Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Clear Kulit Jeruk Pada Cat Baru


Cara mengatasi clear kulit jeruk pada cat baru - Pasti kita tahu lah ya, yang ngecat semua mobil pabrik adalah robot canggih yang sudah disetting sedemikian rupa untuk meminimalir kekeliruan sekecilpun diruang tertutup tanpa ada debu serta binatang kecil yang masuk. Tak heran jika mobil-mobil baru catnya terlihat elegan berkesan mewah.

Bagi pemula mendapatkan hasil yang tak sesuia harapan tentu sangat mengecewakan. Bermangsud mengkilapkan kembali warna mobil serta menghilangkan baret justru justru hasil cat terlihat seperti kulit jeruk bahkan jika diraba terasa kasar.

Anda tak perlu binggung, pepatah menyatakan banyak jalan menuju roma. Sama halnya dengan cat bertekstur kulit jeruk sebenarnya mudah sekali dihilangkan hanya dengan mengamplas serta memolesnya pakai kompon putih.

Penasaran bagaimana kelanjutanya ?? Mari simak bersama..

Berbeda dengan cara mengaplas dempul yang memakai amplas kasar, untuk menghindari baret dibutuhkan amplas halus nomor 2000 saat mengamplas clear kulit jeruk pada cat baru.

Baca juga Urutan Amplas Yang Digunakan Untuk Mengecat Mobil 

Untuk mengesekusinya dibutuhkan alat dan bahan pendukung seperti :

  • Amplas halus nomor 2000
  • Kompon putih 
  • Turtell Wax
  • Mesin poles(sudah termasuk busa/kain woll)
  • Kain microfiber
  • Kanebo/Camois dan
  • Air secukupnya  

 TAHAP PENGERJAAN

Amplas clear yang sudah terlanjur jadi kulit jeruk dengan amplas 2000 yang sebelumnya body mobil dan amplas sudah dibasahi dengan air. Saat celar sudah kering teksturnya keras jadi butuh tenaga saat mengamplasnya.

Baca juga Urutan Cara Mengecat Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula 

Pengamplasan dapat dihentikan jika tekstur cat saat diraba terasa halus ditandai dengan warna cear caot menjadi doff(tidak mengkilap). Jika anda menemukan putih-putih seperti busa tak perlu panik, ini merubakan biang clear cioat yang terkikis amplas. Setelah selesai kekringkan sisa air amplasan pakai lap camois/kanebo.



Langkah selanjutnya adalah pemolesan cat baru. Anda cukup meratakan kompon putih pada cat yang sudah diamplas dan siap di kompon. Biar cat cepat matang tahap pemolesan bida dilakukan dengan menggunakan kain woll selanjutnya ulangi dengan memakai busa poles.



Cara mengompon mobil yang benar adalah dengan menekan mesin berkekuatan sedang dan lakukan berulang kali hingga cat kembali kinclong bekas amplasan hilang. Untuk mengecek lihatlah cat yang selesai dipoles dari sudut samping, jika ada bagian yang belum terkena kompon akan jelas terlihat.

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler 

Langkah akhir adalah dengan memberikan lapisan wax. Tuangkan turtell wax pada busa yang sudah tersedia dan bubuhkan secara rata pada ca yang sudah dikompon. Kemudian poles kembali namun dengan busa yang sudah dibersihkan. Dengan menggunakan mesin poles cair waxakan menempel lebih lama meski dicuci berulang-ulang. Jika sudah selesai lap kembali dengan microfiber untuk meratakanya.

Selain menambah daya kilap melakukan proses wax juga bertujuan untuk menghilangkan bekas kompon yang masih menempel dipermukaan cat layaknya kabut.

Kesimpulan cara mengatasi clear kulit jeruk pada cat baru adalah dengan mengompon nya yang sebelumna sudah diamplas terlebih dahulu. Bagaimana cukup mudah bukan, jika tidak memiliki mesin poles dulur bisa memolesnya secara manual menggunakan tanggan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas