagi bila dicuci dengan air mengalir.

Bisa kompon seperti butiran putih halus jika tidak segera dibersihkan bila mengering akan susah dihilangkan.
 
  • Steep ke empat
Proses waxing, jangan lewatkan tahap akhir ini ya gan. Karena meski tahap poles berakhir bila cat belum terlapis wax daya gossy yang dihasilkan belum terpancar atau lebih terlihat keputihan seperti ada kabut tipis yang menutupi nya.
 

Bubuhkan cairan wax secara merata, tinggal kita gosok secara melingkar dengan sedikit tekanan. Biar ngak merusak cat usahakan lap yang dipakai bertekstur halus.

Bila sudah selesai jangan langsung dihentikan, lakukan pemeriksaan kembali disetiap panel body. Jika dirasa masih ada yang buram ulangi kembali pemolesan, bila dirasa sudah cukup tinggal menandangi hasilnya.
 
Jika tidak sempat melakukanya sendri agan bisa menyerahakan ke bengkel body repair yang kami keloloa AutoClinc. Selain poles kami juga menerima cat ulang dan memperbaiki mobil penyok. 
 

Turtorial poles mobil tanpa mesin manual

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, tanpa memakai mesin anda bisa mempoles mobil secara manual dengan tangan anda. Namun memoles dengan tangan bukan perkara mudah, dibutuhkan stamina ekstra untuk membuat cat kembali kinclong. 

Cara poles mobil menggunakan tangan tidak jauh beda dengan pakai mesin. Anggap saja fungsi mesin diganti tangan yang bekerja dengan gerakan memutar berulang.

Anda cukup mengoleskan kompon secara merata kemudian tinggal digosok berulang pakai lap microfiber hingga cat kembali kinclong. Terakhir tinggal diberi lapisan coating wax.

Sebetulnya ada cara exstrim untuk mempersingkat proses pengerjaan yaitu dengan mengaplasnya sebelum dipoles. Untuk ukuran amplas gunakan grid paling halus nomor 2000, biar lebih halus pakai amplas bekas.
 

Amplas cat yang akan dipoles dengan tidak menekannya, cukup dilakukan secara lembut untuk menghilangkan residu maupun endapan jamur yang menebal.

Terkahir tinggal kita poles, bekas baret amplas akan menghilang saat proses pengomposan berlangsung. Dengan begini tugas besin lebih ringan/cepat.

Sampai disini seputar cara mempoles mobil dengan mesin dan tangan. Bila sudah masuk detiling biaya poles body mencapai 300-400 harga yang cukup mahal, pasalnya bila dilakukan sendiri hanya butuh 100.an untuk pembelian bahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas