Penyebab dan Cara Mengatasi Clear Yang Tidak Mau Kering


Cara Mengatasi Clear Yang Tidak Mau Kering - Jika berfikir lebih jauh semua bidang pekerjaan tentu menemukan permasalahan baik itu pemula maupun pemain kawakan. Sama halnya dengan proses pengecatan motor maupun mobil terkadang ditengah-tengah pekerjaan menemukan masalah yang harus menggulang kembali dari awal.

Bagi orang awam mungkin kelihatanya cukup muda tinggal semprot sana semprot sini. Memang jika tidak menemukan kendala seperti cat memeleh, cat kriting  proses mengecat motor akan berjalan dengan mudah, bahkan dalam hitungan jam sudah selesai.

Tentu kita tahu proses cat perlu dilakukan saat cuaca panas untuk mempercepat pengeringan. Tak hanya itu suhu yang panas juga untuk miminimalisir terjadinya cat ngembun yang justru memperburuk hasil pengecatan.

Tahap pengecatan sendiri dimulai dari lapisan epoxy anti karat, cat dasar, cat jadi serta tahap akhir adalah melapisinya dengan penis. Tak hanya mengkilapkan, lapisan clear coat juga sebagai pelindung cat dari paparan panas matahari serta goresan-goresan kecil.

Baca juga Cara Yang Benar mengamplas Clear Coat Pada Cat Baru 

Jika sudah diaplikasikan clear akan menyatu dengan cat serta akan mengeras dengan sendirinya. Bahkan jika sudah keris kita kerok dengan kuku tidak akan mengelupas/tergores.

Namun jika kita salah mengaplikasikannya clear coat ini justru lama kering yang membuat kita menunggu lama lagi untuk mempoles cat baru.

Lalu apa penyebab Clear lama kering ?? ada beberpa faktor penyebab clear lama kering mulai dari kelirunya saat proses pencampuran atau karena dari bahan yang digunakan.


Clear sendiri terbagi dalam 2 bagian yakni base coat serta hardener(kemasan kecil). Fungi hardener murpakain sebagai obat pengering yang pencampuranya 5:1. Jadi bila saat mixing clear dan lua mencampurkan obat pengering, dapat dipastikan clear tidak mau kering. Meskipun kering clear coat akan lembek tidak mengeras layaknya kaca.

Baca juga Cara Mencairkan Kompon Mobil Yang Sudah Kering 

Penggunaan hardener ini pun perlu diperhatikan jangan main asal mixing, jika takaranya terlalu banyak justru jadi penyebab cat retak seribu. Begitu sebaliknya jika terlalu sedikit memperlambat proses pengerasan.

Selain itu clear yang tidak mau kering juga disebabkan kelirunya penggunaan bahan pelarut. Untuk mempercepat proses pengeringan disarankan menggunakan thinner PU(tiner bakar), selain cepat kering penggunaan thinner PU juga menambah kilap daya kilap cat itu sendiri. Anda bisa memalai Tiner Autoglow, Tanury, Sikkens, Autobrit dan lainya.

 Cara Mengatasi Clear Yang Tidak Mau Kering

Setelah tahu beberpa penyebabnya dibawah ini adalah solusi ampuh mengatasi celar yang tidak mau kering. Jika penyebabnya karena lupa mencampurkan hardener, maka anda harus menimpanya kembali dengan celar yang sudah dicampur hardenner.

Apa malah ngak kriting bila ditimpa clear kembali ??

Baca juga Jangan Keliru..Ini Lah Cara Menggunakan Clear Autoglow yang Benar 

Biar clear lama tidak beraksi, anda bisa membuat adonan clear sedikit kental agar cepat nutup. Serta memberi jeda 2-3 menit pada lapisan berikutnya.

Dula pengalaman lupa pencampurkan hardenner juga pernah alami saat mengecat dumper honda jazz. Juriganya saat clear saya cek sudah 3 jam lebih kok tidak mau kering. Tidak befikir panjang saya pun membuat adonan clear kembali dengan memberikan obat pengering. Setelah 1 jam clear sudah mengering.

Untuk meminimalisir lupa mencampurkan hardenner, biasakan campurkan base clear dengan hardenner barulah bisa mencampurnya dengan thiner. Jika terlebih dahulu anda mencampur clear dengan tinner kemungkinan besar anda akan lupa menuangkan obat pengeringnya.

Cukup simpel bukan cara mengatasi clear yang tidak mau kering, dan untuk melancarkan tahap finishing ini sebaiknya dilakukan pas cuaca lagi panas. Semoga dengan adanya ulasan seperti ini anda lebih teliti kembali. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel