Begini Cara Yang Benar Mencampur Clear Dengan Thinner


Cara mencampur clear dengan thinner - Untuk bertahan di tahun covid 19 ini kita sebisa mungkin berhemat, baik untuk urusahn shopping atau sekedar perawatan auto detailing kendaraan pribadi. Untuk bisa menghemat biaya repair ulang mobil yang kusam sebenarnya bisa kita lakukan sendiri dirumah, toh jutaan turtorial sudah tersedia baik pada google atau youtube. Sebelum ahli saya juga sering buka-buka google lo buat tambah wawasan dan kali ini tidak ada salahnya saya pengen berbagi sedikit pengalaman untuk urusan ngecat.

Kita pasti tahu ya apa itu clear coat, ya salah satu bahan penting untuk ngecat ini tak boleh ketinggalan apalagi sampai salah mengaplikasikan. Secara fisik pernis lebih kental ketimbang cat dan berwarna bening dan dibedakan menjadi dua tipe yakni clear glossy dan doff. Keduanya memiliki fungsi sama sebagai pelindung cat atau anti gores.

Untuk bisa menghasilkan cat kilap basah tentu bukanlah perkara mudah terlebih bila kita masih awam/pemula, tak sedikit yang merasa kecewa alih-alih pengen hasil catnya seperti reapir bengkel justru hasil catnya kasar ditambah saat tahap clear coat banyak yang lumer/leleh.

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner 

Jadi penting untuk mengetahui cara clear mobil yang benar, selain itu saat mixing antara clear hardenner dan thinner juga tak kalah penting lo. Sedikit saja perbandngan keliru justru membuat cat terlihat seperti kulit jeruh bahkan yang lebih ngeri lagi jadi penyebab clear lama kering.

Lantas bagaimana cara yang benar mencampur clear dengan thinner ??

Jika berfikir lebih jauh sebenarnya pihak pabrik sudah memberi petunjuk penggunaan yang kebanyakan ada dibelakang kemasan, disitu tertulis jelas takaran serta waktu lama pengeringan. Biar makin mantap tidak ada salahnya akan kami jelaskan lebih detail sesuai pengalaman pribadi dengan gaya bahasa yang mudah dipahami.

Sebelumnya jenis tinner yang dipakai untuk clear coat adalah PU/bakar, apa ngak bisa pakai tiner lain super atau ND ?? Sebenarnya pakai tipe tiner apa saja bisa sebagai pelarut cat, hanya saja pengguaan tiner biasa memuat daya kilap cepat menghilang alhasil cat terlihat kusam.

Baca juga Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Yang Keriting

Untuk bisa menghasilkan cat kilap basah gunakan perbandingan 1:1 untuk thinner dan clear coat sedangkan hardennernya 0,5. Begini jika clear nya satu gelas tambahkan juga tiner 1 gelas dan 2 tutup botol untuk hardenner. Sebelum diapikasikan aduk hingga ke tiga bahan tercampur rata dan tinggu sampai gelembung-gelembung kecil menghilang.

Beberapa rekomendasi merk clear terbaik ada speis heacker, sikknes HS, blinkens, Nippon Nax 221 Superior dan Autoglow..Sedangkan untuk tiner bisa pakai produk dari Sikknes 130rb, thinner autoglow 45rb dan autobright 40rb.

Cara clear Coat mobil yang benar



Untuk bisa menghasilkan cat kilap basah dulur bisa mengaplikasikan clear Coat sebanyak 3 lapis. Dengan memberi jeda 2 menit disetiap lapisnya.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa 

Sedangkan untuk jarak spaygun pada media 15cm, bila terlalu jauh clear tidak bisa kilap maksimal. Sebaliknya jika terlalu dekat justru membuatnya menempuk dan meleleh.

Tekanan angin pada spray gun pun perlu diperhatikan masbro, harus stabil tidak terlalu kencang apalagi malah terlalu pelan. Untuk menghindari cat belang khususnya pada warna silver setelan semburan clear Coat dibuat lebar dan disemprotkan dari atas ke bawah secara merata.

Dengan mengetahui cara mencampur clear dengan benar, anda tak perlu lagi membaca petunjuk pemakain yang terkadang memakai bahasa thailand yang sulit di mengerti. Semoga bermanfaat untuk dulur semua dan jangan takut untuk bereksperimen untuk menemukan settingan yang pas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas