Cara Ampuh Menghilangkan Striping Motor Yang Sudah Lama

Cara menghilangkan striping motor yang sudah lama bisanya dilakukan si pemilik motor yang sudah merasa bosan dengan stiker bawaan pabrik. Sehingga tak sedikit yang ingin mencopot nya sekedar ingin menyegarkan tampilanya dengan mengganti stiker yang lebih kece atau sekedar mengupgrade nya agar terlihat seperti motor keluaran terbaru. 

Namun tahukah kamu untuk melepas striping asli sebetulnya gampang gampang susah karena bentuknya yang tipis dan lem merkeat cukup kuat bahkan ada yang terlapis clear coat. Meski bisa ditarik secara perlahan striping motor tetap akan sobek. Selain itu bila sudah terkelupas masih ada pekerjaan yang menanti yakni membersihkan sisa lem yang menempel pada panel body. 

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

striping motor yang telah berusia lima tahun lebih kondisinya akan rapuh dan mengalami pecah-pecah dibeberapa sisi akibat kepanasan. Tentu jika ini akan dilepas mengandalkan cara kosong mungkin cukup menyusahkan, bahkan tak sedikit yang merasa kurang sabar alhasil  mereka mencari cara instan yaakni dengan mengeroknya pakai benda tajam semacam pisau cutter. Tindakan semacam ini sebetulnya tidak kami rekomendasikanya, pasalnya bisa membuat rusak struktur lapisan cat teratasnya.

Cara menghilangkan striping motor bawaan pabrik yang sudah lama

Namun anda tak perlu panik, sebab dibawah ini ada cara gampang copot stiker bawaan pabrik yang telah lama. Yuk simak penjelasanya.

Panaskan stiker

Tahap awal adalah mencari ujung stiker kemudian kita panaskan hair dryer atau jika tidak ada bisa bisa menggantinya dengan korek api. Tindakan ini bertujuan melenturkan stiker agar mudah dilepas dengan cara menarik ujungnya.

Namun perlu anda tahu, saat memanaskan striping jangan terlalu lama. Cukup beberapa detik saja dengan jarak yang tidak terlalu dekat agar tidak berimbas cat body motor mengkerut atau mengalami kerusakan karena suhu terlalu panas.

Tarik perlahan

Setelah dipanaskan, angkat ujung stiker dan tarik dengan perlahan. Tidak usah terburu-buru ya sob, gunakan waktu kamu untuk fokus sat menariknya dan usahakan jangan sampai sobek atau putus ditengah jalan. Jika dirasa masih cukup sulit tidak ada salahnya untuk memanaskanya kembali. Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas

Pada steep ini merupakan tahap penting dan perlu konsentrasi yang tinggi. Karena yang membuatnya jadi sulit adalah melepas stiker motor ori pabrik yang motif atau desainnya seperti lidah api atau halilindar yang berliku dan menyebar hingga ujung dek motor, sehingga butruh kehati-hatian agar stirping dapat terangkat secara sempurna tanpa mengalami putus ditengah jalan.

Anda tak perlu khawatir dulu apa bila putus ditengah jalan, bisa diulangi kembali prosesnya dengan cara menaskanya kembali dan tarik perlahan.

Bersihkan sisa lem

Jangan gembira dulu ya sob bila stiker telah terlepas semua, pasalnya masih ada tugas lagi yang siap menunggu. Ya meski striping sudah terlepas namum meninggalkan sisa lem diatas permukaan cat yang sulit hilang.

Baca juga Cara Yang Benar Menghilangkan Baret Pada Motor Doff

Bila sudah lama sisa perekat atau lem menempel sangat kuat dan sukar dilepas hanya dengann tangan saja. Hindari penggunaan ujung kuku atau semacam benda tajam lainya untuk mengupas bekas lem tadi, sebab bisa membuat cat pada budi motor cenderung rusak, baret bahkan terkelupas.

Untuk memudahkanya gunakan cairan semacam WD 40, bisa juga dengan bensin atau minyak kayu putih namun prosesnya sedikit lebih lama. Basahi sisa lem dengan beberapa cairan tadi dan tunggu beberapa saat agar melunak. Jika sudah dinggal dibersihkan dengan lap yang bersih dan halus. Gunakan sedikit tenaga untuk menggosoknya, jika masih susah tidak ada salahnya untuk menuangkan cairan tadi.

Sebelum dipasang striping kembali cuci cek dengan air sabun sembari memastikan tidak ada bekas lem yang masih menempel, jika sudah anda bisa mengkeringkanya. Diamkan sejenak dan angin-anginkan untuk memastikan body motor benar-benar kering, jika sudah striping motor dengan motif baru sudah siap untuk dipasang kembali.

Nah, demikian tadi cara singkat menghilangkan striping motor bawaan pabrik yang sudah lama menempel. Yang terpenting adalah jangan pakai semacam benda tajam untuk mengangkatnya karena bisa merusak lapisan cat dibawahnya. Jadi kunci suksesnya adalah butuh kesabaran serta ketelitian lebih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas