Tips Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Berjamur


Cara membersihkan jok mobil yang berjamur - Mencuci mobil merupakan sebuah rutinitas yang perlu dilakukan agar membuatnya selalu tampil mengkilap. Namun tahu kah anda jika tdak sedikit orang yang melupakan akan kebersihan pada sektor interior karena banyak yang beranggapan komponen di dalam kabin tidak begitu terlihat. Paling kalau dibersikan ya cuman di lap-lap itu aja tampa ada perlakuan khusus.


Selain karena kurangnya kebersihan berjamur nya jok mobil ini juga disebabkan karena faktor lainya seperti tumpahan air minum, sofdring, jok di injak-injak(khusus buat anak kecil), terkena tumpahan makanan atau karena air liur juga bisa. Noda diatas merupakan salah satu contoh kecil yang jika tidak segera dibersihkan dapat berubah menjadi jamur.

Pastinya bila kulit jok kotor tentu kita akan merasa risih saat menaiki mobil tersebut. Biar interior mobil terlihat bersih  tidak ada salahnya saat ada waktu lenggang untuk melakukan bersih-bersih pada sektor kabin tersebut. 

Tentu jika membawanya ke salon kita juga butuh budget yang tak sedik untuk membayarnya pada hal jok hanya kotor sedikit saja. Biar ngak repot-repot dan tidak terlalu menghambur-hamburkan duit kiat bisa melakukanya sendiri dirumah dengan bahan yang mungkin sudah tersedia dirumah anda. 

Cara mudah membersihkan jok mobil yang kotor dan berjamur

Jika tertarik untuk membersikanya sendiri dirumah sobat cukup menyiapkan alat dan bahan seperti :
  • Lap yang bersih
  • Semprotan air(bekas kisprai atau semprotan mandi burung)
  • Wadah kecil(bisa pakai botol air minum/gelas plastik)
  • Sabun cuci piring(mama lemon/sunlight)
  • Asam sitrat
Untuk memudahkan proses pengerjaan tidak ada salahnya untuk menurunkan/melepas jok dari dalam mobil dengan cara membuka ke empat baut kunci 14 inckhi. Toh bila dikerjakan di luar kabin akan leluasa dan yang lebih penting dapat menjemurnya setelah semua proses pembersian selasai.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Selanjutnya anda busa membuat adonan cairan pembersih dengan cara mencampurkan sunlight, mama lemon asal jangan mama mertua sob😀 tuangkan secukupnya sabun cuci piring tersebut ke wadah gelas kecil serta campurkan sitrum secukupnya dan campurkan air barulah anda bisa mengaduknya hingga tercampur rata. Sebenarnya disini tidak ada takaran yang pas, cukup gunakan takaran 5 sendok makan subun cucu piring dengan 3 sendok makan asam sitrun serta seperempat air untuk takaran botol gelas air minum.

Takaran bisa disesuaian dengan seberapa banyak noda jamur serta kotoran yang menempel pada jok, jika jamur banyak menempel buatlah adonan yang sedikit banya. Asalkan jangan terlalu banyak air biar jok tidak terlalu basah. ". Ujur mas wahyu salah satu pemilik car wash di kota Pati."

Baca juga
Daftar Harga Biaya Cat Mobil Full Body KIjang Super

Setelah tercampur rata tuangkan ke semprotan air dan tutup hingga rapat. semprotkan cairan pembersih beberapa kali dan tunggu beberapa saat agar melunak. Gosok pakai lap yang kering dan berserap tingga, untuk tahap ini sangat disarankan memakai lap microfiber.

Jika noda masih sulit hilang semprotkan kembali cairan tadi dan gosok berulah kali hingga dipastikan noda jamur menghilang. Jika masih sulit sesekali anda bisa menggosoknya pakai sikat gigi yang memiliki bulu halus biar tidak merusak kulit jok anda. Bila masih membandel anda bisa pakai cairan vanish pencuci pakaian untuk mengangkatnya.

Bila semua tahap selesai dan jok kembali bersih terakhir jemur jok tersebut dibawah terik matahari secara langsung. Bila memiliki mesin pengering seperti hair dryer atau sejenisnya anda bisa mengeringkanya pakai mesin.

Selain menggunakan bahan racikan sendiri, jika tidak mau ribet campur bahan ini itu alternatif lainya bisa menggunakan bahan pembersih komersil yang banyak dijual di pertokoan maupun minimarket seperti Kit Multi Purpose Super Cleaner ayng dijuakl seharga 24rb.an untuk ukuran 500 ml.

Cara menggunakan Kit multi purpose super cleaner pun sangatlah mudah yakni tinggal semprotkan ke jok yang kotor dan bersihkan pakai lap yang kering. Agar noda kotor dan bekas jamur tidak merambat ke bagian lainya ganti lap yang baru jika sudah kotor dan pastikan jamur, kotoran yang menempel benar-benar hilang untuk membersihkan bagian jok lainya.

Tidak hanya dengan sabun cuci piring, membersihkan jok mobil yang berjamur yang dengan m,udah bisa anda lakukan sendiri dirumah. Kendaraan merupakan barang berharga atau bisa dikatakan aset investasi kita jadi rawatlah sebaik baiknya sehingga bila sewaktu-waktu akan dijual masih memiliki harga yang cukup tinggi.  Jadi penting untuk melakukan perawatan secara rutin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas