Cat hitam Doff Apakah Perlu Di Clear ?? Berikut penjelasanya


Cat hitam doff apakah perlu di clear - Hallo dulur, untuk mendapatkan kualitas yang bagus proses pengecatan mobil dimulai dari beberapa tahapan. Dimuali dari pendempulan, pemberian epoxy dan diakhiri dengan lapisan coating sebagai antigores sekaligus jadi pelindung agar warnanya tidak cepat pudar.

Clear coat sendiri dibedakan menjadi 2 tipe yakni glosy dan doff atau matte. Pada kendaraan tertentu memang warna ngedoff sudah bawaan pabrik baik pada kendaraan roda 2 (Nmax, Vario 150, PCX) atau pada beberapa komponem mobil (spiller, spion, grill demper).

Beberapa baikers berpendapat merubah warna motor/mobil jadi warna doff memiliki kesan tersendiri ketika mengendarainya. Ya dibandingan dengan cat mengkilap/glosy warna mette memang memiliki beberapa keunggulan tersediri lebih elegan, berkarakter serta menambah kesan sangar pada kendaraan.

Baca juga Cara Merubah Cat Glossy Menjadi Doff  


Untuk memenuhi hasrat modifikasi, tak sedikit yang merubah cat motornya yang awalnya glosy jadi warna matte. Dan yang jadi pertanyaan saat ini adalah cat hitam doff apakah perlu di clear ? Secara warnanya sudah ngedoff dengan sendirinya.

Seperti yang sudah kita ulas tadi fungsi lain dari clear adalah untuk memberi lapisan atau pelindung pada cat sehingga waranya tidak cepat kusam bahkan rusak. Pernis juga bersifat layaknya daun talas, sat hujan atau habis dicuci bercak air yang menempel mudah dihilangakan. Berbeda bila tanpa clear air akan langsung meresap langsung pada struktur cat.

Jadi agar cat doff tetap awet sebaiknya penting untuk memberi lapisan coating paling tidak 3 lapisan dengan memakai thinner PU. Bila tanpa di clear tidak sampai 5 bulan warna cat kembali kusam bahkan pecah-pecah, karena terkena langsung panas matahari.

Beberapa merk cat hitam doff baik untuk motor atau mobil diantaranya penta super gloss, kliken top collor atau laba-laba yang harganya berkisar 75rb kemasan 1 kg dan 23rb kaleng 1/4 (tersedia merk tertentu). 

Baca juga 5 Merk Cat Hitam Doff Yang Bagus Untuk Mobil dan Motor 

Sedangkan  merk cat hitam doff yang dapat anda pakai ada Autobright, Lux, Belcote 8200, Danagloss atau Blinken. Perlu anda tahu harga clear matte justru lebih mahal ketimbang yang glossy. Sedangkan cara menggunakan nya tidak lah beda dengan yang biasa, pada takran clear dengan tinner atau hardenner.

Cara Merawat Cat Hitam Doff



Untuk urusan perawatan memang sedikit sulit bila dibandingan dengan warna biasa. Secara bila terdapat bekas barat belum ditemukin obat/krim untuk menghilangkanya. Sebenarnya sih bisa pakai kompon putih hanya saja bila proses poles terlalu ditekan catnya justru jadi mengkilap, bila tanpa palisan clear malahan cat akan habis terkikis chompound.

Baca juga Awas Salah.!! Perbedaan Clear Doff dan Glossy

Biar warnya tetap awet sebaiknya saat parkir pilihlah lokasi yang teduh, secara warna hitam lebih banyak menyerap panas matahari. Bila warna doff tidak di cear sebaiknya hindari pemakian detergen atau sejenisya saat mencucinya, prilaku ini justru membuat cat ikut terkikis bahkan sisa busa dapat meninggalkan bekas bila tidak langsung dikeringkan.

Penggunaan produk pengkilap baik kit, turtell wax atau sejenisnya juga tidak seharusnya diapliaksikan pada permukaan cat doff. Untuk urusan detaling pakailah bahan yang memang direkomendasikan untuk warna matte seperti zcoat doff, doff protection atau sejenisnya.

Nah, sudah terjawab bukan untuk pertanyaan cat hitam doff apakah perlu di clear, bila menginginkan warnanya tetap awet mudah dibersihkan akan lebih baik bila dilakukan proses pernis. Senoga bermanfaat dabn terima kasih sudah mengunjunginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas