Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Yang Keriting


Penyebab dan cara mengatasi clear yang keriting - Proses body repair diambil sebagai langkah untuk mengambalikan body kendaraan terlihat baru kembali. Tidak hanya satu juta bahkan mencapai puluhan juta untuk biaya peremajaan cat mobil yang rusak. Biaya tersebut tentu dapat diminimalisir hingga 70% jika kita dapat melakukan sendiri tanpa membawanya ke bengkel.

Jika belum tahu tahap mengecat dimulai dari pendempan, epoxy primer, cat dasar, cat akhir terkahir naik ke proses clear coat sebagai bahan pengkilap dan tak lupa untuk mempolesnya sebagai langkah menghilangkan kulit jeruk pada cat baru. Semua langkah tersebut bila dilakukan dengan benar serta didukung bahan berkualitas bukan tidak mungkin kualitas cat setara dengan bengkel resmi Nasmoco atau sejenisnya.


Jika belum terbiasa mungkin akan sulit bahkan kebinggungan jika ada kekeliruan atau kesalahan di salah satu proses yang sudah disebutkan. Mulai dari clear coat tak kunjung kering, cat meleleh dan yang lebih fatal lagi adalah clear yang keriting atau mengkerut. Salah satu permasalahn tadi sebelumnya sudah saya kupas tuntas di artikel sebelumya yang bisa anda pelajaru sebagai solusinya.

Baca juga Perbedaan Kompon Putih dan Kompon Merah Yang Harus diketahui

Dan di waktu luang kali ini akan kami ulas beberapa penyebab dan cara mengatasi clear yang keriting sesuai pengalaman kerja bengkel bertahun-tahun. Jadi anda tak perlu ragu untuk mencobanya sendiri.

Penyebab clear kriting diakibatkan cat lama tidak kuat ditimpa dengan cat baru(clear). Begini mangsudnya jika kita memakai clear yang kualitasnya lebih bagus otomatis lapisan cat lama akan langsung beraksi(ngangkat).

Baca juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner 

Sedangkan untuk cara mengatasinya anda perlu menunggu hingga kering yang membutuhkan waktu 5-6 jam, tergantung merk clear yang dipakai.

Steep berikutnya amplas pakai nomor 1500 hingga permukaan yang keriting rata. Untuk mengecek nya sesekali anda bisa merabanya, jika masih terasa ada benjolan amplas kembali sampai halus kemudian keringkan.


Sebelum dicat ulang kembali, amplas seluruh permukaan objek memakai nomor 2000 sampai permukaan yang awalnya mengkilap jadi doff.

Biar ngak kembali keriting ada triknya ni yaitu dengan memberi jeda saat mengecat. Begini mangsudnya, pengecatan dilakukan secara tipis-tipis kemudian beri jeda hingga lapisan pertama kering kemudian anda dapat menimpanya kembali begitu seterusnya.

Baca juga Cara Mempoles Mobil Setelah Dicat Agar Halus Dan Mengkilap 

Begitu juga saat proses clear coat dilakukan secara tipis dan memberi jeda setiap lapisnya. Jika lapisan pertama aman tidak ada yang beraksi anda dapat melapisinya kembali. Untuk mengurangi jumlah cat keluar ada dapat menyetingnya dari spray gun yang dipakai dengan cara memutar setelan baut ke kanan(searah jarum jam).

Jika masih beraksi langkah terakhir adalah memberi lapisan epoxy sebagai langkah menetralisir cat lama. Ngak usah dipoxy semua sob cukup bagian mengalami keriting.

Permasalahan semacam ini memang sering muncul pada mobil yang pernah dicat ulang yang tak dapat diprediksi sebelumnya. Selain menghindari cat kriting, hasil pengecatan yang dilakukan secara tipis-tipis juga akan lebih bagus jika dilakukan langsung tebal yang justru membuat lapisan cat terlihat tebal dan menggumpal.

KESIMPULAN

Bagaimana sudah ketemu jawabanya bukan bagaimana cara mengatasi clear yang keriting yakni dengan mengampalnya memakai nomor 1500 untuk dicat ulang kembali. Sedangkan Penyebab permasalahan ini dikarenakan cat lama tidak kuat timpa dengan matrial baru yang kualitas bahanya lebih bagus dan untuk cara mengatasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas