Cara Yang Benar Mengecat Warna Putih Mutiara


Mengecat merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mengembalikan body kendaraan yang kusam balik mulus kembali. Salah satu cat mobil yang jadi primadona saat ini adalah warna putih mutiara.

Ya.. pearl white merupakan warna yang ada pada kendaraan keluar terbaru misal untuk mobil ada pada Honda jazz, Suzuki Ertiga, Expander, atau Pajero sport. Sedangkan untuk motor seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX.

Bahkan tak sedikit orang yang ingin merubah tampilan mobil motornya yang awalnya warna putih biasa/solid bahkan merah dirubah jadi pearl white yang lebih berkelas dan elegan.

Bagi yang sudah berskill tinggi mungkin sudah tahu bagaimana cara yang benar mengecat warna putih mutiara. Sebaliknya jika masih awam mungkin masih ada rasa kebinggungan bahkan ada beberapa yang merasa gagal alhasil butiran xyralic tak dapat terlihat secara sempurna.

Sebenarnya ngecat warna putih xyralic tak jauh beda dengan jenis lainya, biar makin jelas yuk simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan proses pendempulan bila ada bidang yang kurang rata, kemudian amplas hingga halus dan naik ketahap pelapisan epoxy filler.

Baca juga cara mengamplas dempul mobil dengan baik dan benar

Bila poxy sudah kering sobat bisa memplamirnya dengan dempul secara tipis-tipis untuk menutup lubang pori-pori jika ada. Tunggi hingga kering dan amplas pakai nomor 240 dan dibilas ke grid lebih halus nomor 400.

Steep berikutnya adalah pemberian warna cat dasar, masbro bisa pakai putih solid super white dari danaglos atau brand lain. Aplikasikan hingga permukaan epoxy tertutup rata cat dan tunggu sampai kering 20-30 menit.


Sebelum ke tahap inti dulur terlebih dahulu perlu mengamplas cat dasar hingga halus pakai nomor 400 bekas dibilas 1500 dan keringkan.

Baca juga cara mengatasi dan menghilangkan kulit jeruk pada cat baru

Selanjutnya masbro bisa ketahap cat dasar warna jadi, meski cat dasar tetapi ini sudah warna pearl white karena setelah tahap ini kita akan menyemprotkan putih mutiaranya.


Seperti yang kita ulas tadi warna mutiara/xyralic teksturnya sangat bening, jadi tidak akan menutupi warna dasar yang sudah diaplikasikan sebelumnya. Warna mutiara hanya memancarkan griternya atau butiran metalik halus.

Baca juga Penyebab dan cara mengatasi cat Duco retak seribu

Untuk mengaplikasikan warna mutiaranya bisa dilakukan sebanyak dua lapis sampai rata pakai thinner super sebagai pelarutnya, bisa pakai tinner Alfa untuk hasil terbaik.


Bila semua steep diatas berjalan lancar selanjutnya masbro bisa melakukan proses clear Coat sebanyak tiga lapis secara hati-hati untuk menghindari clear meleleh. Untuk menghasilkan kilap basah dulur bisa pakai produk sikkens atau spies heacker.



Resiko dan Tantang Ngecat Warna Putih Mutiara

Bagi yang sudah memiliki peralatan canggih ditambah dengan kemampuan skill berpengalaman mungkin proses ini akan aman-aman saja. Sebaliknya bila peralatan yang seadanya baik dari spray gun kompresor serta tempat untuk ngecat juga memiliki dampak besar pada warna pearl white.

Sifatnya yang bening membaut saat proses cat dibutuhkan ketenangan dan kesabaran. Karena bila ada bagian yang kotor atau lecet sedikit meski kita timpa warna mutiara berulang kali ngak bakalan nutup masbro, jadi bila ada permukaan yang rusak kita perlu melapisinya kembali dengan cat dasarnya. Jadi sebisa mungkin jangan sampai selang kompresor mengenainya ya masbro.

Oke masbro cukup paham ya masbro mengenai trik cara mengecat warna putih mutiara pearl white. Pastikan saat ngecat kompresor mampu mengeluarkan semburan angin yang kencang dan stabil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas