Daftar Merk Spray Gun Terbaik Untuk Cat Mobil dan Motor

Daftar merk spray gun terbaik untuk cat mobil dan motor - Hallo sobat bengkel.. Pekerjaan semacam pengecatan mobil sebetulnya siapa saja bisa melakukan nya tanpa butuh skill khusus. Hanya saja untuk menghasilkan pengecatan yang halus dan terlihat lebih mengkilap dibutuhkan penggunaan bahan berkualitas tinggi serta disuport memakain spray yang mumpuni.

Baik untuk cat, thinner atau clear coat sebetulnya terdapat dua tipe yakni NC Nitrocelulosa dan PU polyureyhane. Jika mengutamakan kualitas sebaiknya guanakan bahan auto refinish tipe PU agar mampu menghasilkan cat kilap basah lebih lama dengan ketajaman warna tinggi tanpa khawatir akan berubah atau pudar saat terpapar sinar UV.

Begitu pun juga dalam pemilihan spray gun, kami sarankan dalam penggunaan nya tidak usah berpatok pada merk. Pilihlah yang mampu mengantomisasi cat dengan lembut dan tidak mengalami kebocoran pada saat digunakan. Untuk spraygun pada dasarnya terdapat dua tipe yakni tabung atas dan bawah, baik untuk pengecatan kendaraan motor, mobil maupun melamin kayu.

Daftar Merk Spray Gun Terbaik Untuk Cat Mobil dan Motor

Spray gun HVLP

Jenis spray gun pertama adalah tipe HVLP dimana memiliki beberapa keunggulan ketimbang yang biasa. High volume low pressure mampu menyemburkan cairan cat menjadi lebih halus, lembut merata atau tidak mengalai tebal tipis disetiap semburanya.

Baca juga Cara Membedakan Spray Gun Meiji Asli dan Palsu

Jika dilihat dari segi fisik sebetulnya tidak jauh beda dengan tipe biasa dimana posisi cup penampung cat ada diatas dan terlengkapi tiga komponen guna menyeting spray gun. Hanya saja tipe HVLP proses antomisasi cat lebih sempurna dengan mengurangi residu cat yang terbuang terbawa angin dengan tekanan udara kurang lebih 14.7 psi.



Baik untuk proses clear coat, top coat, melamin atau epoxy semua bisa pakai HVLP. Bisa dikatakan spray gun ini penggunaanya cukup awet karena sistem kerjanya sudah mengadopsi teknologi viskositas yang cukup rendah.

Spray gun LVLP

Spray gun lvlp merupakan Merupakan perkembangan teknologi hvlp dimana pemakian spray gun ini memerlukan tekakan udara yang lebih rendah tanpa menggurangi tingkat kehalusan cat yang dikeluarkan. Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear



Kelebihan yang dapat dipertimbangan dengan hvlp adalah mampu berprofesi dengan viskositas tinggi dan dapat dipakai untuk beberapa bahan refinish diantarana, clear coat, top coat, sealer melamin dan epoxy. 

Baca juga Memilih Spray Gun Yang Cocok Untuk Clear Coat

Penggunaan spray gun ini memerlukan tekan udara rendah atau sama dengan spary gun biasa lainya. Oleh sebab itu bila untuk pengecatan bidang yang cukup luas kurang begitu maksimal.

Spray gun Airless

Airless merupakan jenis spray gun terbaik, terbaru dan mutakhir. Sistem kerja peralatan mengecat ini berbeda dengan spray gun pada umumnya. Salah satunya adalah proses antomisasi akan muncul jika tekanan tinggi perangkat bisa menekan finishing pada matrail cat.



Dengan proses diatas cat akan keluar melalu lubang yang disebut orifice. Nah, karena sistem ini berjalan pada tekanan udara tinggi maka arahan pada kestabilan permukaan objek menjadi lebih mudah. 

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Spray gun airles memiliki letak tabung berbeda ketimbang tipe pada umunya. Untuk mengubungkan dengan penampung cat airles butuh selang khusus sebagai penyambungnya. Namun perbedaan ini tidak begitu dipermasalahkan, bahkan untuk finishng objek yang sangat luas tidak begitu masalah dengan semburan cat yang stabil.

Spray gun Assited Airless

Spray gun assited airless merupakan spray gun modifikasi dari tipe konvensional. Artinya sistem kerja dari alat ini masih mengusung antomisasi dengan bantuan tekan udara. Namun perbedaan dari tipe biasa adalah hasil finishing ditentukan oleh aliran cat di orifice. Bila pasokanya bagus hasil finishingya pun juga bagus.

Itulah deretan merk spray gun terbaik untuk pengecatan mobil dan motor yang bisa anda pilih. Tentu sebelumnya anda perlu menyiapkan budget cukup lumayan dengan harga antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk tipe orinya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas