Teknik Menambal Body Mobil Kropos Pakai Serat Fiber

 

Teknik Menambal Body Mobil Yang Kropos Pakai Serat Fiber - Bagi pemilik kendaraan roda empat mungkin pernah dipusingkan dengan masalah kropos baik pada lantai atau lainya. Maklum saja seiring dengan tertambahnya usia ditambah minimnya perawatan lambat laun plat akan timbul karat yang berangsur-angsur jadi lubang cukup lebar. Ya meski sudah diberi lapisan cat anti karat belum menjamin terbebas dari korosi terlebih bila lokasi kita di pesisir laut.

Meski karat bukan permasalahan cukup fatal, namun jika dibiarkan bakal menggerogoti seluruh body berbahan plat. Ya proses oksidasi hukum alam ini memang tidak bisa kita hindari masbro, mungkin kedepanya ada yang berinifasi mobil berbahan karet anti karat. 😄😄

Umumnya mengatasi lantai mobil yang bolong dibutuhkan proses pengelasan pakai las karbit dengan cara memotong plat yang kropos dan ditambal kembali. Jika usah masuk bengkel istilah ngetrenya body repair tentu biaya perbaikan mobil kropos tidak lah sedikit belum lagi ketambahan ongkos buat catnya biar ngak karatan kembali.

Tidak tersebut tidak sepenuhnya benar  faktanya kita bisa memperbaiki sendiri body mobil kropos dengan mudah.  Jika dilakukan sendiri tentu estimasi biaya akan lebih berkurang dan dapat dikerjakan dengan cepat. Berbeda bila dilakukan di bengkel kenteng harus antri 1-2 hari baru digarap itupun kalau tidak antri.  bahkan ada beberapa bengkel nakal yang pakai plat bisa/bekas, akibatrnya tidak sampai satu tahun sudah timbul korosi. Kita yang rugi kan.

 Baca juga Cara Membuat Pembersih Plafon Mobil Buatan Sendiri 

Pendapat ini tidak bermangsud mendiskreditkan  para pemikik bengkel, faktanya masih banyak bengkel diluar sana yang mengkedepankan kualitas dengan harga bervariasi. Jika pintar menawar mungkin bisa lebih murah masbro. 

Teknik atau Cara Menambal Body Mobil Yang Kropos Pakai Fiber

Sebelumya siapkan alat dan bahan yang meliputi :

1. Serat fiber 

 fiber merupakan matrial yang berupa potongan-potongan halus, lentur yang memanjang. Secara umum banyak diapliaksikan untuk mencetak beragam benda misal body kit, spoiler atau semacamnya. Secara garis besar fiber dibagi menjadi 2 yakni alami dan sintetis. Sedangkan yang banyak dijumpai merupakan sintetis yang dibuat dari bahan kimia.

2. Lem

Tentu untuk perkatnya pakai lem khusus atau biasa disebut fiberglass. Bisa pakai dari aquaproof atau resin yang berwarna butek.

3. Kuas

4. Dan amplas untuk membersihkan sekitar area kropos yang ditutup.


Cara memperbaiki sendiri body mobil yang kropos tanpa las

Tahap pertama adalah dengan membersihan karat. Bisa dengan mengaplasnya pakai mesin gerinda atau diamplas secara manual. Usahakan body yang akan kita tambal bersih tanpa ada bekas minyak, oli dan pastikan tidak ada endapan air tau anda bisa mebgeringkanya terlebih dahulu. Jika ada sisi dempul anda bisa mengeroknya terlebih dahulu.

Baca juga Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur

Selanjutnya tinggal mengoleskan lem fiberglass secara merata disekeliling body yang kropos dibantu kuas cat. Berikutnya tinggal memotong serat fiber sesui ukuran seberapa lebar lubang yang ditambal kemdian letakkan diatas lem dan bisa ditimpa lem kembali biar kuat dan mengeras. 




 

Biar tambalan yang dibaut makain mantap dan bertahan lebih lama anda bisa membuat 3-4 lapis dengan memberi lapisan lem disetiap lapisan fiber. Tinggal kita tunggu 24 jam agar mengering dan mengeras untuk siap di dempul/dicat.

Kelebihan menambal mobil kropos dengan fiber

Sitiap orang bisa melakukan tanpa perlu keahlian khusus mudah dan prosesnya lebih cepat. Jika dilakukan di bengkel las lebih memakan waktu dengan biaya yang cukup mahal ketimbang pakai fiber, bahkan bisa seperlimanya.  Baca juga Cara Mempoles Mobil Agar Mengkilap Seperti Baru

Kekurangan

Karena terbuat dari bahan ala kadarnya jadi rentan pecah bila mengalami benturan, namun dalam jangka 1-2 tahun masih menempel cukup kuat meski dipakai menerjang banjir sekalipun.


Cara Merawat Body Mobil Agar Tidak Cepat Kropos

Untuk perawatan secara permanan anda bisa melapisi bagian kolong-kolong mobil maupun pintu sisi dalam memakai cat anti karat atau bisa melapisinya dengan flingkut . Atau setidaknya menjaga kebersihanya dengan cara membilanya dengan air tahan setelah kehujananan. Biar makin aman pilihlah car wash yang memiliki alat hidrolis supaya sela-sela bawah lantai tersiram air dan sabun. 

Bagaimana ? gampang bukan, teknik menambal body mobil yang kropos pakai serat fiber.  selan mudah pastinya lebih irit ketimbang membawnaya ke bngekel las karbit yang tidak menutup kemungkinan estimasi biaya semakain membengkak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas