Memilih Spray Gun Yang Cocok Untuk Clear Coat


Spray Gun Yang Cocok Untuk Clear Coat - Selain sebagai pekerjaan mengecat merupakan hobi atau sebatan kerajinan tangan yang cukup menyenangkan, bahkan jadi sebuah tantangan bila hasil yang di dapat tidak sesuai yang kita harapkan. Salain mengetahui teknik dasar mengecat baik saat mixing cat atau epoxy, penggunaan peralatan yang kurang mumpuni juga berdampak besar dengan hasil pengecatan. Beberapa problem yang ditemukan adalah tekstur cat kulit jeruk atau permukaanya terliat lebih kasar dan terlihat kurang rata.

Salah satu peralatan yang berdampak besar akan hasil pengecatan adalah spraygun. Ya sampai saat ini spray gun merupakan alat yang sangat penting dalam industri body repair atau dua pertukangan body repair muapun melamin kayu. Berbeda dengan perkakas lain kelebihan mengecat dengan spray gun hasilnya lebih halus serta proses pengerjaan lebih cepat.

Baca juga Mengenal Perbedaan Spray Gun F75 Dengan F100

Sistem kerja spray gun sendiri mengantomisasi matrial cair cat yang diubah jadi sekumpulan partikel kecil yang lembut layaknya kabut dengan dibantu tekanan angin dari kompresor. Proses antomisasi inilah yang membuat matrial finishing mudah di semprotkan pada permukaan yang diinginkan dengan hasil lebih rata.

Tak hanya satu alat pengantomisasi cat ini memiliki dua bentuk yakni tabung atas dan tabung bawah dengan kegunaan yang berbeda.

Dan dalam artikle ini kami akan membantu memilih spray gun yang cocok untuk clear coat khususnya untuk jenis tabung atas atau gravity.

Ya proses akhir coating merupakan tahap akhir yang menentukan bagus tidaknya hasil kinerja anda selama sepekan. Bagaimana tidak meski pendempulan dan pengamplikasikan cat dasar sudah dilakukan dengan benar namun saat proses clear coat mengalami kegagalan tentu pekerjaan kita terasa sia-sia. Beberapa kegagalan yang dialami adalah hasil pernis lebih kasar dan bertekstur kulit jeruk.


Untuk menghasilkan permukaan lebih halus pemakain spraygun khususnya saat clear coat juga jangan main asal. Akan lebih bagus bila penggunaanya disendirikan jadi spray gun untuk pernis, cat dan epoxy disendirikan agar sisa matrial yang mengendap didalamnya tidak ikut tercampur.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Spray Gun Elektrik Untuk cat Mobil

Ngak harus berpatokan harga mahal kualitas bagus masbro, pasalnya spray gun harga murah 200 ribuan juga memiliki yang mumpuni untuk cat mobil. Untuk menghasilkan permukaan clear coat lebih halus pilihlah spay gun yang mampu menyemburkan cat seperti kabut halus dengan ukuran semburan yang lebar paling tidak satu jengkal tangan dewasa.

Dengan memilih spray gun yang sesuai bukan tidak mungkin menghasilkan pengecatan yang kita inginkan, lebih halus dan merata. Namun semuanya kembali pada si pengguna, pasalnya bila takaran cear Coat dengan tinner kurang pass juga mempengaruhi hasil.

Cara Merawat Spray Gun Agar Tidak Tersumbat

Untuk menjaga performanya menjaga kebersihan spray gun juga tak kalah penting masbro. Sehabis digunakan segera cuci dengan thinner hingga bersih terutama pada semua sisi bagian dalam baik cup tabung maupun komponen nozzelnya.

Baca juga Ukuran Nozzel Spray Gun Untuk Cat Mobil 

Biar memudahkan tahap pembersihan gunakan sikat gigi untuk membersihkan dalamnya. Rendam nozzel pada thinner dan sikat disemua sisi, pastiakan tidak ada sumbatan disetiap lubangnya. Biar makin bersih anda bisa menyemprotnya dengan angin kompresor.

Untuk bagian cup sisi dalam cukup dibersihkan dengan lap yang sudah dibasahi thinner. Sesekali kita bisa membongar komponen spray gun satu persatu dan merendamnya dengan tiner PU. Sifatnya yang keras thinner bakar mampu mampu melarutkan kerak cat yang mengeras.

KESIMPULAN

Dapat disimpulkan kriteria spray gun yang cocok buat clear Coat adalah yang mampu mengantomisasi cat lebih halus layaknya kabut dengan ukuran semburan yang lebar. Beberapa remendasi speet harga murah yang bagus diantaranya, H&L, Santana, Kairos atau jika yang ingin lebih mahal Meiji dan Wipro.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas